Sakti!! Pembangunan Proyek U-dith Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air Diduga Tak Sesuai Spek

106

Kab.Tangerang – Pembangunan proyek U-dith Dinas Bina Marga dari anggaran yang di gelontarkan pemerintah pusat melalui Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air dengan nomor (620/636_ PL/ KPA_BM/K/APBDP/DBMSDA/Xl/2021) Yang berjudul Drainase Jalan Rajeg Mulya_Tanjakan, Dengan jenis u_ditch , Yang dikerjakan CV. Alda Kontraktor dengan anggaran Rp. 98.675.000. Kegiatan tersebut diduga sesuai spek yang seharusnya mengacu kepada Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Yang berlokasi di Desa tanjakan mekar rt 008/Rw 003/Kecamatan rajeg/kabupaten tangerang.

Saat di konfirmasi salah satu pekerja Pembangunan proyek U-dith Dinas Bina Marga mengatakan “kerjaan ini udah 6 hari, kerja mulai hari minggu sampe sekarang ini hari sabtu 20/11/2021 dan kalo untuk pengawasnya tidak ada”ucap pekerja.

Hasil pantauan kami bersama team ,terpantau sedang aktifitas pemasangan oleh pekerja,Setelah kami cek dari titik nol dan titik terakhir pemasangan u_ditch disinyalir tanpa adanya jalan air untuk pembuangan air sisa rumah tangga.

Hal senada juga di katakan Iwan selaku Ketua LBH LP KPKN Cab Kab,Tangerang, Kami perhatikan memang pekerjaan diduga tidak adanya saluran untuk pembuangan air sisa rumah tangga, dan bagaimana masyarakat sekitar bisa memanfaatkan saluran u_ditch tersebut kalau untuk saluran pembuangannya diduga tidak ada, atas dugaan tersebut kami duga perencanaan pembangunan dinas bina marga dan sumber daya air tidak pada fungsinya sebagai perencanaan yang merencanakan pembangunan fisik agar kegiatan tersebut bisa di manfaatkan masyarakat sekitar.

Dan untuk lantai dasar menurut iwan, seharusnya kontraktor maupun konsultan perencanaan memahami bahwa idealnya pembangunan saluran udara yang menggunakan beton pracetak U-Ditch seharusnya membuat lantai kerja dengan mutu beton K125 atau yang kerap disebut B0 (B Nol) .

“Permukaan lantai kerja dibuat serata mungkin dan dikontrol elevasinya berdasarkan elevasi pada patok-paton bantuan. Karena, kerataan lantai kerja sangat menentukan kerapian pemasangan U-Ditch yang dipasang di atasnya”katanya

Untuk lebih lanjut kami akan konfirmasi baik tertulis maupun langsung kepada kepala dinas bina marga dan sumber daya air, dan kami meminta kepada kepala dinas agar di cancel untuk pembayaran pemasangan u_ditch oleh cv. Alda kontraktor

Sampai berita ini di terbitkan pihak pelaksana dan pihak dinas bina marga dan sumber daya air belum berhasil di konfirmasi untuk klarifikasi.

Tim/Red

Comments are closed.