Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

132

Kab.Tangerang – Bunga telang sering disebut juga sebagai butterfly pea merupakan bunga dengan ciri khas dengan kelopak tunggal berwarna biru. Manfaat bunga telang, Tanaman ini sering dikenal sebagai tumbuhan merambat yang ditemukan di pekarangan atau tepi persawahan. Dilihat dari bijinya yang serupa dengan kacang hijau.

Potensi farmakologi bunga telang antara lain adalah sebagai antioksidan, anti bakteri, anti inflamasi dan analgesik, antiparasit dan antisida, antidiabetes, antikanker,antihistamin, imunomodulator, dan potensi berperan dalam sistem saraf pusat, Central Nervous System (CNS). Pada zaman dahulu kala, bunga ini dipakai sebagai tetes mata, baik pada bayi ataupun orang dewasa.

Saat ditemui media ini kedua warga tersebut salah satunya adalah Bpk Rt. Mamun dan Saudara Sairi/ili Kampung Kosambi Rt 17/05 Desa Kosambi,Kec, Sukadiri, Kabupatena Tangerang. Mengatakan, “Minuman Teh ini berasal dari kembang telang yang kami campur dengan jahe 1 jari ujung kelingking, gula putih sedikit, daun pandang 1 jari jempol,dan berikunya di tambahkan garam sedikit saja. (Minggu 9 Januari 2022)

Rasa aromah khas bunga telang ini, serta bermanfaat untuk tubuh kita,dan bisa di jadikan minum ketika sedang cuaca panas bisa di tambahkan batu es yang bikin seger, dan ketika cuaca hujan bisa dibuat teh.

Lebih lanjut, manfaat bunga telang untuk kesehatan dapat disimak melalui pembahasan sebagai berikut :

Bunga telang dapat dibuat dengan cara seduhan bunga telang kering atau segar dalam air panas atau dingin. Teh ini dapat dinikmati.

Jika menggunakan bunga telang yang segar, caranya yakni tuangkan air panas kedalam cangkir atau gelas. Setelah itu,masukan bungan telang lalu biarkan sekita 15 sampai 17 menit.

Kemudian warna air sudah menjadi kebiruan. Maka saring air tersebut. Anda sambil duduk santai,dan sambil menikmati khas minuman bunga telang yang bermanfaat. Teguk saat masih hangat untuk rasa yang jauh lebih nikmat.

Nah untuk bunga telang yang kering. Caranya sama dengan menyeduh teh. Masukan bunga telang kedalam air panas,tunggu hingga air berubah warna. Setela itu baru saring.

Menurut,”Rt Mamun bunga teleng ini airnya bisa untuk masak nasi liwet. Dengan cara pertama beras dicuci dengan bersih sebelum dimasak masukan air bunga teleng dalam tempat nasi tersebut, aduk sampai rata. Masukan daging atau ikan yang sudah dikasih bumbu,dan jangan lupa kasih daun pandan 1 lembar. Setelah matang jadi nasi biru liwet. Silahkan untuk di coba biar tidak penasaran.”Ucap Rt.

Sairi/ili berpendapat lain,menurutnya
Kalau saya sering ditanya sama teman- teman kerja,kata.teman kenapa si ili ente kelihatannya fit aja,emang minum jamu apa,”Jawab sairi/ili dengan nada santai, pola makan kita harus sehat,dan saya tiga hari sekali minum jamu herbal. Bunga teleng 7 dicampur dengan jahe ,daun pandan sedikit ditambah garam. “Ucapt Ili.

Menkonsumsi herbal bunga telang dan campuran jahe,daun pandan,dan garam.Kami dalam satu minggu itu hanya 2 kali”tutup keduanya.

Baca juga: Benalu Kelor Memiliki Segudang Khasiat

Dikutip dari WebDkatadata.co.id,
Penulis: Dwi Latifatul Fajri
15/10/2021, 13.50 WIB
WebTelisik.id,Penulis :Ahmad Sadar
Sabtu, 20 Maret 2021 / 10:26 pm

Bunga telang secara ilmiah dikenal sebagai Clitoria ternatea dan memiliki warna biru cerah yang khas. Tanaman ini memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah di Indonesia. Dalimartha dalam “Atlas Tumbuhan Obat Indonesia” menyebutkan, bunga telang dikenal sebagai bunga biru atau bunga kelentit di daerah Sumatera.

Namun di jawa bunga teleng disebut dengan nama kebang teleng atau menteleng. Sedangkan Sulawesi menyebutnya bunga talang atau bunga temen raleng,dan Maluku menyebutnya dengan bisi.

