Pijat Bayi, Masuk Dalam Pengobatan leluhur Zaman Dulu

130

Pijat bayi bukanlah hal sesuatu terdengar baru. Faktanya, pijatan bayi memiliki sejarah yang cukup panjang. Bukti pijatan ini dari dulu sampai sekarang ada. Bahkan kemudian, pijat lebih dari sekadar bentuk relaksasi namun pijatan dimasukkan ke dalam pengobatan para leluhur zama dulu.

Tanpa disadari, manfaat pijatan juga dirasakan oleh otak si kecil. Pengalaman ini akan merangsang lahirnya sel-sel otak baru yang diperlukan bagi tumbuh.

Lewat pijat bayi, ia akan belajar berbagai hal baru. Mulai dari variasi sentuhan lembut, hingga komunikasi antara ibu dengannya.

Stimulasi tersebut juga akan menghasilkan mielin, yaitu zat pada otak yang bertanggung jawab untuk mengatur impuls saraf yang berkaitan dengan kemampuan motorik dan sensorik.

Orang tua memijat bayi, baik di perut, wajah, leher, punggung, atau perut. “Pijatan bayi adalah cara bagi orang tua untuk menjalin ikatan dengan bayi mereka dan membantu merangsang pertumbuhan dan perkembangan melalui sentuhan lembut.

Kontrol sentuhan Anda. Saat pertama kali mulai memijat bayi, gunakan sentuhan lembut. Namun, hindari menggelitik bayi Anda, yang mungkin membuatnya kesal.

Perlahan usap pada setiap bagian tubuh bayi Anda.Tetap santai, bicaralah dengan bayi Anda selama pijatan. Anda bisa menyanyi atau bercerita. Coba ulangi nama bayi Anda dan kata “santai” saat Anda membantunya melepaskan ketegangan.

Lalu bagaimana cara Memijat bayi saya?

Na begini, pijat bayi melibatkan sedikit persiapan dan beberapa teknik dasar.

Untuk memulai:

Buatlah suasana yang tenang. Jika memungkinkan, lakukan pijatan di tempat yang hangat dan tenang di dalam atau di luar ruangan.

Gunakan minyak pijat bayi yang sederhana, Minyak kelapa : Ya, cukup gunakan sedikit minyak kelapa untuk minyak pijat Anda.

Bayi tidak perlu mewah! Minyak kelapa ini bersifat antimikroba, anti bakteri, anti jamur, dan antivirus. Saya menyimpan toples kecil di laci bayi “saya, karena saya juga menggunakan minyak kelapa.

Mulailah pijat tubuh bagian atas dengan tangan di bahu bayi. Buat sapuan atau usap lembut ke arah dada.

Pijat lengan bayi dengan membelai dari bahu ke bawah menuju pergelangan tangan. Usahakan agar minyak tidak mengenai tangan bayi. Jika ya, bersihkan jari-jari bayi sebelum bayi mengisapnya.

Jika perut bayi terasa lembut, pijat dengan gerakan melingkar searah jarum jam. Jika bayi gelisah, lanjutkan ke langkah berikutnya. Hindari area pusar jika tali pusat bayi belum sembuh. Jangan menekan area antara puting dan perut bayi.

Jika bayi masih rileks setelah Anda selesai memijat bagian terlentang depan tubuhnya, Anda dapat membalikkan bayi ke posisi tengkurap dan menggunakan sapuan atau usapan panjang dan lembut dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Perhatikan bagaimana bayi Anda merespons. Jika bayi Anda menggoyangkan lengannya dan tampak bahagia, ia kemungkinan besar menikmati pijatan dan Anda dapat melanjutkan. Jika bayi Anda memalingkan wajahnya dari Anda atau tampak gelisah atau tidak senang, hentikan pijatan.

Mandi pijat bayi

Cara memandikan bayi ini pada waktu pagi hari, namun bayi ini diatas umur 2 bulan.

Anda bisa mulai dengan tengkurapkan bayi pada bagian punggungnya dan luangkan satu menit untuk masing-masing meregangkan dan melenturkan lengan dan kaki si bayi, kemudian kedua kakinya secara bersamaan.

Mandikan bayi sambil lakukan pijat bayi usap perlahan-lahan pada setiap bagian tubuh bayi pake sabun, tentunya bukan sabun aki-aki ya!!.

Selanjutnya untuk pijat bayi diatas umur 6 bulan memandikannya diwaktu sore.

Dengan cara mandi ini terlentangkan si bayi, lalu usapkan sabun pada semua bagian tubuhnya sambil pijat bayi dan habiskan satu menit setiap menggosok area yang berbeda, termasuk leher, bahu, punggung atas, pinggang, paha, kaki, dan tangan bayi.

Terakhir, dengan bayi Anda terlentang atau tengkurap, ulangi gerakan menggosok atau mengusapnya secara perlahan-lahan.

Apa Sih Manfaat Pijat Bayi Ini?

Berikut beberapa manfaat memijat bayi diantaranya:

1. Sentuhan orangtua penuh kasih yang dapat menumbuhkan komunikasi dan ikatan yang juga dapat dipahami oleh bayi Anda dan bahkan sebelum bayi mulai berbicara.

2. Mampuh mengendurkan otot dan membantu meredakan ketegangan dan kecemasan pada bayi kolik.

3. Membantu mengobati masuk “angin” dan masalah pada sistem pencernaan atau perut kembung masuk angin.

4. Memperbaiki sistem peredaran darah dan masalah tidur.

5. Meningkatkan kekebalan dan cepat bisa berjalan

6. Meningkatkan perkembangan psikologis dan emosional.

Silahkan Bunda baca juga: Kumpulan Nama Anak Bayi Lelaki Modern dan Islami Beserta Maknanya

Kumpulan Nama Anak Bayi Perempuan Modern Islami Beserta Artinya

Na barusan yang Bunda baca diatas cara pijat bayi dan manfaatnya.

Jika dirasa ini bermanfaat silahkan Bunda bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com/.

Comments are closed.