Perjuangan Seorang Ayah Mencari Nafkah Demi Keluarga

251

 

Seorang ayah pasti akan mencurahkan segenap kasih sayang untuk buah hatinya. Perjuangan seorang ayah begitu besar, sehingga kita sebagai anak harus senantiasa menghormati dan menyayanginya. Terlebih lagi ada beberapa sosok ayah yang rela untuk berjuang demi anak dan keluarganya hingga mengabaikan kepentingan diri sendiri.

Tidak hanya ibu saja, seorang anak juga butuh dekat dengan sang ayah. Pasalnya baik dengan ayah atau ibu, tentu saja sangat berpengaruh pada tumbuh kembang mereka. Jadi, alangkah lebih baiknya jika orang tua bisa saling bekerja sama untuk menemani dan mendidik buah hati hingga tumbuh dewasa.

Kisah Memilukan Perjuangan Seorang Ayah

Ayah selama ini identik sebagai anggota keluarga yang mencari nafkah dan kita dapat memetik banyak pelajaran dari situ. Ayah mempunyai kewajiban mencukupi kebutuhan anak dan istrinya. Namun ternyata lebih dari itu, perjuangan ayah juga berperan penting bagi keutuhan sebuah keluarga. Perjuangannya sangat besar, ia bekerja keras untuk menghidupi keluarga yang merupakan suatu pengabdian luar biasa.

Kisah perjuangan seorang ayah yang rela menjadi pedagang keliling demi tanggung jawab memenuhi kebutuhan anak dan keluarganya. Ayah sama sekali tidak pernah menghiraukan rasa lelah di kala berdiri di bawah terik matahari. Bahkan, meskipun hujan mengguyur sangat deras tetap ia lawan demi mencari nafkah untuk menghidupi keluarga.

Kala itu hujan semakin deras, terlihat sosok ayah berteduh di pinggir jalan. Meskipun berteduh, namun air hujan tetap menghampirinya dan merembes dari atap tempat berteduh. Tampak gerobak sayur berwarna coklat di depannya dilapisi plastik dan terguyur hujan.

Melihat perjuangan ayah seperti itu untuk menghidupi keluarga sangat mengiris hati. Betapa besar perjuangan seorang ayah. Ya Allah, limpahkan rezeki kepada ayah. Ia terus melirik ke gerobak dagangan, kedua telapak tangannya disatukan sambil digosok-gosokkan seperti orang kedinginan. Tampak bajunya lusuh, celana hitamnya mulai basah hingga topi yang dikenakan.

Baca juga: Titip Salam untuk Ibuku yang Selalu Kurindu di Surganya

 

Roda Kehidupan Terus Berputar

Pasti yang ada di benak kita ketika melihat seorang ayah adalah seorang yang pekerja keras. Demi keluarga hidup nyaman, ayah akan melakukan segala cara. Bahkan, ia rela untuk menerjang panas hujan dan bersusah payah asalkan anak dan keluarganya tetap bahagia serta tercukupi.

Contoh kerja keras dari seorang ayah tersebut memberikan gambaran jika tidak ada keberhasilan yang dapat kita capai tanpa adanya kerja keras, dari ayah kita belajar keberhasilah takkan pernah mengkhianati hasil. Meskipun keringat bercucuran namun pelukan anak sepulang dari kerja menjadi obat penghilang rasa lelah yang paling ampuh.

Siapa saja pasti tidak dapat menyangka, setelah dia menjadi seorang ayah pasti yang menjadi prioritas akan berubah. Banyak hal yang rela ia lakukan demi membahagiakan keluarga, bahkan mengorbankan mimpi demi anak. Sosok seorang ayah membuat siapa saja tersadar jika roda kehidupan terus berputar. Maka dari itu, harus diimbangi dengan prioritas hidup yang berubah.

Tidak hanya terkait perjuangan seorang ayah dalam hal mencari nafkah saja. Namun ayah juga menjadi pengayom dan berkewajiban memberikan kasih sayang untuk keluarga.

Terimakasih.
Artikel ini hanya mengingatkan kita kepada orangtua tercinta
Author: A Iwan Dahlani

Comments are closed.