Pahami Pengertian Google AdSense Untuk Mengembangkan Bisnis

140

 

Perkembangan dunia internet semakin pesat dan banyak peluang yang bisa menghasilkan uang. Salah satu cara yang sangat populer adalah bergabung dengan Google AdSense. Mungkin Anda belum mengetahui mengenai pengertian Google AdSense bukan?

Jadi Anda tidak perlu khuwatir karena pada artikel kali ini akan memberi panduan lengkap untuk para pemula agar bisa menggunakan Google AdSense.

Simak Pengertian Google AdSense

AdSense muncul setelah Google melakukan akuisisi terhadap pura Laba pada Februari tahun 2003. Sebulan sebelumnya chairman dan CEO Google pada 4 Februari 2003 mengumumkan kemunculan layanan periklanan ini. Untuk menyempurnakan layanan periklanan, Google mengakuisisi teknologi melalui Applied Semantics agar kinerja yang dihasilkan maksimal.

Layanan AdSense pertama kali muncul untuk konten bahasa yang ada di Eropa Asia Timur,Timur Tengah, dan Thailand. Pada akhirnya tanggal 1 Februari 2012 layanan ini mendukung penuh bahasa Inggris. Hingga saat ini AdSense mempunyai dua jenis akun untuk para publisher ya yaitu versi AdSense hosted untuk platform YouTube dan no hosted untuk  website.

Pengertian Google AdSense adalah program periklanan dengan basis CPC ( cosst per clik ) yang memungkinan para pengguna website memperoleh penghasilan dari iklan yang sudah ada dipasang.

Pertama kali munculnya AdSense, banyak para pengguna website yang yang berlomba-lomba untuk mendaftarkan menjadi publisher AdSense di Indonesia. Hal ini sudah terbukti sekitar 2 juta lebih publisher AdSense sudah tersebar di seluruh dunia dan meningkat setiap tahunnya.

AdSense akan menampilkan iklan berupa teks, video, ataupun gambar para pengunjung website sesuai dengan minat. Google AdSense memanfaatkan cengkeh dari browser pengguna untuk mengetahui hal yang dibutuhkan, nantinya akan iklan muncul sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.

Misalnya Anda sedang mencari hosting yang murah pada mesin pencarian Google, maka nanti akan muncul sebagai penyedia hosting murah Indonesia. Iklan yang ditampilkan nantinya akan berubah setelah mengikuti dari cache yang sudah tersimpan di browser Anda.

Cara Mendaftar

Setelah mengetahui pengertian Google AdSense, tidak ada salahnya jika Anda mulai memahami cara mendaftar Google AdSense. Cara mendaftarkan bisa dikatakan mudah-mudah sulit. Mudah karena persyaratan yang sudah dijelaskan lebih detail oleh Google. Sulit karena dalam pengajuannya terkadang bisa ditolak.

Namun secara garis besar untuk memperoleh akun Google AdSense alurnya adalah membuat website atau blog, mendaftar AdSense lalu diterima atau ditolak. Jika pengajuan Anda diterima maka bisa langsung menggunakan kode iklan ke website atau blog yang Anda kelola.

Cara Kerja Google AdSense

Kurang afdol rasanya jika Anda hanya memahami pengertian Google AdSense dan cara mendaftarnya saja. Untuk cara kerjanya sebenarnya sangat sederhana. Caranya sangat mudah pemilik blog atau website yang mempunyai banyak pengunjung dan ingin memperoleh penghasilan bisa mendaftarkan ya ke Google AdSense.

Jika pengajuan diterima pemilik website atau blog akan memperoleh akun Google AdSense. Selanjutnya Anda hanya perlu menempelkan kode Google AdSense ke website atau blog Anda.

Setiap orang yang menyentuh iklan dengan mousenya maka Anda akan memperoleh pemasukan. Setiap tanggal 22 pendapatan yang Anda peroleh bisa ditransfer ke rekening bank yang sudah Anda daftarkan di akun Google AdSense.

Mengontrol Biaya Anda

Google Earth akan memberikan kembali terhadap cara Anda dalam membelanjakan uang. Tidak ada batas minimum, jadi Anda bisa memilih besaran yang akan dibelanjakan per iklan per hari dan per bulan. Anda hanya perlu membayar jika yang mengklik iklan Anda.

Mengelola Kampanye

Google Ads menawarkan beberapa alat untuk memantau dan mengelola akun Anda dengan mudah. Jika Anda mengelola beberapa akun Google Ads, maka pengelolaan pusat klien merupakan alat yang canggih dan bisa menghemat waktu. Alat ini memungkinkan Anda untuk mengelola dan melihat akun secara mudah pada satu lokasi.

Menarget Iklan

Penargetan iklan membuat Anda mempunyai kemampuan untuk menampilkan iklan yang relevan.

Mengukur Kesuksesan

Dengan Google Earth, orang yang mengklik iklan Anda Anda bisa mengetahuinya. Jika mereka mengklik iklan Anda, maka sesuatu yang berharga untuk bisnis Anda akan terjadi. Dengan melihat iklan yang di klik Anda bisa melihat dengan cepat dimana harus berinvestasi.

Keuntungan Google AdSense

Tidak hanya mengetahui pengertian Google AdSense Anda harus mengetahui keuntungan dari Google AdSense. Berikut ini keuntungannya.

Penjualan Meningkat dengan Biaya Minimum

Jika Anda mempunyai produk B2B pastinya beriklan di TV baliho dan koran merupakan langkah yaang pendekatan tersebut akan memberi hasil untuk produk konsumen tetapi produk B2B tidak efektif sebab mengkomunikasikan pesan iklan khayalan luas bahkan tidak tepat sasaran serta terbuang percuma.

