Beasiswa Kaltim Tuntas, Khusus Jenjang Pendidikan Tinggi

91

 

Kaltim- Jurnallbhlpkpkn.com – Beasiswa Kaltim Tuntas (BKT) merupakan program khusus dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur. Kemudian beasiswa ini ditunjukkan untuk peserta didik dari daerah Kalimantan Timur. Dimana jenis beasiswa ini hanya untuk jenjang pendidikan tinggi.

Jenis Beasiswa Kaltim Tuntas

Salah satu keterlibatan nyata dari pemerintah provinsi Kalimantan Timur adalah di bidang pendidikan dengan memberikan Beasiswa kepada mahasiswa asal Kaltim. Mereka yang mendapatkan adalah yang menjalani masa studi jenjang Diploma I hingga IV dan Sarjana S1, S2, serta S3.

Pemerintah memberikan beasiswa dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi akademik serta memberikan kesempatan kepada pemuda Kaltim untuk belajar. Kemudian Beasiswa ini terbagi menjadi 3 kategori.

1. Beasiswa Umum

Jenis beasiswa ini terbagi menjadi 2 jalur, yakni mahasiswa dengan prestasi akademik dan non akademik.

2. Beasiswa Khusus

Kategori beasiswa yang masuk kategori khusus antara lain untuk pendaftar yang kurang mampu, berkebutuhan khusus, berasal dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), dan anak/cucu veteran. Kemudian anak korban KDRT penghafal kitab suci Al-Qur’an 30 juz, dan kategori lain berdasarkan pertimbangan khusus.

3. Beasiswa Kerjasama

Untuk seleksi jenis beasiswa Kaltim Tuntas kerjasama dilakukan oleh perguruan tinggi yang bekerjasama dengan pemerintah Provinsi Kaltim.

Persyaratan

Syarat untuk mendaftar beasiswa adalah warga asli Kaltim , IPK terendah 3,00, dan memiliki aplikasi WhatsApp. Selain itu harus menjalani studi di perguruan tinggi akreditasi minimal B juga jurusan dengan akreditasi minimal B.

Setelah memiliki akun beasiswa ini, selanjutnya pindai transkrip nilai, halaman depan buku rekening bank atas nama pendaftar, dan surat pernyataan tidak menerima beasiswa lain. Lampiran dokumen lainnya berupa bukti pembayaran SPP 1 semester terakhir serta dokumen tambahan seperti piagam, sertifikat, SKTM, dan lain-lain.

Beasiswa memberikan kemudahan dan keringanan kepada mahasiswa asal Kalimantan Timur. Kemudian akan sangat membantu mahasiswa asal Kalimantan Timur memperoleh uang tunjangan selama melaksanakan proses belajar di perguruan tinggi. Jangan khawatir bila tidak lolos seleksi beasiswa ini, sebab pemerintah Indonesia masih menyediakan berbagai program beasiswa lainnya.

Tim/Red

Comments are closed.