Dampak Penyalahgunaan Narkoba yang Wajib Diwaspadai

245

Ada beberapa dampak penyalahgunaan narkoba yang perlu diketahui dan juga diwaspadai semua orang. Sebetulnya, dampak dari penyalahgunaan barang haram tersebut didasari oleh beberapa faktor. Antara lain jenis narkoba yang dipakai.

Kondisi kesehatan pengguna, berapa banyak mengkonsumsinya serta berapa lama jangka waktu penggunaannya dan beberapa faktor lain. Efek dari penyalahgunaan barang haram tentu tidak hanya pada kesehatan saja.

Namun juga sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan hidup. Penggunanya pasti juga akan dijerumuskan ke dalam penjara. Karena penyalahgunaan sendiri berarti sudah melawan hukum yang berlaku di suatu Negara.

Baca juga: Sidak Gabungan BNN Dan Menhumham Di Lapas Kelas IIA Tangerang

Dampak Penyalahgunaan Narkoba yang Perlu Diketahui

Seperti dibahas sebelumnya, ada berbagai efek negatif dari penyalahgunaan barang haram. Bagi kesehatan, juga bagi kesejahteraan kehidupan manusia. Beberapa efek negatif penyalahgunaan tersebut antara lain seperti:

  1. Halusinasi

Halusinasi merupakan dampak pertama dari penyalahgunaan narkoba, salah satunya seperti ganja. Tidak hanya itu, pemakaian dalam dosis berlebihan akan menyebabkan mual, muntah bahkan paling parah dapat menyebabkan depresi.

  1. Ketergantungan

Dampak  narkoba yang hampir semua orang tau adalah bisa menyebabkan ketergantungan. Rata-rata semua pengguna narkoba mengalami ketergantungan, karena zat tersebut  merusak sel otak.

Kerusakan pada sel otak inilah yang menyebabkan ketergantungan. Membuat penderitanya menjadi sulit untuk menghentikan pemakaian barang haram tersebut. Bahkan walaupun mereka berusaha keras untuk berhenti.

  1. Perubahan sel saraf

Seseorang yang mengkonsumsi barang haram tersebut secara berulang dalam jangka panjang. Bisa memicu perubahan sel saraf orak, kemudian mengganggu komunikasi antarsel saraf. Efek itu bisa menetap dalam jangka waktu lama.

  1. Berbagai penyakit berat

Salah satu dampak penyalahgunaan narkoba paling parah adalah bisa memicu terjadinya penyakit berat. Antara lain seperti kerusakan ginjal serta penyakit hati. Seperti diketahui fungsi ginjal adalah sebagai tempat penyaringan.

Sementara kentamin, heroin dan zat berbahaya lainnya bisa menyebabkan ginjal menjadi rusak. selain itu juga membuat sel-sel hati rusak, hal tersebut akan mengakibatkan peradangan bahkan gagal hati.

Baca juga: Bahaya Narkoba  Masih Mengintai Pelajar Dan Anak-Anak

  1. Resiko penyakit menular

Berbagi jarum suntik dan juga melakukan hubungan seks yang tidak aman, akan dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dampak penyalahgunaan narkoba tersebut memungkinkan tertularnya penyakit hepatitis, HIV dan penyakit menular lain.

  1. Penurunan daya ingat

Salah satu efek dari perubahan sel saraf otak akibat narkoba adalah menyebabkan daya ingat menurun. Bahkan lebih parahnya bisa hilang ingatan. Kondisi tersebut disebabkan beberapa kandungan zat berbahaya di dalamnya.

  1. Dehidrasi

Siapa sangka, bahwa dehidrasi juga merupakan salah satu dampak penyalahgunaan narkoba jenis napza. Kondisi tersebut disebabkan karena kurangnya cairan dalam tubuh. Diikuti ketidakseimbangan elektrolit dalam darah.

  1. Gangguan kualitas hidup

Dampak buruk dari penyalahgunaan narkoba tidak hanya menyerang kondisi tubuh. Namun juga bisa mengganggu aspek hidup lainnya. Misalnya mengalami masalah keuangan akibat sering membeli obat-obatan, sulit konsentrasi dan sebagainya.

Kini, Anda sudah mengetahui dampak negative narkoba. Tidak hanya merusak kesehatan, namun juga bisa mengganggu kualitas hidup. Jadi Anda perlu waspada, sebab banyak sekali dampak penyalahgunaan narkoba yang sangat merugikan.

Selanjutnya…

Terima kasih atas kunjungannya di Artikel ini dan dirasa bermanfat silahkan bagikan karena berbagi itu bagian dari amal sedekah.

Dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com. “Jika Anda berminat untuk menjadi anggota di LBH LP KPK’N “, Caranya mudah Anda bisa meghubungi Nomor WhatsApp +62 821-1243-6478.

Author: A.Iwan Dahlani

Comments are closed.