Keuntungan Memiliki SIM Bagi Pengendara Transportasi Pribadi

186

 

Keuntungan memiliki SIM tentu banyak dirasakan oleh para pengendara transportasi pribadi. Khususnya bagi pengguna sepeda motor yang sering terjadi penilangan. Pasalnya, Surat Izin Mengemudi ini memang wajib dimiliki oleh setiap pengguna transportasi pribadi.

Seseorang yang telah mempunyai surat izin berarti kemampuannya diakui untuk mengendarai sebuah transportasi pribadi. Baik motor, mobil, maupun jenis transportasi lainnya. SIM secara umum dibagi menjadi 2 yaitu surat izin mengemudi A dan C.

SIM A merupakan surat izin yang diperuntukkan bagi pengguna sepeda mobil atau kendaraan beroda 4. Sedangkan yang C ditujukan bagi pemilik sepeda motor. Agar Anda mendapatkan keuntungan memiliki SIM, maka harus melakukan tes terlebih dahulu.

Anda harus melakukan tes berkendara di Polres setempat. Hal ini bertujuan untuk memastikan Anda layak mendapatkan surat izin untuk aktifitas di jalanan. Jika berhasil, maka Anda bisa menikmati keuntungan mempunyai SIM.

3 Keuntungan Memiliki SIM yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa orang mungkin berpikir mempunyai surat izin mengemudi ini dilakukan hanya sebagai bentuk formalitas saja. Agar memudahkan seseorang untuk melakukan perjalanan. Namun, berdasarkan UU No. 22 Tahun 2009 terdapat keuntungan mempunyai SIM.

1. Bentuk Kompetensi

Keuntungan memiliki SIM Anda akan memiliki perasaan bangga tersendiri sebab mendapat pengakuan dari kompetensi yang dimiliki. Sebab, hanya beberapa orang yang lolos dalam pelaksanaan tes saja yang akan mendapatkan surat izin tersebut.

Pasalnya saat ini pengendara transportasi pribadi di jalan raya sangat ramai. Namun, pada kenyataannya banyak dari mereka yang berkendara dengan asal. Hal tersebut tentu dapat merugikan diri sendiri dan orang disekitarnya.

2. Registrasi Pengemudi

Keuntungan memiliki SIM artinya identitas Anda telah terekam dalam catatan kepolisian. Keterangan tersebut nantinya dapat memudahkan sistem identifikasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya seperti kecelakaan atau hal buruk lainnya.

Baca juga: Ditlantas Polda Banten Laksanakan Apel Sebelum Kegiatan Operasi Keselamatan Maung 2022

3. Memudahkan Urusan Administrasi Kepolisian

Manfaat terakhir yaitu memudahkan urusan administrasi kepolisian. Dimana dengan menunjukkan surat tersebut, Anda akan lolos dalam pemeriksaan di jalan.

Selain itu, keuntungan lain memiliki SIM adalah data Anda akan memudahkan penyelidikan dan penyidikan. Itu dia beberapa keuntungan punya SIM yang perlu Anda ketahui.

Dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com. “Jika Anda berminat untuk menjadi anggota di LBH LP KPK’N “, Caranya mudah Anda bisa hubungi Nomor WhatsApp +62 821-1243-6478

Author: A.Iwan Dahlani

Comments are closed.