Manfaat Bunga Telang Zaman Dulu Sudah Terkenal Khasiatnya

Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan.
Di Indonesia,jawa, betawi,khasiat bunga telang digunakan untuk membuat jernih mata bayi. Dari jurnal “Tinjauan Manfaat Bunga Telang (Clitoria Ternatea L) Bagi Kesehatan Manusia” tahun 1950-an tanaman telang sudah dipakai untuk penelitian ilmiah.

Beberapa penelitian menemukan bunga telang dipakai sebagai obat diuretik alami. Berikut manfaat bunga telang untuk.

1. Menjaga kesehatan jantung

Bunga telang mengandung antioksidan yang tidak hanya melindungi tubuh dari infeksi tetapi juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Studi dalam “Pharmaceutical Biology” telah meneliti manfaat teh bunga telang dalam menurunkan kadar kolesterol tinggi-faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Teh bunga telang terbukti melindungi terhadap penyakit jantung dengan membatasi hiperlipidemia, yaitu konsentrasi lipid atau lemak yang abnormal dan tinggi dalam darah. Konsumsi teh bunga telang juga dapat mengatasi sejumlah penyakit jantung termasuk penyumbatan, pembekuan darah, dan serangan jantung.

2. Meningkatkan Hati

Suasana hati dapat ditingkatkan dengan bunga telang. Konsumsi bunga telang memiliki efek penghilang stres yang juga dapat membantu mengurangi gejala kecemasan.

Hal ini juga dikenal untuk menyegarkan otak, meningkatkan tingkat energi dan stamina, mempengaruhi emosi positif sehingga meningkatkan produktivitas. Teh bunga telang juga merupakan penghilang stres yang dapat mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Teh herbal bunga telang ini tidak mengandung kafein dan khasiatnya dapat menghasilkan produksi dopamin yang dapat mengurangi stres dan kecemasan,sehingga membuat tidur lebih nyenyak. Jika menderita insomnia,mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk melakukan rutin dengan minum teh bunga telang.

3. Membantu Meredakan Asma

Bunga telang terbukti memiliki efek untuk membantu meredakan asma menurut penelitian dalam “Journal of Ethnopharmacology” tahun 2011. SIfat anti-inflamasi dalam bunga telang bekerja dengan mengurangi peradangan, pembengkakan, dan produksi lendir di saluran udara penderita asma.

Akibatnya, peradangan di saluran berkurang dan cenderung tidak bereaksi sehingga asma dapat dihindari. Mengonsumsi bunga telang memungkinkan penderita asma agar memiliki kontrol yang lebih baik atas kondisi mereka.

4. Menyehatkan Mata

Anda memiliki masalah kesehatan pada mata? Jika ya, mungkin Anda dapat memepertimbangkan untuk mengonsumsi bunga olahan telang, yakni dalam bentuk teh. Ini karena bunga telang mengandung antioksidan yang disebut proanthocyanidin. Senyawa ini berkhasiat mengalirkan darah ke darah kapiler mata, membantu pengobatan glaukoma, penglihatan kabur, kerusakan retina, atau mata lelah.

5. Menyehatkan Memory Otak

Penelitian tentang khasiat bunga telang telah menunjukkan efek untuk meningkatkan ingatan, dengan spektrum luas manfaat neurologik (antidepresi, anxiolytic , antipiretik). Sedangkan penelitian lainnya secara in vivo, mempersembahkan bunga telang secara lisan menunjukkan peningkatan fungsi kolinergik, karena senyawa aktif utama (asetilkolin) yang mampu meningkatkan memori. Meskipun begitu, khasiatnya terhadap kesehatan otak masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

6. Menjaga Kesehatan Rambut

Tidak semua orang terlahir dengan rambut yang kuat dan berwarna hitam pekat. Namun, semua orang bisa mendapatkan kondisi rambut tersebut dengan mengoleskan ramuan bunga telang ke rambut.

Untuk merasakan manfaat bunga telang ini, tumbuklah beberapa bunga telang hingga halus, lalu balurkan di kulit kepala dan rambutmu. Diamkan beberapa saat sebelum membilasnya dengan air sampai bersih.

7. Mencegah Penuaan Dini

Tubuh pada dasarnya menyerap dan memetabolisme banyak oksigen, yang mengoksidasi sel dan melimpahkan sesuatu yang disebut radikal bebas di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, radikal bebas dapat menyebabkan penyakit dan meningkatkan efek penuaan. Efek berbahaya tersebut dapat menyebabkan produk olahan bunga telang yang sarat dengan kandungan antioksidan. Senyawa ini sebagai penangkal radikal bebas yang memperlambat penuaan, memperlambat kerutan di kulit.

