Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

184

Langkah Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut – Gigi yang sehat adalah aset yang tak ternilai. Dengan itu, seseorang dapat bergerak dan menikmati berbagai makanan tanpa masalah. Senyum manis dan menawan selalu tumbuh dan membuat penampilan semakin menarik. Berikut ini adalah tips untuk Menjaga Kesehatan Gigi Anda.

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Sikat Gigi Dua Kali Sehari

Hal mendasar yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut adalah menyikat gigi secara rutin 2 kali sehari. Pertama, 30 menit – 1 jam setelah sarapan dan kedua, pada malam hari sebelum tidur. Setelah menyikat gigi, lanjutkan dengan menyikat lidah. Kemudian bilas mulut Anda setelahnya.

Lakukan dengan Benar

Menyikat gigi bukan hanya tentang frekuensi, tetapi tentang teknik yang benar untuk melakukannya. Pegang sikat gigi pada sudut 45º dari garis gusi, lalu sikat permukaan gigi depan terlebih dahulu dengan gerakan memutar dari atas ke bawah.

Kemudian pindah ke permukaan gigi di dalam, di atas, di bawah, lidah dan langit-langit mulut. Sikat perlahan dan lembut. Jangan terlalu keras atau agresif, karena dapat mengikis email dan gusi yang mengakibatkan terbukanya dentin dan membuat gigi sensitif dan nyeri.

Maksimalkan dengan Mouthwash dan Dental Floss

Setelah menyikat gigi secara menyeluruh ke lidah dan langit-langit mulut, maksimalkan pembersihan dengan menggunakan obat kumur dan benang gigi. Penggunaan keduanya berguna untuk mengurangi plak dan mencegah peradangan yang disebabkan oleh bakteri dan sisa makanan yang mungkin masih tertinggal di sela-sela gigi.

Gunakan Produk Perawatan Gigi yang Tepat

Cara menjaga kesehatan gigi tentunya tidak lepas dari penggunaan produk perawatan gigi yang tepat. Untuk sikat gigi, sebaiknya gunakan yang berbulu lembut dengan bentuk kepala kecil hingga sedang. Jangan lupa untuk rutin menggantinya setiap 2-3 bulan sekali setelah digunakan.

Batasi Asupan Makanan Erosi
Bagi mereka yang tidak memiliki pantangan makan, makan makanan apa pun tidak masalah. Namun, perlu juga memperhatikan batas asupannya, terutama pada beberapa makanan dan minuman yang bersifat korosif seperti snack manis, soft drink, asinan dan lain-lain.

Pasalnya, kebiasaan mengonsumsi makanan seperti ini terlalu sering berpotensi menyebabkan perubahan warna gigi, merusak email gigi dan bisa membuat karies atau gigi berlubang. Tidak perlu menghindari sama sekali, cukup batasi asupannya agar tidak terlalu sering. Selain itu, biasakan untuk berkumur dengan air secepat mungkin atau mengunyah permen karet bebas gula setelah makan makanan apa pun.

Baca juga: Banana Stone (Klutuk) For Sugar Levels

Jauhi Rokok

Kebiasaan buruk merokok tidak hanya berdampak negatif pada munculnya warna gigi kusam, penumpukan karang gigi dan bau mulut.

Apalagi rokok dengan segala kandungan di dalamnya berpotensi besar menimbulkan masalah kesehatan gigi dan mulut yang jauh lebih serius. Ini termasuk radang kelenjar ludah, leukoplakia, periodontitis hingga kanker mulut atau kanker kerongkongan.

Gunakan Gigi Anda Sesuai Fungsinya

Gigi berfungsi untuk mengunyah makanan menjadi serbuk halus sehingga mudah dicerna. Jangan pernah mencoba menggunakan gigi di luar fungsinya yang semestinya. Misalnya, memecahkan benda keras atau membuka tutup botol, karena dapat berdampak pada kerusakan gigi seperti gigi retak atau patah.

Begitu juga kebiasaan menggemeretakkan gigi juga harus ditinggalkan mulai sekarang. Jika tidak, akan mengakibatkan resesi gusi, gangguan sendi rahang dan berbagai keluhan lainnya.

Terakhir, jaga kesehatan gigi Anda dengan rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Metode ini berfungsi sebagai deteksi dini untuk melihat kemungkinan masalah gigi dan solusi pengobatan yang terbaik.

Demikian pembahasan mengenai cara Menjaga Kesehatan Gigi, semoga artikel ini bermanfaat dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com

Comments are closed.