Faedah Ilmu Al-Hikmah yang Dapat Dicontohkan Seperti Berikut…

253

Faedah Ilmu Al-Hikmah dapat dicontohkan seperti di organisasi pemerintah, Yaitu :

DEPKES, DEPNAKER, DEPSOS, DEPAG, DUKCAPIL Dan Lain-Lain.

Kenapa hal tersebut bisa demikian? Karena manusia mempunyai hak dan keahliannya dalam bidang masing – masing yang ada pada faedah ilmu Al-Hikmah.

Setiap anggota Al-Hikmah pun mempunyai hak dan keahliannya dalam bidang masing – masing juga. Jika tidak hak dan ahli dipengobatan atau perdagangan, maka dapat dicari sesuai dengan hak dan keahliannya. Seperti dicontohkan di departemen tadi.

Dapat diambil sebagai contoh yaitu : Tongkat Nabi Musa dan Batu merah delima Nabi Sulaiman yang batu dibawa oleh Nabi Adam dari surga. Tongkat Nabi Musa Alihi Salam adalah warisan dari mertuanya yaitu Nabi Daud Alaihi Salam.

Kenapa tidak disebut tongkat atau batu Nabi Adam atau tongkat Nabi Sueb atau batu Nabi Daud. Ini karena hak dan ahlinya Nabi Musa Alaihi Salam dan Nabi Sulaiman Alaihi Salam, maka begitu pula dengan faedah ilmu Al-Hikmah. Karena contoh tersebut diatas, dunia itu untuk contoh akhirat, misalnya ;

(1). Tidur Diakhirat

Di dunia dicontohkan dengan tidurnya Ashabul Kahfi. Perasaan Ashabul Kahfi hanya tertidur dalam satu malam, ternyata telah tertidur selama 300 tahun lamanya.

(2). Makan Di Akhirat

Di dunia dicontohkan dengan makannya Siti Maryam.

Konon riwayatnya ketika Siti Maryam ingin melahirkan, dia menghindar ke tempat yang lain di karenakan tidak mempunyai suami.

Ketika sedang kelelahan berjalan di padang pasir, dia berhenti lalu bersandar melepas lelah dibawah pohon kurma yang sudah rapuh dan hampir mati.

Dan ketika Nabi Isya terlahir dibawah pohon kurma tersebut, pohon kurma yang awalnya rapuh dan hampir mati itu kembali mudah dan buah lebat.

Saat Siti Maryam merasa lapar terjadi keanehan. Pohon kurma itu merunduk dengan sendirinya mengantarkan buah kurma yang masih menempel didahannya ke mulut Siti Maryam dengan kecepatan seperti tangan yang menggaruk gatal. Sepertinya terjadi kontak antara Siti Maryam dengan pohon kurma tersebut. Itulah contoh untuk makan diakhirat.

Baca juga artikel terkait:

Cara Menggunakan Ilmu Al-Hikmah, Ayat ke -1 Bagian Ke – 1

(3). Melihat Surga Di Dunia

Di contohkan oleh Nabi Muhammad S.A.W. Apa yang ada didepan dan dibelakang kelihatan oleh Rasulullah dan ini contoh cara melihat disurga.

Maka saya (Almarhum K.H.Iskandar HMS ) menghimbau khusus kepada seluruh anggota Al-Hikmah, umumnya kepada seluruh muslimin muslimat untuk tidak meragukan bahwa akhirat itu ada dan setiap kejadian di dunia itu adalah contoh untuk di akhirat.

Berhubung contoh faedah ilmu Al-Hikmah, seluruh kenikmatan dan seluruh musibah itu hanya 1%nya saja yang diturunkan kedunia. Maka sisianya yang 99% yang akan kita rasakan nantinya di akhirat baik nikmat maupun musibahnya.

( By Al-hikmah Cabang Gintung).

Comments are closed.