Resmi Dibuka, Ketahui Cara Daftar KIP Kuliah

153

Cara daftar KIP kuliah sangatlah mudah. Jadwal pendaftaran KIP untuk tahun 2022 sudah resmi dibuka oleh Kemendikbudristek. Lalu bagaimana cara untuk melakukan pendaftaran KIP kuliah?

Panduan Cara Daftar KIP Kuliah Tanpa Ribet

Cara mendaftar KIP kuliah memang mudah, namun juga membutuhkan beberapa berkas atau dokumen untuk melakukan pendaftaran. Maka dari itu, sebelum melakukan pendaftaran KIP, lengkapi syarat-syaratnya terlebih dahulu.

KIP kuliah sendiri merupakan program bantuan untuk mahasiswa berprestasi dan mahasiswa dari keluarga yang kurang mampu agar bisa melanjutkan ke pendidikan jenjang tinggi secara gratis. KIP kuliah sudah dibuka pada tanggal 2 Februari 2022 lalu dan ditutup 31 Oktober 2022.

Jadi, langsung saja pahami cara melakukan pendaftaran untuk mempunyai akun KIP kuliah tahun 2022 sampai mengisi data-data yang terdapat di dalamnya secara rinci.

Baca juga: Cara Terbaru Daftar PKH Lewat Online 2022 di Aplikasi Cek Bansos

Berikut cara daftar KIP kuliah yang mudah:

1. Langkah pertama, masuk ke laman kip-kuliah.kemindibud.go.id atau melalui KIP kuliah
2. Setelah berhasil masuk, lalu mengisi nomor NIK, NISN, NPSN, dan alamat email.
3. Setelah mengisi NIK, NISN,NPSN, dan alamat email, maka harus melakukan validasi.
4. Kemudian sistem KIP kuliah nantinya mengirimkan nomor pendaftarannya serta kode akses ke alamat email. Nomor pendaftaran dan kode akses ini untuk menyelesaikan proses pendaftaran KIP kuliah. Lalu memilih proses seleksi yang telah diikuti mulai dari SNMPTN/ SBMPTN/SNMPTN/ Mandiri.
5. Selanjutnya menyelesaikan proses pendaftaran sesuai dengan seleksi yang masuk pilihan siswa.
6. Bagi calon penerima KIP kuliah yang telah dinyatakan diterima di Perguruan Tinggi,maka perlu melakukan verifikasi selanjutnya di Perguruan Tinggi sebelum diusulkan jadi calon mahasiswa yang menerima KIP kuliah.

Cara daftar KIP kuliah di atas mudah bukan? Namun juga harus didasari dengan berbagai syarat dan berkas lengkap. Tanpa syarat dan berkas yang dibutuhkan, tentu saja tak bisa lolos. Banyak sekali calon mahasiswa dan mahasiswi membuat KIP kuliah ini, terutama sebagai mahasiswa yang kurang mampu. Adanya KIP kuliah bermanfaat bagi para mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan.

Terimakasih
Semoga bermanfaat

Comments are closed.