8. Dapat Mencerahkan Kulit

Salah satu manfaat bunga telang ungu dari antioksidan untuk kulit adalah untuk mencerahkan. Perlu diketahui bahwa radikal bebas dan paparan sinar matahari sering memicu perubahan dalam produksi melanin kulit sehingga warna kulit tidak merata.

Antioksidan ini dapat membantu mencegah pigmentasi kulit yang tidak normal. Beberapa antioksidan, seperti vitamin C, juga berfungsi sebagai penghambat tirosinase (enzim yang merangsang produksi melanin).

9. Mengurangi Kemerahan Pada Kulit

Kemerahan pada kulit bisa disebabkan oleh beberapa hal, dari mulai iritasi, jerawat, ataupun karena kulit kering. Mengoleskan krim atau masker yang mengandung bunga telang dapat membantu mengurangi kemerahan karena jerawat yang meradang, mengatasi kulit kering dan iritasi secara umum.

Selain itu, khasiat bunga telang yang paling diminati yakni mengatasi kulit kusam. Masalah ini ternyata dapat diatasi menggunakan bunga telang. Selain mudah dan murah, perawatan kulit kusam menggunakan bunga telang juga lebih aman karena langsung menggunakan bahan dari alam.

10. Membuat Masker Bunga Telang untuk Wajah Glowing

Anda bisa merasakan khasiat bunga telang untuk mencerahkan kulit wajah melalui masker. Jika dilakukan secara rutin, kulit wajah akan tampak lebih bercahaya.

Bagian telang yang bisa Anda gunakan sebagai masker adalah bunga.

Masker bunga telang sangat mudah dibuat. Penasaran? Berikut cara mudah membuat masker telang untuk wajah glowing.

Cara praktis membuat masker telang yakni cukup siapkan beberapa helai bunga telang yang masih segar. Kemudian cuci bersih. Pastikan tidak ada ulat yang menempel pada bunga.

Jika sudah benar-benar bersih, haluskan bunga telang.Anda bisa menghaluskan dengan cara ditumbuk. Pastikan alat penumbuk juga bersih.

Jika sudah, maka tinggal oleskan pada wajah. Cara mudah membuat masker telang untuk kulit glowing ini dapat Anda aplikasikan sendiri di rumah. Agar hasilnya maksimal, lakukan secara rutin dan imbangi dengan menggunakan skincare yang cocok untuk jenis dan permasalahan kulit.

11. Meringankan Depresi

Dalam sebuah studi, para peneliti mengekstrak 25 senyawa phytocomp, dari ekstrak etanol dari bunga telang.

Di antara beberapa senyawa yang ditemukan, ada asam linolenat dan asam palmitat, yang dipercaya bisa mengatasi gangguan depresi.

Perlu diketahui, asam linolenat adalah asam lemak omega-3 esensial, yang bisa mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Asam linolenat juga memiliki sifat neuroprotektif (melindungi sistem saraf pusat dari kerusakan).

Asam palmitat adalah senyawa yang mirip dengan asam linolenat. Hanya saja, asam palmitat memiliki sifat antioksidan, yang juga terbukti, memiliki sifat antidepresan.

12. Memiliki Potensi Antikanker

Bunga telang juga berpotensi sebagai antikanker karena memiliki flavonoid dengan kandungan kaempferol yang memiliki potensi tersebut. Publikasi dalam “International Journal of Pharmacognosy and Phytochemical Research” menguji bunga telang dan kandungannya.

Hasilnya, sel kanker bisa mati hingga 63,8 persen karena kandungan flavonoid dalam bunga telang, seperti kaempferol, delphinin dan quercetin.

13. Mengatasi Diabetes

Ekstrak bunga telang diuji dalam “Journal of Applied Pharmaceutical Science” dan hasilnya menunjukkan aktivitas anti-diabetes karena secara signifikan menurunkan kadar glukosa serum.

Dari hasil penelitian ini, bunga telang membuat sel-sel penghasil insulin berfungsi dan terjadi stimulasi pelepasan insulin sehingga dapat mengatasi diabetes.

14. Mengatasi Sakit Telinga

Khasiat selanjutnya dari bunga telang adalah untuk mengatasi sakit telinga. Untuk penggunaannya juga cukup mudah yakni dengan mengoleskan ekstrak dari bunga telang yang sudah dicampur dengan garam pada telinga. lakukan secara teratur hingga sakit telinga yang bisa disembuhkan.

