Struktur Makalah Asuransi Kesehatan dan Cara Membuatnya

109

Biasanya pembuatan makalah asuransi kesehatan dilakukan saat menduduki bangku sekolah menengah maupun perguruan tinggi. Tujuan dari penulisan makalah bertema satu ini yaitu membahas mengenai hal-hal berhubungan dengan asuransi kesehatan.

Penulisannya membutuhkan sumber terpercaya dan dibuat secara rinci karena sifat topik yang dibahas cenderung teknis. Sebenarnya mengenai struktur dan cara pembuatan, karya tulis dengan jenis topik apapun itu hampir sama.

Perbedaannya terletak dari isi yang dibahas. Terkait struktur makalah asuransi dan cara pembuatannya akan diuraikan pada pembahasan berikut. Namun sebelum itu, penting memahami apa sebenarnya pengertian makalah dan asuransi kesehatan.

Sekilas Pengertian dan Manfaat Pembuatan Makalah

Sebelum membuat makalah asuransi kesehatan, penting memahami pengertiannya terlebih dahulu. Makalah merupakan sebuah karya tulis bersifat ilmiah dengan fokus pembahasan masalah tertentu sebagai laporan hasil pelaksanaan tugas sekolah maupun perguruan tinggi.

Makalah juga bisa diartikan sebagai tulisan resmi mengenai pokok yang akan dibacakan di depan umum dalam sebuah kegiatan persidangan dan seringkali disusun untuk diterbitkan. Kedua pengertian ini berbeda, menyesuaikan dengan konteks yang sedang dialami.

Secara umum, isi yang dibahas dalam makalah berhubungan dengan mata pelajaran atau mata kuliah tertentu. Misalnya, dalam asuransi kesehatan, ada beberapa poin yang biasanya dibahas. Seperti pengertian, sejarah, cara kerja, manfaat, tujuan, dasar hukum dan jenis.

Poin terkandung dalam makalah asuransi kesehatan lainnya adalah risiko jaminan, masa berlaku serta berakhirnya, persyaratan dokumen dan masih banyak lagi lainnya. Sedangkan manfaatnya bisa dirasakan bukan hanya bagi penulis, tapi juga pihak pemberi tugas dan pembaca.

Bagi penulis manfaatnya yaitu memperkaya wawasan pengetahuan, melatih otak untuk fokus berpikir, menjadi lebih teliti, apalagi saat ada bagian yang dikoreksi atau perlu perbaikan. Jadi, mampu mengetahui bagian yang perlu diubah atau diperbaiki.

Sedangkan manfaat bagi pemberi tugas, mampu memahami karakter dari anak didiknya. Tentang bagaimana anak didik menerima serta memahami tema makalah yang menjadi tugasnya. Dan untuk pembaca, mendapatkan informasi penting dari karya tulis tersebut.

Pembahasan Singkat Mengenai Pengertian Asuransi Kesehatan

Bila sebelumnya sudah membahas tentang makalah, sekarang berganti ke asuransi kesehatan. Pengertiannya yaitu jaminan kesehatan yang diberikan kepada pihak tertanggung untuk mengganti berbagai biaya pengobatan akibat sakit maupun kecelakaan.

Dalam makalah asuransi kesehatan bagian pembahasan, seringkali mencantumkan materi pengertian ini. Penting dipahami bahwa asuransi kesehatan setiap jasa berbeda-beda mengenai jaminan layanannya. Bisa menjamin keseluruhan biaya kesehatan, atau hanya sebagian saja.

Beberapa layanannya seperti rawat jalan, rawat inap, melahirkan, gigi, kacamata atau check up general. Asuransi jenis ini merupakan salah satu upaya preventif bila di kemudian hari tiba-tiba mengalami sakit atau musibah kecelakaan.

Mengingat tidak ada yang bisa memperkirakan kapan sakit atau musibah datang. Saat tiba-tiba datang, kondisi keuangan tidak selalu menjamin tersedia untuk membayar sejumlah tersebut. Ketika situasi ini terjadi, asuransi kesehatan bisa membantu mengatasi.

Inilah Struktur Makalah Asuransi Kesehatan Penting Dipahami

Pada umumnya struktur makalah itu antara satu dengan lainnya hampir sama walaupun dengan judul berbeda, menyesuaikan kebijakan pemberi tugas, apakah ada ketentuan khusus atau tidak. Bila Anda ingin membuat makalah asuransi kesehatan, pahami strukturnya berikut:

1. Cover

Bagian pertama adalah cover atau sampul, berisikan tulisan judul, logo, identitas dari penulis (biasanya berupa nama dan nomor absensi), tempat serta tahun penerbitan. Pemilihan format tulisan biasanya center atau rata tengah supaya tampak rapi.

2. Kata Pengantar

Selanjutnya adalah kata pengantar yang tidak pernah absen tercantum dalam sebuah karya tulis. Fungsinya yaitu sebagai pengantar supaya pembaca nantinya mempunyai pandangan secara umum tentang karya tulis yang dibuat tersebut.

