Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Cara Alami

242

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Cara Alami – Sama seperti jantung dan otak, menjaga kesehatan ginjal merupakan hal yang perlu Anda perhatikan secara rutin mengingat fungsi ginjal sangat penting bagi tubuh.

Selain menyaring racun dari darah, ginjal memiliki tugas penting lainnya, seperti penyerapan air, mengatur tekanan darah, dan mengendalikan keasaman dalam tubuh.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang harus Anda hindari untuk dapat Menjaga Kesehatan Ginjal, salah satunya yaitu jarang minum air putih. Ginjal yang sudah sakit atau mengalami masalah akan berakibat fatal bagi fungsi organ tubuh secara keseluruhan, dan butuh waktu lama untuk mengobatinya.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti mengurangi konsumsi alkohol dan melakukan suatu aktivitas fisik.

Agar ginjal tetap dalam keadaan sehat, maka perlu mendapatkan berbagai kandungan nutrisi dalam dosis yang tepat dan menjauhi berbagai makanan yang berisiko merusak ginjal. Makan beberapa makanan sehat dan padat nutrisi, seperti apel dan paprika, dapat membantu dalam menjaga kesehatan ginjal Anda.

Berikut adalah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda coba terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
Rajin Minum Air

Hidrasi yang tepat penting untuk kesehatan ginjal. Ketika tubuh tidak mendapatkan cukup air, ginjal mengering, menyebabkan mereka menyerap kandungan racun daripada mengeluarkannya. Hidrasi yang tidak mencukupi selanjutnya menyebabkan sebuah retensi air karena ginjal tidak bisa mengeluarkan cairan seperti biasanya.

Para ahli merekomendasikan minum antara enam sampai delapan gelas air setiap hari. Perlu diingat, jumlah tersebut perlu ditingkatkan dalam kondisi seperti cuaca panas atau saat melakukan aktivitas fisik yang berat.

Melakukan Aktivitas Fisik

Tidak usah lari maraton atau berlari di sekitar stadion untuk meningkatkan fungsi ginjal. Berjalan-jalan setelah makan malam adalah awal yang baik untuk menjadi lebih aktif. Cari cara untuk meningkatkan gerakan setiap hari. Anda bisa mencoba naik turun tangga, jogging di sekitar kompleks, bersepeda, dan berenang. Berbagai aktivitas fisik ini baik untuk kesehatan pada ginjal Anda.

Kurangi Konsumsi Alkohol

Yang terbaik adalah menahan diri dari alkohol. Orang yang ingin minum alkohol lebih sering disarankan untuk membatasi asupannya menjadi satu gelas sehari untuk wanita dan satu sampai dua gelas sehari untuk pria.

Jika Anda dapat menghilangkan minum alkohol sepenuhnya dari kehidupan sehari-hari Anda, itu dapat membuat ginjal Anda lebih sehat dan bekerja secara normal.

Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok mengganggu pembuluh darah yang alirannya ke seluruh tubuh, termasuk ginjal, dapat terhambat. Merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker. Jadi, lebih baik segera hentikan kebiasaan buruk ini. Jika Anda kesulitan berhenti merokok, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menyarankan beberapa cara yang tepat untuk membantu Anda menghilangkan kebiasaan merokok.

Kontrol Gula Darah

Orang dengan penyakit diabetes, atau kondisi yang menyebabkan gula darah tinggi, dapat mengalami kerusakan ginjal. Ketika sel-sel pada tubuh Anda tidak dapat menggunakan glukosa (gula) dalam darah Anda, ginjal Anda dipaksa bekerja ekstra keras untuk menyaring darah Anda.

Namun, jika Anda bisa mengontrol gula darah Anda, Anda mengurangi risiko kerusakan. Hal ini menyebabkan penderita diabetes lebih rentan terhadap penyakit ginjal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengontrol jumlah gula darah agar kondisi Anda tidak semakin parah.

Baca juga: Buah Pandan Laut Memiliki Sejumlah Khasiat

Awasi Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Jika tekanan darah tinggi terjadi dengan masalah kesehatan lainnya, seperti diabetes, penyakit jantung, atau kolesterol tinggi, dampaknya pada tubuh Anda dapat signifikan.

Tekanan darah tinggi yang terus menerus menyebabkan ginjal untuk bekerja lembur. Pantau tekanan darah secara teratur, dan patuhi obat yang direkomendasikan oleh dokter.

Demikian ulasan tentang Cara Menjaga Kesehatan Ginjal Dengan Cara Alami semoga bermanfaat dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkncom

 

Comments are closed.