Trik Mudah dan Cepat Convert Word ke PDF Secara Offline dan Online

159

Portable Document Format merupakan format file dokumen digital yang banyak diminati karena bisa dibuka pada banyak piranti tanpa mengubah isi dokumen. Format dokumen ini cukup praktis biasanya memang ditujukan untuk sekedar menjadi dokumen bacaan dan file siap print. Trik mudah dan Cepat Convert Word ke PDF Secara Offline dan Online. Ada banyak cara convert Word ke PDF contohnya antara lain menggunakan aplikasi bawaan Microsoft Office Word atau menggunakan layanan converter di internet.

Format ini biasanya condong pada format file buatan Adobe System yang didesain agar memudahkan dalam kegiatan pertukaran dokumen secara digital. PDF adalah format yang cenderung hanya sebagai dokumen untuk dibaca atau siap print sehingga tidak memerlukan proses editing. Hal itu memungkinkan dokumen tetap aman karena tidak bisa diedit.

Cara Trik Mudah dan Cepat Convert Word ke PDF Secara Offline dan Online

File dengan format PDF biasanya dibuat untuk mempermudah saat bertukar dokumen antara satu dengan yang lain melalui jaringan digital. Personal Computer tidak selalu memiliki versi Microsoft Office yang sama hal itu akan mengakibatkan isi file dokumen menjadi rusak. Oleh karena itu beberapa orang cenderung memilih menyimpan format file dalam bentuk PDF.

Convert Word ke PDF Menggunakan MS Word

Baca juga: Beberapa Aplikasi Edit Foto Terbaik di Ponsel.

Convert atau membuat file PDF di laptop menggunakan aplikasi Microsoft Office Word. Langkah pertama adalah membuka aplikasi Microsoft Word yang terpasang di laptop atau komputer. Buka dokumen yang ingin diubah ke PDF kemudian klik “File” lalu pilih “Save As” kemudian tentukan tempat untuk penyimpanan file tersebut, beri nama lalu pilih format PDF lantas tekan enter.

Cara Membuat PDF dengan WPS

Selain Microsoft Word ada juga aplikasi lain yang bisa kamu gunakan untuk membuat Word ke PDF dengan cepat dan mudah. Bukalah file dokumen atau Word menggunakan aplikasi WPS setelah itu klik “Menu” yang ada di pojok kiri atas. Kemudian pilih “Export to PDF” nanti akan muncul pada layar komputer pilihan penyimpanan file.

Pilih folder penyimpanan dokumen sesuai dengan kebutuhan kamu. Jangan lupa beri nama pada dokumen, agar nanti mudah mencarinya. Jika langkah – langkah di atas telah selesai maka kini dokumen dengan format PDF sudah jadi dan bisa segera dipindahkan atau dikirim ke perangkat yang lainnya.

Cara Membuat PDF di SmallPDF

Situs konverter biasanya digunakan tidak hanya untuk convert Word ke PDF namun juga untuk mengkonversi ukuran file atau keperluan editing yang lain. Namun yang pasti situs SmallPDF dapat digunakan sebagai salah satu alat untuk membuat PDF online dengan mudah. Cara mengubah Word ke PDF yakni buka situs smallPDF.com pada browser perangkat kamu.

Pilih ikon menu Convert PDF. Lantas klik Pilih File untuk mengupload file Word yang akan di convert ke PDF. Tunggu hingga proses konversi selesai setelah itu kamu bisa mendownloadnya dengan mengklik Pilih Unduh File.

Convert Dengan Google Docs

Google juga menyediakan layanan yang dapat digunakan untuk membuat PDF secara online, yaitu menggunakan Google Docs. Layanan gratis google ini dapat dimanfaatkan untuk membuat PDF. Caranya adalah dengan membuka laman Google Docs, setelah itu login menggunakan Gmail yang kamu miliki.

Nanti akan muncul Template Gallery, silahkan pilih “Blank” atau dokumen yang terdapat tanda plus (+). Setelah itu akan muncul halaman MS. Office yang masih kosong, bisa diisi dengan dokumen atau tulisan yang akan dibuat dengan PDF. Terakhir cara convert Word ke PDF, pilih File kemudian klik Download as serta pilih format PDF Document, kini dokumen kamu secara otomatis tersimpan sudah dalam format PDF.

Terimakasih

Comments are closed.