3. Daftar Isi

Struktur makalah asuransi kesehatan berikutnya adalah daftar isi, berisikan informasi halaman setiap konten. Melalui daftar isi, akan memudahkan pembaca untuk mencari bagian konten yang ingin dilihat.

4. BAB I Pendahuluan

Pada bagian pendahuluan, biasanya karya tulis mempunyai tiga sub bab. Di antaranya latar belakang, rumusan masalah serta tujuan. Tentunya dengan isi tulisan menyesuaikan dengan topik yang sudah dipilih sebelumnya.

5. BAB II Pembahasan

Bagian terpenting karya tulis asuransi adalah pembahasan, karena berisikan uraian pokok permasalahan. Isi bagian pembahasan ini harus menyesuaikan dengan pendahuluan yang sudah dibuat sebelumnya.

6. BAB III Penutup

Bagian terakhir karya tulis adalah penutup dan merupakan bab paling akhir. Biasanya berisikan sub bab berupa kesimpulan serta saran. Walaupun bab paling akhir, bukan merupakan halaman terakhir.

7. Daftar Pustaka

Struktur makalah asuransi kesehatan setelah bagian penutup yaitu daftar pustaka. Isinya berupa daftar referensi tulisan yang dipakai dalam proses pembuatan makalah. Bisa berasal dari buku, jurnal maupun informasi valid internet.

Cara Membuat Makalah Asuransi Mudah Dilakukan

Membuat karya tulis bertema asuransi kesehatan sebenarnya bukanlah hal sulit. Tapi, bagi pemula yang belum pernah membuat sebelumnya terkadang menjadi hal cukup sulit. Tata cara pembuatannya meliputi:

1. Menentukan Topik atau Tema Pembahasan

Pertama, tentukan topik atau tema yang akan dibahas. Biasanya untuk tema sudah ditentukan oleh guru atau dosen pemberi tugas atau mungkin diberikan kebebasan memilih topik, tapi dengan batasan tertentu.

Bila tema makalah asuransi kesehatan secara spesifik tidak ditentukan, berarti Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk berpikir. Pemilihan tema akan berpengaruh terhadap estimasi waktu pengerjaan serta tingkat kesulitannya.

2. Menentukan Judul

Langkah selanjutnya setelah berhasil menentukan topik atau tema pembahasan adalah menentukan judul. Disarankan dalam pembuatan judul menarik, tapi tetap menyesuaikan dengan tema yang dipilih dan jelas.

3. Mengumpulkan Berbagai Referensi Bahan

Bila judul sudah ditentukan, lanjutkan dengan pengumpulan berbagai referensi bahan yang relevan dengan topik sebagai pendukung pembuatan makalah nantinya. Sebab, dalam membuat karya tulis memang harus dari sumber terpercaya, bukan mengarang.

Sumber makalah asuransi kesehatan ada beragam, mulai dari buku, jurnal maupun artikel diinternet. Saat menggunakan sumber artikel internet, penting diperhatikan kejelasannya dan pilih yang mampu dipertanggungjawabkan kebenarannya.

4. Mulai Menulis Makalah Secara Sistematis

Setelah itu, barulah Anda bisa mulai menulis dengan bantuan bahan referensi yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Jangan lupa untuk menyusunnya secara sistematis sesuai ketentuan struktur.

Penting diingat, dalam penyusunan karya tulis harus berdasarkan fakta atau data. Tidak boleh asal tulis atau bersumber pada data yang tidak terpercaya alias masih diragukan kebenarannya.

Baca juga: Inilah 3 Bentuk Malpraktek Kedokteran Secara Yuridis

5. Melakukan Penyuntingan

Tahapan cara membuat makalah asuransi kesehatan terakhir adalah melakukan penyuntingan setelah semuanya sudah selesai dikerjakan. Sebelum mengumpulkan kepada yang memberikan tugas atau mempublikasi, teliti, sunting dan perbaiki lebih dulu.

Tidak perlu terburu-buru, Anda perlu melakukan pengecekan ulang apakah sudah sesuai ketentuan struktur atau belum. Perhatikan juga kesalahan bahasa, penulisan, margin maupun ejaan yang dipakai.

Bila sudah yakin semuanya sesuai ketentuan tanpa ada yang tertinggal bagian satupun, barulah lakukan publikasi atau pengumpulan tugas. Biasanya ada maksimal batas waktu pembuatan makalah ini, sehingga sangat penting memperhatikan durasi pengerjaan.

Selalu ingat bahwa dalam membuat karya tulis perlu sumber terpercaya, objektif serta sistematis. Struktur diatas bisa menjadi salah satu referensi penyusunan makalah asuransi kesehatan atau menyesuaikan dengan ketentuan yang sudah diberikan.

Demikian ulasan artikel ini, jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com/ (Asisten Advokat/Ketua LBH LP KPK’N WhatSApp 0857-1700-26233).

Comments are closed.