Benalu Kelor Memiliki Segudang Khasiat

308

Benalu kelor sudah tak asing, kita sering mendengar ucapan bagaikan benalu. Kali ini penjelasan tentang benalu. Apa itu benalu, benalu adalah tanaman parasit yang tumbuh dengan cara menumpang pada tanaman lain,dan menyerap nutrisi pada inangnya. Sehingga benalu dianggap sebagai tanaman pengganggu.

Benalu bisa hidup pada tanaman apa saja.Begitulah identik benalu sebagai tanan parasit.Memang sering orang bilang kata-kata benalu,Namun di balik benalu yang menyebalkan. Ternyata tanaman ini memiliki segudang khasiat.

Jangan remehkan manfaat tanaman Benalu, khasiat tanaman benalu dapat dipakai sebagai obat yang luar biasa.

Benalu Segudang Khasiat

Meski tanaman ini termasuk tanaman yang merugikan tanaman lain, benalu juga memiliki sejumlah khasiat, karena kandungan yang ada pada tanaman ini baik untuk tubuh manusia, terngantung juga pada tanaman yang ditumpangnya. Contohnya benalu yang tumbuh pada tanaman teh dan kopi banyak dicari karena kandungan kimia yang baik seperti kofein, tanin, dan juga minyak asiri. Sementara benalu yang menempel pada tanaman kopi dapat mengandung kofein, dekstrin, potein, asam, denim, fosfat.

Benalu Menumpang Tanaman 

Benalu yang menumpang pada tanaman kelor memang jarang ditemukan. Namun, ketika Anda temukan, dapat gunakan benalu untuk berbagai obat herbal yang luar biasa.

Benalu kelor memiliki kandungan senyawa kimia aktif yang dapat berfungsi untuk melawan perkembangan sel kanker yang menyerang tubuh. Terdapat kandungan senyawa flavonoid, alkaloid, terpenoid, tannin dan ekstrak methanol. Beberapa jenis kandungan senyawa inilah yang dapat digunakan sebagai obat anti kanker, seperti flavonoid.

Baca juga: Manfaat Bunga Teleng Untuk Kesehatan Tubuh

Sejumlah Khasiat

Tanaman benalu yang terdapat pada pohon kelor berkhasiat untuk sejumlah penyakit yang diiantaranya sebagai berikut :

Amandel, liver, tumor atau sejenis daging yang tumbuh pada kulit, kanker, kanker usus, kanker rahim atau ovarium, kanker payudara, reumatik, batu ginjal, diabetes, tekanan darah tinggi, dan juga obat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Itulah beberapa manfaat dan khasiat dari benalu kelor.

Selain benalunya, pohon kelor sendiri, yakni terutama pada daunnya, yang diyakini memiliki manfaat spiritual. Konon tradisi masyarakat dulu, bahwa daun kelor kerap dijadikan syarat untuk mengusir makhluk halus, jin maupun setan yang merasuki seseorang. Termasuk juga dipercaya mampu melunturkan atau menghilangkan pengaruh susuk Ilmu guna-guna pelet.

Cara Membuat Godogan Benalu

Daun benalu kelor sebanyak 3 lembar, lalu rebus dengan air 300 ml hingga menjadi 200 ml.

Minuman air rebusan godogan benalu kelor, agar terasa khasiatnya. Lakukan secara rutin dengan meminum saat waktu pagi dan malam hari.

 

Terimakasih.
Silahkan share jika dirasa bermanfaat
Author : A. Iwan Dahlani

Comments are closed.