Jangan Anggap Remeh Tanaman Liar Ini, Bunga Kitolod Bermanfaat untuk Pengobatan Mata

90

 

Tangerang – Jurnallbhlpkpkn.com – Banyak tanaman liar di lingkungan sekitar yang sering dianggap sebagai gulma namun ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satu tanaman liar ini adalah kitolod. Bunga kitolod mudah ditemui.

Bunga kitolod

Bunga kitolod atau Bunga daun katarak merupakan salah satu jenis tumbuhan yang cukup mudah ditemukan karena tumbuh liar di tempat-tempat lembab, terkadang sering tumbuh di halaman rumah sekitar, bantaran sungai, persawahan atau di sekitar danau.

Tanaman kitolod memiliki daun berwarna hijau yang panjang dengan gerigi di setiap sisinya. Sementara bunga kitolod mempunyai warna putih dengan tangkai memanjang.

Menurut warga Desa sukasari yang tidak mau disebutkan namanya, bahawa bunga Kitolod telah digunakan oleh masyarakat dulu secara turun temurun sebagai bagian dari pengobatan.

Ini dipercaya dapat menyembuhkan mata merah dan gatal karena iritasi dan penyebab gangguan mata yang lainnya.” katanya.

Manfaat bunga kitolod bagi kesehatan dapat membantu mengobati katarak. Penyakit katarak merupakan gangguan mata yang membutuhkan pembedahan medis untuk menyembuhkan atau menghilangkannya. Namun ternyata bunga kitolod juga bermanfaat untuk membantu penyembuhan penyakit katarak.

Caranya cukup dengan ambil selembar daun kitolod, patahkan tulang daun, peras untuk mengeluarkan airnya. Kemudian campurkan airnya dengan 5 sendok makan air bersih. Oleskan atau teteskan ke mata yang mengalami katarak.

Caranya lainnya yaitu dengan mengambil kuntum bunga sampai ke pangkal tangkai bunga. Setelah itu rendam tangaki bunga pada air bersih selama beberapa menit.

Baca juga: 9 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

Kemudian gunakan air dari ujung tangkai bunga sebagai tetes mata sebanyak 2–3 tetes. Biasanya mata akan merasakan pedih pada beberapa detik awal. Ulangi pengobatan ini sebanyak 3 kali sehari untuk mengatasi masalah mata iritasi.

Dikarenakan belum adanya penelitian yang secara jelas menerangkan manfaat bunga kitolog untuk obat mata. Sebaiknya Anda tidak sembarangan menggunakannya. Pastikan Anda berkosultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk memastikan cocok Anda gunakan sebagai obat alternatif.

Demikianlah penjelesan menengenai tentang bunga kitolog sebagai tanaman obat. Meskipun banyak sekali tanaman obat-obatan yang berasal dari alam, tetapi Anda harus pandai memilih jenis jenis tanaman yang akan digunakan sebagai obat. Selain itu, Anda harus menggunakannya dengan cara yang tepat agar terhindar dari efek sampingnya.

Jika dirasa ini bermanfaat silahkan bagikan, dan saran kami alangkah baiknya Anda konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

Comments are closed.