15. Hipertensi Dan Membantu Menurunkan Berat Badan

Bunga telang juga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional untuk meningkatkan kencing dan mengurangi masalah darah sehingga baik untuk menurunkan tekanan darah dan menurunkan berat badan.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam “International Journal of Obesity and Related Metabolic Disorders” menunjukkan manfaat bunga telang dapat mencegah serta membantu melawan obesitas dan penyakit hati berlemak.

Teh bunga telang mengandung katekin yang berperan penting dalam membakar lemak perut dan membantu menurunkan berat badan. Minum teh ini adalah cara yang efektif untuk meningkatkan metabolisme sehingga membuat tubuh membakar lebih banyak kalori

16. Menurunkan Demam

Dalam bunga telang juga memiliki sifat anti piretik yakni menurunkan demam dengan cara memperbesar pembuluh darah di bawah lapisan kulit. Dengan peningkatan aliran darah, maka demam akan lebih cepat diturunkan.

17. Dapat Meradakan Sakit Kepala

Sebagai pengganti obat kepala komersil, Anda bisa menggunakan bunga telang ini sebagai obat alami untuk mengatasi sakit kepala yang sudah terbukti khasiatnya.

18. Obat Cacing Alami

Bunga telang mengandung Antelmintik. Senyawa ini bekerja untuk mengeluarkan cacing pada sistem pencernaan. Dalam jurnal “Kembang Telang (Clitoria ternatea L.): Pemanfaatan dan Bioaktivitas” infeksi cacing di Indonesia sangat tinggi berkisar antara 45% sampai 80%.

Clitoria ternatea masuk dalam tumbuhan yang berpotensi mengobati penyakit cacing. Kandungan tinggi Antelmintik bisa mematikan cacing sangat singkat. Senyawa ini bisa ditemukan di bagian akar, batang, daun, dan bunga telang.

Dilansir dari Webhalodoc,WebMD,
dr. Fadhli Rizal Makarim : 06 Oktober 2021.

Manfaat Daun Pandan Bagi Kesehatan

penelitian ilmiah secara lebih mendalam masih diperlukan untuk khasiat pandan. Namun, beberapa manfaat kesehatan potensial dari kandungan nutrisi daun pandan telah ditemukan berdasarkan penelitian awal, antara lain:

1. Meredakan Nyeri Sendi Dan Arthritis

Beberapa obat tradisional menggunakan pandan sebagai salah satu bahannya. Sebab, pandan berperan penting dalam menghilangkan rasa sakit, terutama radang sendi dan nyeri sendi. Selain itu, para peneliti menemukan bahwa minyak dari ekstrak pandan kaya akan fitokimia. Zat tersebut dikenal dapat meredakan gejala radang sendi.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Beberapa studi mendukung klaim bahwa daun pandan bermanfaat untuk organ jantung. Alasannya, daun pandan adalah sumber karotenoid yang sangat baik. Perlu diketahui bahwa karotenoid adalah salah satu jenis antioksidan. Karotenoid juga dikenal akan manfaatnya dalam mengurangi risiko pengembangan aterosklerosis, yaitu penyempitan arteri jantung karena penumpukan plak.

3. Obat Kulit Alami

Pada sebagian besar negara di kawasan Asia Tenggara, daun pandan kerap dikeringkan dan dihancurkan sebagai ekstrak. Nantinya, ekstrak tersebut akan digunakan sebagai pengobatan topikal yang banyak manfaatnya untuk kulit. Misalnya seperti mengobati luka bakar ringan, kulit terbakar matahari, hingga masalah kulit lainnya.

Penelitian awal terkait hal tersebut menunjukkan bahwa asam tanat dalam pandan dapat mendinginkan luka bakar ringan dengan cepat. Namun, penelitian lebih lanjut tentunya masih diperlukan.

4. Mengendalikan Kadar Gula Darah

Konsumsi pandan dapat membantu seseorang mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Beberapa penelitian awal menunjukkan bahwa orang yang minum teh pandan setelah makan, memiliki kadar gula darah lebih rendah dibanding yang tidak. Meski begitu, penelitian lebih mendalam secara ilmiah terkait manfaat pandan yang satu ini, tentu masih dibutuhkan.

Nah, itulah cara mengolah daun pandan dengan cara yang sederhana, beserta manfaatnya bagi kesehatan. Namun, penelitian lebih dalam terkait manfaatnya tentu masih perlu dilakukan, meskipun pada penelitian awal menunjukkan hasil positif. Maka dari itu, menerapkan pola hidup sehat dan rutin memeriksakan kesehatan adalah kunci menjaga kesehatan yang utama.

Author: A Iwan Dahlani

Comments are closed.