8 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan

150

8 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan- merupakan organ yang digunakan tubuh setiap hari untuk menyerap nutrisi. Selain itu, seiring bertambahnya usia, sistem pencernaan manusia juga semakin rapuh. Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan sistem pencernaan manusia agar selalu sehat dan bugar.

1. Makan makanan yang bersih

Makan makanan yang bersih akan membantu pencerna makanan dengan mudah sehingga mencegah masalah pencernaan. Salah satunya yaitu, Sayuran, jamu, dan makanan yang banyak mengandung air akan membuat pencernaan selalu sehat. Sementara gula, garam, dan makanan berlemak cenderung menimbulkan masalah pada sistem pencernaan.

Membiasakan mengunyah makanan lebih lama karna dapat membantu usus untuk lebih mudah mencerna makanan yang masuk ke lambung. Selain itu, dengan mengunyah makanan lebih lama, makanan tersebut akan dinetralisir oleh air liur, sehingga nantinya tidak berdampak pada peningkatan saat makanan tersebut dicerna oleh lambung.

2.Minum air

Air digunakan untuk menjaga tingkat pH tubuh. Jika kadar pH terlalu asam, berarti asam lambung sudah meningkat sehingga perut terasa kencang. Air dapat mencegah peningkatan kadar asam di lambung. Jika tubuh tidak dapat membuang limbah, maka limbah tersebut akan tetap berada di usus besar hingga akhirnya dapat dikeluarkan.

Perlu diperhatikan bahwa pencernaan yang sehat membutuhkan asupan cairan yang cukup. Banyak faktor seperti olahraga, cuaca, berat badan, dan kesehatan memengaruhi seberapa banyak air yang tepat untuk Anda.

Rekomendasi standar adalah untuk mengkonsumsi setara dengan 8 gelas air sehari. Apa pun panduan yang Anda gunakan, penting untuk memastikan Anda minum cukup cairan sepanjang hari, baik dalam bentuk air putih, atau sumber makanan kaya air seperti sup.

3. Ingat probiotik

Probiotik yang mengandung enzim juga dapat membantu sistem pencernaan. Contoh probiotik yang bisa dikonsumsi antara lain yogurt, kimchi, dan miso. Selain dari itu, probiotik mengandung dalam beberapa jenis makanan dan minuman lain seperti sereal, coklat batangan, biskuit, dan jus. Probiotik juga dapat membasmi bakteri jahat di saluran pencernaan yang dapat menyebabkan gangguan, serta menyeimbangkan saluran pencernaan.

4. Makan lebih banyak serat

Serat berperan penting dalam kesehatan sistem pencernaan. Serat membantu bakteri baik di perut. Jadikan hijau sebagai warna makanan favorit Anda. Sayuran sebagai sumber serat bebas lemak cocok untuk diet sehat.

5. Batasi kafein dan alkohol

Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, kafein dan alkohol yang berlebihan dapat mengganggu fungsi sistem pencernaan, dan menimbulkan masalah seperti meningkatnya produksi asam lambung yang dapat menyebabkan mulas dan mulas (rasa panas di dada akibat naiknya asam lambung). ke kerongkongan). ).

6. Hentikan stres

Ternyata stres dan sistem pencernaan bisa sangat erat hubungannya. Maka tak heran jika sebagian orang yang merasa gugup atau takut seringkali merasa ingin ke toilet. Stres yang berlebihan juga dapat mempengaruhi dan berdampak buruk pada kesehatan sistem pencernaan.

7. Mengunyah makanan

Saat Anda mengunyah makanan secara perlahan tidak perlu bekerja dengan keras untuk mengubah makanan padat menjadi campuran cair yang masuk ke usus kecil. Mengunyah juga menghasilkan air liur, dan semakin lama Anda mengunyah, semakin banyak air liur yang Anda hasilkan.

8. Konsumsi makanan berserat

Tahukah Anda bahwa terlalu banyak mengonsumsi nasi dan lauk pauk yang mengandung lemak adalah tindakan yang buruk. Karena dua hal ini akan menyebabkan gangguan pada pencernaan kita. Pengolahan kedua makanan ini menjadi energi berlangsung menyerap cukup lama, oleh karena itu kita sering mengantuk saat makan nasi.

Sekian tentang Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan semoga bermanfaat dan dapatkan artikel berita pilihan setiap hari hari dari Jurnallbhlpkpkn.com (Asisten Advokat/Ketua LBH LP KPK’N/ Red. ) Terimakasih.

Comments are closed.