Cara Mudah Bikin Media Online Gratis Berbasis Blogspot

207

 

Cara mudah bikin media online gratis berbasis Blogspot berikut ini dapat dengan mudah untuk Anda terapkan secara langsung. Blog sendiri merupakan sebuah website atau jurnal online yang memuat berbagai informasi atau konten seperti artikel, foto, video yang dikelola oleh seorang blogger atau beberapa penulis sekaligus.

Topik yang ditampilkan juga beragam mulai dari kesehatan, kuliner, lifestyle, teknologi, finance dan lain sebagainya. Menurut Sebuah survei, sekitar 77% pengguna internet membaca blog, maka tak heran jika terdapat ratusan juta blog yang aktif di seluruh dunia.

Cara Mudah Bikin Media Online Gratis

Blog dapat dimiliki oleh perorangan, bisnis, perusahaan maupun lembaga. Sifatnya dinamis yang kontennya perlu ditambah dan diupdate secara berkala agar blognya semakin sukses. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dengan website, misalnya yaitu sebagai sarana publikasi, sebagai portofolio online, sarana branding bahkan dapat digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa.

Karena banyaknya manfaat ini, maka banyak orang yang akhirnya ingin membuat blog sendiri. Nah, bagi Anda yang tertarik dengan blog dan ingin membuatnya tetapi tidak tahu caranya, berikut ini adalah cara mudah bikin media online gratis blog yang dapat Anda terapkan.

1. Kunjungi Blogger


Buka www.blogger.com atau www.blogspot.com. Anda juga dapat langsung membuka halaman depan blogger di address bar browser internet Anda atau klik Blogger Homepage. Kemudian akan muncul gambar berikut ini, lalu klik menu “Buat Blog”.

2. Mengisi Kolom


Setelah klik “Buat Blog” akan muncul beberapa kolom yang perlu Anda isi.

Isilah kolom yang tersedia dengan benar.

Name diisi nama depan dan nama belakang Anda.

Choose your username diisi dengan nama username Anda.

Create a password diisi dengan kata sandi. Pastikan Anda tidak melupakan kata sandi tersebut, hal ini karena kata sandi dan username tersebut akan digunakan untuk login ke blog Anda.

Confirm password diisi kata sandi yang telah Anda isi sebelumnya.

Birthday diisi tanggal, bulan dan tahun Anda lahir.

Gender diisi jenis kelamin Anda, male untuk laki-laki dan female untuk perempuan.

Mobile Phone diisi dengan nomor handphone Anda.

Your Current Email Addres diisi email yang akan menjadi email cadangan jika sewaktu-waktu Anda lupa username dan password.

Ketikkan angka yang tertera di kolom untuk verifikasi bahwa Anda bukan robot. Kemudian klik “I Agree…”

3. Klik “Next Step”


Setelah Anda klik “I Agree…” kemudian Anda dapat klik “Next Step” untuk melanjutkan membuat blog. Setelah itu, akan muncul tampilan bertuliskan “Welcome…” dan tulisan “Your Email Address is…” Dengan ini artinya Anda sudah memiliki email, akun google dan username serta password untuk login ke blogger. Setelah itu, klik “Back to Blogger” yang berada dalam kotak warna biru.

4. Konfirmasi Profil


Cara mudah bikin media online gratis selanjutnya yaitu setelah klik “Back to Blogger” akan muncul halaman baru bertuliskan “Selamat Datang di Blogger” kemudian pilih “Profil Blogger” untuk pemula kemudian klik “Buat Profil Blogger Terbatas”. Akan muncul halaman Konfirmasikan Profil Anda.

Pada kolom “Nama Panggilan” isilah dengan nama Anda, kemudian klik tombol “Lanjutkan ke Blogger” yang berada di bagian paling bawah.

5. Klik “New Blog”


Setelah Anda klik “Lanjutkan ke Blogger” Akan muncul tampilan berupa Dashboard Blogger. Klik “New Blog” atau “Blog Baru”

6. Isi Title

Setelah klik “New Blog” maka Anda sudah memasuki wilayah blogging. Isilah kolom “title” dengan nama blog Anda. Kemudian pada kolom “address” isilah dengan nama alamat blognya.

Nantinya blogger akan mengecek ketersediaannya, kalau tidak ada maka sudah digunakan oleh orang lain sehingga Anda harus membuatnya lagi dengan mengganti nama atau menambahkan huruf atau angka. Kalau ada berarti Anda dapat menggunakannya. Kemudian pilih template yang Anda inginkan. Jika sudah lalu klik “Creat Blog” yang berada di bagian bawah.

7. Selesai

Baca juga: Pahami Pengertian Google AdSense Untuk Mengembangkan Bisnis

Cara mudah bikin media online gratis sudah selesai, blog Anda pun sudah jadi. Untuk mengecek tampilan blog baru Anda, klik tombol “View Blog”. Setelah ini Anda dapat mulai mengelola blog dengan mengunggah artikel-artikel baru secara rutin.

Dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com./ dan dirasa bermanfaat cara mudah bikin media online gratis silahkan bagikan.

Author: A.Iwan Dahlani

Comments are closed.