Cara Membuat Asinan Sawi Sederhana Bisa Manjain Lidah

141

Sawi atau kuacay merupakan salah satu sayuran hijau yang sehat dan segar. Sayuran ini sangat digemari banyak masyarakat. Cara Membuat Asinan Sawi Sederhana Bisa Manjain Lidah. Namun biasanya, sawi dimasak sayur bening dan tumisan.

Tetapi kali ini, jika ingin mencicipi sayur sawi hijau yang berbeda, Anda bisa membuat. Cara Membuat asinan sawi sederhana bisa manjain Lidah. Mengonsumsi sawi terutama sawi asin memiliki manfaat lain.

Cara membuat cukup terbilang sangat sederhana, mudah dan simple banget. Bahan-bahannya juga terjangkau kalian dapatkan di berbagai pasar tradisional atau gerai penjual aneka sayur. Hidangan ini sebenarnya cocok disantap saat siang hari dengan cita rasanya yang begitu segar.

Asinan ini biasanya dikombinasikan dengan kuah asam,manis,dan pedas. Hidangan cocok disantap kapanpun dengan resep asinan yang praktis dan menggugah selera.

Biasanya asinan ini dibuat saat acara pernikahan pesta, konon arti dari itu menandakan berumah tangga, ada pahit, ada asin, dan juga manis.

Baca Juga: 7 Ide bisnis menu makanan

Asinan ini terbuat dari sawi hijau yang telah difermentasi. Sebelum difermantasi, ada 3 (tiga) cara

1. Pencucian

Bersihkan sawi dengan cara mencucinya dibawah air mengalir terutama dibagian sela-sela batang dan tangkai daunnya. Setelah bersih dari kotoran angkat dan tiriskan.

2. Pelayuan

Proses pelayuan sawi pahit bisa dengan dua macam cara. Cara pertama dengan cara dijemur atau diangin-anginkan. Cara kedua dengan cara blanching. Cara yang kedua ini dilakukan dengan digilas agar menjadi lemas, kemudian sawi difermentasikan. Proses ini dilakukan untuk melemaskan agar proses perendaman lebih maksimal dan peresapan bumbu akan lebih baik.

3. Perendaman

Cara merendam dalam larutan gula, garam, cuka dan air. Perbandingannya untuk 500 gram sawi pahit adalah 750 ml air, 200 gram gula pasir, 2-3 sendok makan garam dan 100, bisa tambakan air cuka sedikit. Pastikan terendam dalam larutan tersebut. Jika kurang anda harus membuat larutan tersebut kembali.

Hasil rasa dengan perbandingan di atas akan terasa sedikit lebih nikmat. Jika menginginkan rasa yang lebih asin atau asam garam atau cuka dapat anda tambahkan.

Gunakan kuali atau wadah dari plastik atau kaca yang tertutup rapat untuk menyimpannya. Jangan menggunakan wadah atau tempat yang terbuat dari logam untuk menghindari kontak langsung dengan cuka supaya rasa dan tampilannya tidak berubah. Simpan dalam selama 3 sampai 5 hari sudah bagus, dan dapat disimpan dalam kulkas.

Terimakasih
Semoga bermanfaat

Comments are closed.