Berikut Penyebab HP Mati Sendiri yang Perlu Anda Ketahui

60

HP atau smartphone sekarang ini menjadi salah satu perangkat elektronik yang penting untuk membantu menunjang aktivitas sehari-hari. Mulai dari belajar, hiburan sampai dengan komunikasi. Bahkan banyak orang yang hampir tidak dapat melakukan kegiatan tanpa menggunakan HP. Meskipun begitu saat HP mati Anda pasti akan bingung bukan. Berikut Penyebab HP Mati Sendiri yang Perlu Anda Ketahui.Maka dari itu kenali penyebab HP mati sendiri yang bisa Anda simak ulasannya dibawah ini.

Ini Dia Penyebab HP Mati Sendiri

Zaman yang sudah semakin canggih dengan dukungan teknologi yang semakin maju, kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari yang namanya HP. Keberadaan HP mengubah perilaku masyarakat.

Penggunaannya memang sangat membantu di dalam melakukan aktivitas. Tetapi menggunakan HP yang terlalu asyik terkadang sampai menyebabkan ponsel mengalami masalah. Salah satu masalah yang banyak para pengguna temukan yakni HP mati sendirinya. Berikut Penyebab HP Mati Sendiri yang Perlu Anda Ketahui.

Apa sih penyebabnya? Berikut ini beberapa penyebab HP mati sendiri antara lain.

1. Penggunaan CPU yang Terlalu Tinggi

Penyebab dari HP mati sendiri bisa jadi karena penggunaan CPU yang terlalu tinggi. CPU HP mampu untuk menjalankan semua aplikasi pada latar belakang. Tetapi penggunaan arus yang terluka tinggi dalam jangka waktu yang cukup panjang maka akan merusak.

Dengan demikian otomatis HP akan mati sendiri. Jika Anda menemukan masalah seperti ini setelah melakukan penginstalan apk baru, maka bisa mencoba untuk mencopot pemasangan apk setelah itu baru dimuat ulang.

2. Memori Tidak Cukup

Memori yang tidak cukup untuk menjalani operasi bisa menyebabkan HP mati. Kalau Anda mengalami hal serupa setelah bermain game yang berat atau menjalankan aplikasi lain, maka cobalah untuk batasi jumlahnya.

Hal itu dilakukan supaya HP bisa kembali berjalan dengan lancar. Selain itu Anda juga dapat menghapus beberapa aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan membantu untuk melonggarkan memori. Biarkan ponsel tersebut istirahat setelah berjam-jam lamanya Anda gunakan.

3. Kondisi Baterai Drop

HP mendadak mati sendiri dan sulit untuk hidup kembali, maka ada kemungkinan bahwa penyebabnya kondisi baterai yang drop ataupun sudah tidak bagus lagi. Kondisi semacam ini kerap kali terjadi pada HP yang usianya sudah lama.

Hal tersebut ditandai dengan persentase yang lebih cepat menurun setelah Anda melakukan pengisian daya. Meskipun tidak dipakai untuk kegiatan yang berat tetap saja HP bisa mati sendiri. Jika baterai drop dalam keadaan yang sehat artinya masih bagus bukan HP lama, maka Anda cukup melakukan isi daya selama beberapa jam saja.

4. Rusaknya Tombol Power

Penyebab HP mati sendiri yang berikutnya bisa terjadi karena rusaknya tombol power. Tombol power gunanya untuk menghidupkan serta mematikan ponsel. Jika Anda sudah berusaha untuk memperbaikinya tetapi perangkat masih mati sendiri maka Anda harus memeriksa tombol power perangkat.

Untuk mengetahui apakah ada kerusakan Anda cukup melepaskan casing ponsel lalu setelah itu periksa casing yang menahan tombol power. Jika menemukan kerusakan maka bisa dibawa ke tempat servis.

5. HP Overheat

HP yang Anda gunakan terasa panas merupakan kondisi overheat yang menandakan bahwa ponsel terlalu bekerja keras. Overheat menjadi penyebab dari mati sendiri. jadi disarankan dalam penggunaan HP jangan sampai dalam keadaan panas. Istirahatkan HP setelah itu coba untuk menyalakan jika sampai mati.

Penyebab HP mati sendiri bisa terjadi karena beberapa hal. Seperti bakteri yang drop karena sudah terlalu lama, tombol power untuk menghidupkan dan mematikan rusak, bisa jadi juga karena HP sudah tua. Nah, untuk usia HP yang sudah tua tersebut ada baiknya untuk Anda menggantinya dengan yang baru. Sebab jika ponsel tersebut sangat berguna untuk mendukung aktivitas Anda maka tidak salah jika perlu diganti.

Comments are closed.