Dengan memahami pengertian Google AdSense dan memanfaatkannya, Anda mampu menayangkan iklan ke orang yang memiliki minat produk Anda atau sejenisnya yang sangat efektif.

Misalnya Anda beriklan produk A dan sewaktu-waktu ada seseorang yang mencari produk A maka iklan tersebut akan muncul. Tetapi jika orang yang mencari produk B pastinya iklan tidak akan muncul karena tidak sesuai dengan minat yang dicari.

Jangkauan Iklan Luas

Mesin pencarian Google merupakan mesin pencarian yang sangat populer dan penggunanya banyak. Saat ini Google di Indonesia sudah menguasai pangsa pasar mesin hingga mencapai 97,09%.

Di Indonesia Yahoo 1,66% serta Ping hanya memperoleh 0,77%. Berdasarkan dari data tersebut jika iklan pada mesin pencarian Google menggunakan platform Google Ads maka jangkauannya lebih besar serta bisa dilihat oleh banyak orang.

Remar Keting

Selain iklan penelusuran, nantinya berdasar pengertian Google AdSense ini akan mengiklankan usaha Anda pada website dan website partner Google. Jadi orang berkunjung di website Anda dan pergi ke website lain untuk mencari informasi iklan Anda akan muncul di sana. Orang yang melihat iklan Anda pada website serta aplikasi lain akan dibuka.

Hal ini disebut sebagai marketing yang mempunyai tujuan untuk mempertahankan calon pelanggan potensi sebab sudah pernah mengunjungi situs website Anda pastinya hal ini bisa meningkatkan penjualan Anda sebab iklan yang ditargetkan ke orang yang mempunyai minat sudah mengunjungi website Anda.

Hasil Lebih Cepat dari SEO

Pada mesin pencarian, bisnis mempunyai peluang emas untuk ditampilkan ke orang-orang pada saat yang tepat dan saat mereka mencari produk atau layanan. Tetapi jika peluang sangat besar maka persaingan yang timbul juga sangat tinggi. Maka dari itu peningkatan organik pada mesin pencarian adalah tugas yang melelahkan dan memakan waktu.

Dengan optimalisasi situs web yang sempurna dan memanfaatkan kredibilitas dari situs web resmi melalui backlink mampu membawa hasil yang baik, namun membutuhkan waktu yang lama serta harus terus menerus.

Dengan menggunakan Google Ads, bisnis Anda bisa diperoleh hasil yang cepat. Di sini juga terdapat persaingan dengan sesama pengiklan produk yang sejenis, namun Anda tak perlu khawatir sebab mampu memakai kasa iklan Google Ads masterweb yang akan membantu dan mengklaim iklan Anda berjalan secara maksimal.

Reputasi Website  Meningkat

Cara untuk meningkatkan reputasi bisa menggunakan banyak cara misalnya menggunakan penerapan teknis SEO, membuat banyak artikel yang bermanfaat, membangun backlink, dan yang lainnya.

Tetapi Anda membutuhkan waktu yang lumayan lama supaya bisa memperoleh hasil. Hal ini membutuhkan ketekunan dan kesabaran untuk melakukannya.

Berbeda jika Anda menggunakan Google Ads mengingat pengertian Google AdSense sendiri yang bisa meningkatkan reputasi bisnis dalam waktu singkat. Dengan menggunakan Google Ads bisnis Anda berada diperingkat teratas mesin pencarian Google untuk kata kunci yang ramai serta SEO membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kekurangan Google Adsense

Anda juga harus mengetahui kekurangan dari  AdSense, sebab mengetahui pengertian Google AdSense saja tidak cukup.

Proses Approval Sulit

Sebelum memasang Google AdSense, Anda harus melalui proses review dan Approval. Dari pengalaman para blogger proses ini terlihat sulit untuk dilewati. Terkadang sistem memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Minimum Payout yang Lumayan Besar

Minimum penarikan yang bisa dilakukan dari AdSense sekitar 1,3 juta Nantinya jika saldo sudah mencapai atau melewati batas Baru bisa terima gaji dari Google.

Transparansi

Walaupun pengertian Google AdSense memberikan laporan yang jelas, ada beberapa hal yang masih transparan. Misalnya seperti laporan iklan yang di klik. Pastinya sebagai pemilik blog Anda ingin tahu mana peluang yang paling banyak mendatangkan income.

Rawan yang Harus Diwapadai

Google AdSense merupakan program yang menggiurkan jika berhasil dijalankan dengan sukses. Bayangkan saja seorang ekstensor yang sukses bisa memperoleh keuntungan dengan dengan menjadi publisher adsense hanya dengan modal blog gratis atau website berbayar. AdSense yang sukses membuat banyak orang yang iri sebab sangat menggiurkan.

Bayangkan bagaimana orang yang bekerja di rumah atau warnet tetapi memperoleh penghasilan dollar. Jadi tidak heran banyak orang yang menghalalkan segala cara untuk memperoleh gelar di AdSense. Tetapi bukan dollar yang akan diraih atau didapat malah banned massal yang diperoleh.

Karena memang dalam prakteknya sangat sulit untuk menipu Google. Ada beberapa blogger yang mencoba berbagai cara seperti menggunakan proxy untuk menyamarkan IP atau merubah IP Negara Lalau mengklik iklannya sendiri tetapi tidak bisa justru malah menuai hasil yang merugikan berupa banned.

Pengertian Google AdSense sangat penting untuk diketahui. Jika Anda ingin memulai menjalankan bisnis. Untuk memperoleh hasil yang maksimal Anda harus mempelajari Google AdSense lebih dalam.

Terimakasih

Silahkan share artikel ini jika dirasa berguna ya!
Author : A. Iwan Dahlani

Comments are closed.