Cara Menjaga Kesehatan Telinga

268

Cara Menjaga Kesehatan Telinga – adalah salah satu organ tubuh yang paling penting. Dengan telinga, kita bisa mendengar apapun dengan jelas dan bersih. Oleh karena itu, kita harus selalu menjaga kesehatan telinga agar tidak mengalami masalah. Sebab, perlu Anda ketahui bahwa kesalahan pendengaran sekecil apa pun bisa berdampak pada kesehatan lainnya. Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga agar tidak mudah terkena infeksi beberapa lain.

1.Gunakan Earphone Dengan Volume Rendah

Menurut WHO, ada sekitar 1,1 miliar remaja dan orang dewasa yang mengalami gangguan pendengaran menggunakan earphone akibat penggunaan penutup telinga pada tingkat volume tinggi setiap hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika memang memiliki hobi atau mengharuskan Anda menggunakan earbud.

Untuk beberapa waktu mengikuti aturan yang di tentukan yaitu aturan 60/60 yaitu mendengarkan dengan headphone dengan volume tidak lebih dari 60% dan tidak menggunakannya selama lebih dari 60 menit sehari.

2.Hati-hati dalam membersihkan telinga

Membersihkan telinga adalah suatu keharusan. Biasanya untuk membersihkan telinga, dengan menggunakan cotton buds untuk menarik kotoran. Namun, saat menggunakan cotton buds, usahakan jangan terlalu dalam saat membersihkan telinga.

Hal ini sangat berisiko karna bisa merusak organ sensitif seperti gendang telinga. Jika Anda merasakan kotoran di telinga, Anda bisa menggunakan obat tetes telinga untuk mengencerkan kotoran sehingga bisa keluar dengan sendirinya.

3.Hindari Mendengar Suara Keras

Sering kita jumpai orang yang sedang berbicara keras, mendengar suara keras yang menghasilkan suara bising hingga telinga kita akan sakit. Karena ini terjadi di tempat umum, Anda tidak dapat mencegahnya tetapi menghindari area kebisingan. Perlu Anda ketahui bahwa jika mendengar suara yang keras, maka gendang telinga bisa berisiko mengalami gangguan.

Perlu Anda ketahui bahwa tingkat kebisingan dapat diukur dalam satuan desibel (dB). Hindari suara apa pun yang Anda dengar pada tingkat di atas 85 dB, karena dapat membahayakan kesehatan telinga Anda terutama jika Anda mendengarkannya terlalu lama. Berikut ini adalah beberapa tolok ukur kebisingan yang akan sering Anda dengar di tempat umum:

Berkomunikasi secara real time: 60 db
Lalu lintas jalan: 70-85 db
Mendengarkan lagu dengan penyumbat telinga: 100-110 db
Pesawat lepas landas: 120 db

4. Bersihkan Telinga Setelah Bermain Air

Saat kita bermain air baik itu sambil berenang atau mandi dengan pancuran, tentunya akan ada air yang masuk ke telinga. Perlu Anda ketahui bahwa jika ada genangan air di telinga maka Anda bisa berisiko mengalami gangguan pendengaran. Ada baiknya, setelah selesai bermain air, pastikan Anda mengeluarkan semua air yang masuk ke telinga untuk menghindari risiko iritasi pada telinga.

5. Rutin Lakukan Perawatan Telinga

Telinga merupakan organ penting dalam tubuh kita yang harus selalu kita jaga kesehatannya. Selain kesehatan mata dan kulit, telinga juga perlu dirawat. Jika Anda merasakan sesuatu di telinga Anda yang mengganggu, Anda bisa segera berkonsultasi dengan dokter yang bersangkutan. agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, segera periksakan kondisi kesehatan telinga yang sedang bermasalah.

Baca juga: Kebiasaan Sederhana Jaga Kesehatan Lambung Kita Sehari-Hari

6. Batasi penggunaan earphone

Tanpa disadari, mendengarkan musik menggunakan earphone dengan volume keras menyebabkan gangguan pada organ pendengaran. Kebisingan yang terdengar selama lebih dari 1 jam setiap hari bahkan dapat menyebabkan kerusakan permanen.

7.Menggunakan obat tetes telinga

Obat tetes telinga ini bisa membantu menghilangkan kotoran telinga atau cairan kuning di telinga Anda agar keluar dengan sendirinya. Cara kerjanya sangat cepat, cukup diteteskan 2-3 tetes di telinga. Lalu, diamkan beberapa saat hingga benar-benar masuk ke liang telinga hingga nantinya kotoran telinga bisa keluar dengan sendirinya tanpa harus menggunakan cotton bud.

Sekian tentang Cara Menjaga Kesehatan Telinga semoga bermanfaat, dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com Terimakasih

Comments are closed.