Menuai Kritik, Warga Protes Proyek Jalan Hotmix di Desa Cinangka

79

Bogor, Jurnallbhlpkpkncom – Proyek peningkatan jalan lingkungan Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, menuai protes dari masyarakat setempat. Pasalnya, menilai proyek jalan hotmix senilai Rp.200 juta itu disinyalir tipis dan asal jadi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tim Awak Media, pembangunan jalan hotmix Panjang : 555 M x L : 2,5 M x T : 0,03 M itu dikerjakan oleh TPK Desa Cinangka. Dimana, peningkatan jalan lingkungan itu memiliki tiga centimer. Namun, masyarakat meyakini pembangunan jalan itu hanya memiliki dua centimer.

Pekerjaan Hotmix yang sudah selesai pada beberapa hari yang lalu, yang berada di antara Kampung Lembur Letik, Rt. 005 Rw. 001 – Kampung Sawah, Rt. 006 Rw. 007 Desa Cinangka, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor.

“Salah satu warga setempat yang enggan menyebutkan nama nya mengatakan pembangunan jalan hotmix didaerahnya itu dinilai tidak memuaskan karena terlalu tipis. Bahkan, hasil pembangunan jalan itu terkesan asal jadi. Sehingga jalan kembali rusak” Ujar warga disekitar

“Tidak semua jalan hotmix yang dibangun itu memiliki tiga centimer. Saya rasa ketebalannya kebanyakan sekitar dua centimer. ,” kata dia, Selasa, (4/01/2022).

Lelaki yang pernah bekerja sebagai buruh pembangunan jalan itu mengaku, hasil pengaspalan yang terlalu tipis juga terlihat pada badan jalan yang bergelombang serta miring. “Selain badan jalan yang bergelombang. Dibeberapa titik badan jalan juga terlihat miring karena lapisan aspal hotmix-nya tidak rata,” kata dia.

Baca juga: Miris Bukan Hanya Tak Pasang Papan Informasi Pekerjaan Paving Block Di Desa Wliliwis

“Sementara itu, Kepala Desa mengaku pembangunan jalan hotmix tersebut telah dilaksanakan sesuai dan
menjelaskan kepada Awak Media dan beralasan bahwa pekerjaan Hotmix telah di selesaikan beberapa hari yang lalu, pada saat pekerjaannya Cuma karena faktor cuaca. Sehingga Rusak kembali pada waktu hujan turun.” Ucap Oman Kepala Desa Cinangka

Sementara yang saya ketahui Penyebab kerusakan aspal sering banyak jalan yang cepat sekali rusak. Dalam hal ini adalah kualitas bahan aspal yang tidak sesuai dengan syarat dan spesifikasi. Salah satu nya :

1. Kadar aspal tidak sesuai Job Mix Formula
2. Suhu penghamparan aspal di lapangan tidak sesuai spesifikasi
3. LPA dan LPB belum keras tetap dipaksakan dilakukan pengaspalan
4. Aggregat aspal di atas tanah timbunan yang belum padat
5. Jumlah passing pemadatan kurang
6. Komposisi abu batu

Dalam hal ini kami Awak Media mewakili warga Desa Cinangka Agar Segera di Sikapi Permasalahan tersebut.

(Tim)

Comments are closed.