Cara Membuat Terong Goreng Crispy yang Lezat

65

 

Terong goreng crispy adalah salah satu sayur yang kerap diolah menjadi masakan sederhana nan lezat. Sayuran ini terdiri dari beragam jenis. Ada terong ungu, belanda, putih, telunjuk maupun bulat. Menu yang satu ini mudah sekali ditemukan, di pasar tradisional hingga swalayan.memiliki tekstur daging lembut dengan rasa khas.

Memiliki tekstur daging lembut ini rupanya memiliki banyak jenis. Seperti terong ungu, belanda, putih, telunjuk maupun bulat. Umumnya terong ungu banyak ditemukan dan digemari masyarakat untuk diolah.

Tanaman ini memiliki warna bunga mulai dari putih hingga ungu, dengan batang tanaman yang memiliki duri. Tanaman ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi sekitar 40 cm hingga 150 cm.

Terong ungu diketahui memiliki kandungan vitamin K, mineral, kalsium, dan bioflavonoid. Kandungan-kandungan dalam terong ungu tersebut diketahui bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti mengatasi sembelit, mencegah diabetes, menjaga tulang, mencegah anemia, dan masih banyak lagi.

Umumnya terong ungu panjang banyak ditemukan dan digemari masyarakat untuk diolah. Seperti sayur lode, semur kecap, terong sambal pedas, dan banyak beragam olahan.

Biasanya terong ungu dimasak dengan cara digoreng atau ditumis. Padahal sebenarnya terong bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Selain lezat, terong juga memiliki gizi dan manfaat besar untuk kesehatan. Di antaranya bagus untuk penderita diabetes, bagus untuk otak, dan dapat membantu menyuburkan rambut.

Baca juga: Resep Es Buah Segar Menu Favorit Saat Berbuka Puasa

Beruntungnya, kita sebagai masyarakat Indonesia, karena tanaman yang bisa tumbuh subur di iklim tropis negeri ini, termasuk juga terong ungu. Iklim dan kondisi lingkungan Indonesia yang mendukung, membuat kita bisa menanam terong ungu ini dengan mudah.

Jika Anda yang ingin berkreasi mengolah terong ungu ala rumahan, gampang banget caranya. Terlebih harga terong ungu juga terjangkau. Cara olahan terong ungu ala rumahan, enak, sederhana, dan praktis berikut.

Lalu Bagaimana cara membuat Terong Goreng Crispy yang Lezat dan Gurih

Nah, dari pada penasaran dengan cara membuatnya, berikut resep yang bisa Anda coba.

Bahan-bahan :

1. 2 dua terong ungu
2. 5 lima sendok makan tepung terigu
3. 1 Sendok makan tepung maizena
4. 1/4 Sendok teh lada bubuk
5. 1/4 Sendok teh ketumbar bubuk/               secukupnya
6. 1/2 Sendok teh bawang putih  halus           bubuk
7. 1 Sendok teh garam/secukupnya
8. 1/2 Sendok teh penyedap rasa/                   secukupnya

Langkah Pembuatan

Potong terong ungu menjadi 3 atau 4 bagian. Kemudian iris bagian atas terong dengan melintang, namun jangan sampai putus bagian bawahnya hingga membentuk bunga mekar.

Lalu rendam terong dalam air supaya getahnya menghilang.

Kemudian campurkan semua bahan bumbu. Bagi hingga menjadi dua bagian. Satu untuk adonan tepung basah dan satunya untuk kering.

Balurkan terong ke adonan basah, kemudian balurkan ke adonan kering. Pastikan semua permukaan terong terbalur dengan tepung basah dan kering.

Goreng dalam minyak panas dan api sedang. Angkat dan tiriskan.

Mudah bukan cara membuatnya.
Terong merupakan hidangan sederhana namun memiliki kelezatan yang tiada tara. Rasanya yang lembut di dalam dan renyah di luar membuat terong goreng tepung ini disukai oleh semua kalangan. Sajikan menu ini di rumah untuk temani makan siang ataupun malam bersama keluarga.

Terimakasih
Silahkan share artikel ini jika dirasa berguna ya!
Author : A. Iwan Dahlani

Comments are closed.