Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan

74

Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan – Manfaat kesehatan dari Minyak Zaitun sangat banyak, dan penelitian terus mengungkapkan bahwa masih banyak lagi. Mari kita pelajari lebih lanjut tentang minyak nabati ini, manfaat kesehatannya, dan cara menggunakannya.

Jenis-Jenis Minyak Zaitun

Setidaknya ada 4 jenis minyak zaitun yang sering digunakan. Anda perlu mengetahui apa perbedaan antara keempat jenis minyak ini sebelum Anda mulai menggunakannya untuk manfaat kesehatannya.

Minyak Zaitun Extra Virgin

Juga disebut Extra Virgin Olive Oil (EVOO untuk jangka pendek), ini adalah kualitas tertinggi dan jenis minyak zaitun yang paling mahal. EVOO tidak melalui proses pemurnian apapun dan memiliki tingkat keasaman paling rendah dibandingkan dengan jenis minyak zaitun lainnya. Basis EVOO memiliki warna hijau-emas dan akan memberikan rasa yang berbeda pada makanan Anda.

Minyak Zaitun Virgin

Disebut juga Virgin Olive Oil (VOO), ini adalah jenis minyak zaitun terbaik kedua setelah EVOO. VOO dapat digunakan untuk menumis sayuran dan juga untuk membuat kue.

Minyak Zaitun Sulingan

Minyak Zaitun Sulingan juga dikenal sebagai Refined Olive Oil (ROO. Namun jika dibandingkan dengan EVOO atau VOO, minyak zaitun olahan lebih rendah dari segi vitamin, nutrisi, dan rasa. Minyak zaitun ini tidak memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi penting dari VOO, sehingga tidak akan terasa pahit. Namun, minyak zaitun olahan dapat digunakan untuk memasak dan menggoreng.

Minyak Zaitun Murni

Juga disebut Minyak Zaitun Murni (POO), ini adalah kombinasi dari EVOO dan ROO. Tidak disarankan untuk keperluan memasak, karena minyak zaitun ini akan berbau tidak sedap saat dipanaskan.

Berbagai Manfaat Minyak Zaitun

Selain digunakan untuk keperluan memasak, ada berbagai manfaat obat yang dimiliki minyak ini.

Mengurangi Gangguan Jantung

Minyak zaitun mengandung sekitar 70 persen asam lemak tak jenuh. Oleh karena itu, minyak ini dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah sekaligus mengurangi masalah jantung. Minyak zaitun mengurangi kadar kolesterol LDL jahat, dan pada saat yang sama meningkatkan kadar kolesterol HDL baik.

Membantu Mencegah atau Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi lemak tak jenuh ganda atau tak jenuh tunggal memiliki manfaat positif untuk sensitivitas insulin dan dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Menjaga Berat Badan Ideal

Menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti minyak biasa akan membantu program diet Anda. Bahkan berbagai penelitian menunjukkan bahwa penggunaan minyak zaitun dalam jumlah banyak sepertinya tidak membuat berat badan bertambah.

Membantu Mencegah Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit neurodegeneratif. Salah satu pemicu utamanya adalah penumpukan plak beta amiloid di sel otak.

Memiliki Anti-Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit mematikan. Banyak peneliti percaya bahwa hal ini disebabkan oleh manfaat minyak zaitun sebagai anti kanker. Banyak penelitian lain juga menunjukkan bahwa senyawa dalam minyak zaitun juga membantu melawan sel kanker.

Baca juga: Manfaat Bunga Telang Untuk Kesehatan Tubuh

Memiliki Anti-Bakteri

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi. Termasuk bakteri Helicobacter pylori yang hidup di lambung dan bisa menyebabkan sakit maag dan kanker lambung.

Membantu Mengobati Artritis Rematoid

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan deformitas dan nyeri pada persendian. Diperkirakan penyebabnya ada hubungannya dengan sistem kekebalan yang secara keliru menyerang sel-sel sehat. Minyak zaitun dapat membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada persendian.

Meningkatkan Kesehatan Kulit

Diet tinggi lemak sehat dapat membantu menghilangkan efek berbahaya pada kulit dari paparan racun, radikal bebas, sinar UV, dan makanan yang menyebabkan peradangan atau alergi makanan.

Sebagai sumber vitamin E dan antioksi dan lainnya yang baik, minyak zaitun juga dapat membantu menghidrasi kulit, mempercepat penyembuhan luka, dan membantu mengobati infeksi atau ketidak seimbangan hormon yang memicu jerawat, eksim, dan masalah kulit lainnya.

Demikian ulasan artikel yang kami buat tentang manfaat Minyak Zaitun untuk menjaga kesehatan, semoga bermanfaat dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com

Comments are closed.