Tips Agar Smartphone Android Terhindar Dari Virus Dan Malware

108

Tips Agar Smartphone Android Terhindar Dari Virus Dan Malware – Menurut penelitian menunjukkan bahwa malware atau virus menargetkan Smartphone Android lebih dari iOS karena terbuka untuk pengguna yang lebih luas dan lebih banyak. Android merupakan platform terbuka yang digunakan oleh ratusan produsen ponsel di seluruh dunia.

Ini memberi pengembang kebebasan untuk mengotak-atik sistem file inti untuk membuatnya unik dan menawarkan fitur yang belum pernah dilihat sebelumnya. Menurut laporan MyBroadband, rata-rata tingkat keparahan kerentanan di Android adalah 7,3 sedangkan di iOS hanya 6,3 pada periode 2009 – 2018.

Meski sudah melakukan tindakan pencegahan, ternyata masih ada kemungkinan Android Anda terinfeksi malware di software tersebut. Jika Anda mulai khawatir dengan keamanan ponsel cerdas Anda, mungkin Anda perlu membaca dan mengikuti beberapa tips untuk mencegah, mendeteksi, dan menghapus malware di Android Anda. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Gunakan Aplikasi Resmi

Smartphone Android memiliki sistem yang terintegrasi dengan Google, sehingga memberikan kemudahan bagi penggunanya. Oleh karena itu, Google selalu memberikan rekomendasi aplikasi terbaik yang dapat Anda unduh melalui layanan Play Store.

Untuk aplikasi baru yang resmi dirilis pasti akan muncul ketika Anda mencarinya di pencarian Play Store. Sebelum mengunduh aplikasi, Anda juga harus memeriksa peringkat dan ulasan aplikasi terlebih dahulu. Jika memiliki peringkat dan jumlah unduhan yang rendah, Anda harus menghindari mengunduh aplikasi.

2. Jangan Unduh Aplikasi Dari Pihak Ketiga

Saat ini sudah banyak game mobile yang dirilis untuk smartphone Android. Namun biasanya game-game tersebut tidak dirilis secara bersamaan di semua negara dan hanya di beberapa negara saja. Maka untuk mengakalinya, banyak gamer yang mengunduhnya melalui aplikasi pihak ketiga untuk bisa memainkannya.

Padahal cara ini sangat berisiko dan bisa menyebabkan smartphone kamu terinfeksi virus atau malware. Cara terbaik untuk menjaga smartphone Anda aman dari virus dan malware adalah dengan mengunduh aplikasi pada layanan yang telah disediakan oleh Google, yaitu Play Store.

3. Jangan Asal Buka Tautan

Seringkali Anda mendapatkan pesan aneh yang dikirim oleh akun atau nomor misterius. Dimana pesan tersebut juga disisipkan dengan link yang menarik, sehingga anda penasaran untuk membukanya.

Sekarang mengklik tautan yang mencurigakan sering kali berakhir dengan mengunduh malware ke ponsel cerdas Anda tanpa menyadarinya. Jadi hindari mengklik tautan atau tautan yang mencurigakan.

4. Hindari Mengklik Iklan Saat Menjelajah Internet

Saat ini ada ratusan juta situs yang dapat diakses di internet. Anda dapat menemukan informasi apa pun di internet melalui situs-situs yang tersedia. Namun tidak semua situs berisi konten yang bagus, beberapa menganjurkan Anda untuk mengklik gambar iklan yang tertera di situs tersebut.

Hindari kebiasaan mengklik iklan tersebut agar terhindar dari malware atau virus, karena Anda tidak akan pernah tahu apakah iklan tersebut positif atau mengandung malware yang berbahaya.

5. Gunakan Keamanan Antivirus Resmi

Apakah Anda khawatir tentang data penting atau rekening bank yang macet di ponsel cerdas Anda menjadi santapan lezat malware? Nah untuk menjaga hal-hal penting tersebut, tentunya Anda membutuhkan antivirus atau proteksi agar selalu aman.

Mulai berlangganan atau beli antivirus resmi untuk melindungi ponsel cerdas Anda dari virus dan malware. Pindai ponsel cerdas Anda sesering mungkin untuk memastikan ponsel cerdas Anda bebas dari malware atau virus.

Baca juga: Pura Agung Besakih, Pura Terbesar dan Termegah Di Pulau Bali

6. Perbarui Sistem Operasi

Pastikan untuk memperbarui sistem operasi (OS) ponsel cerdas Anda segera setelah versi baru tersedia. Menggunakan OS yang ketinggalan jaman justru akan melemahkan sistem pertahanan smartphone Anda dan berisiko terkena serangan malware dan virus.

Demikian ulasan diatas tentang Tips Agar Smartphone Android Terhindar Dari Virus Dan Malware, dirasa bermanfaat silahkan bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com/

Comments are closed.