Cara Merawat Kesehatan Mata Dengan Baik Dan Benar

233

Cara Merawat Kesehatan Mata Dengan Baik Dan Benar – Seringkali sebagian orang melupakan pentingnya menjaga kesehatan mata. Padahal, kebiasaan sehari-hari seperti menatap layar gadget, hingga hobi membaca dalam gelap dapat membahayakan kesehatan mata. Jika dibiarkan terus, bukan tidak mungkin jika seiring waktu penglihatan Anda akan berkurang. Oleh karena itu, simak cara sederhana di bawah ini untuk menjaga kemampuan melihat dan menjaga kesehatan mata Anda.

Merawat Kesehatan Mata tidak harus dengan cara yang mahal dan rumit. Sebagian besar tips di bawah ini bahkan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Berikut berbagai cara mudah yang bisa Anda coba mulai sekarang agar mata Anda selalu sehat dan terjaga:

Cara Merawat Kesehatan Mata

Mengonsumsi Makanan Bergizi
Cara termudah untuk menjaga kesehatan pada mata Anda adalah dengan makan makanan yang sehat untuk mata. Isi piring Anda setiap hari dengan sumber makanan dengan tinggi asam lemak omega-3, seng, vitamin A, vitamin C, vitamin E, hingga karotenoid. Karotenoid termasuk dalam keluarga antioksidan yang tidak hanya baik untuk mata, tetapi juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari penyakit.

Seluruh asupan nutrisi tersebut dapat Anda penuhi dari makanan yang menyehatkan mata, seperti wortel, jeruk, sayuran berdaun hijau (bayam, sawi, brokoli, lobak), kacang-kacangan, telur, ikan berlemak (salmon, tuna, sarden) , dan seterusnya. Menjaga pola makan juga bermanfaat supaya terhindar dari risiko obesitas dan penyakit seperti diabetes tipe 2 yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan pada orang dewasa.

Hindari Asap Rokok
Tahukah Anda bahwa asap rokok tidak hanya berbahaya untuk kesehatan paru-paru dan jantung, tetapi juga berdampak buruk pada mata? Ya, tidak banyak yang menyadari bahwa merokok juga bias menyebabkan masalah pada mata. Jika Anda tidak segera menghindari rokok, apalagi jika sudah terkena salah satu kondisi di atas, kemungkinan gangguan mata dapat berakhir dengan kebutaan.

Karena itu, hentikan merokok sesegera mungkin untuk menjaga kesehatan mata, terutama jika Anda masih berumur muda. Jika Anda bukan perokok aktif, Anda tetap harus menghindari paparan asap rokok dari orang-orang di sekitar Anda. Menjadi perokok pasif atau perokok pasif bisa sama berbahayanya dengan perokok aktif.

Kenakan Kacamata Hitam Di Luar Ruangan
Bukan hanya kulit yang perlu Anda rawat pada saat berada di tempat terbuka, mata Anda juga. Namun, tentu saja ini dilakukan dengan cara yang berbeda. Saat cuaca panas atau bahkan sedang sedikit mendung, sebaiknya pakai kacamata hitam untuk melindungi mata dari paparan sinar UV matahari.

Kacamata yang dilengkapi lensa anti radiasi dapat membantu melindungi mata Anda. Paparan radiasi UV yang berlebihan meningkatkan risiko katarak dan degenerasi makula. Oleh karena itu, pilihlah kacamata yang dapat menghalangi sinar UVA dan UVB hingga 99 persen.

Pastikan lensa bisa melindungi mata Anda secara keseluruhan dengan memilih lensa yang menutupi mata Anda dari depan dan samping. Kacamata hitam berkualitas baik dapat mengurangi silau saat mengemudi sehingga tidak melukai mata Anda. Jika Anda memakai lensa kontak, pilih juga lensa yang dilengkapi dengan perlindungan UV. Atau, Anda bisa tetap menggunakan kacamata hitam untuk perlindungan tambahan.

Baca juga: Buah Pandan Laut Memiliki Sejumlah Khasiat

Memakai Kacamata Saat Berenang
Masih banyak orang yang mungkin meremehkan pentingnya memakai sebuah kacamata renang untuk menjaga kesehatan mata. Padahal, dengan penggunaan yang tepat, kacamata renang berguna untuk menghindarkan Anda dari risiko iritasi dan alergi akibat paparan berbagai bakteri dan bahan kimia di dalam air.

Selain itu, memakai kacamata renang juga dapat membantu Anda melihat dan lebih waspada terhadap lingkungan sekitar saat berada di dalam air. Selain itu, kacamata renang juga akan menjadi penahan benda asing supaya tidak melukai mata Anda.

Demikian ulasan tentang Cara Merawat Kesehatan Mata Dengan Baik Dan Benar jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com

Comments are closed.