9 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui

115

9 Manfaat Minyak Zaitun Bagi kesehatan yang Jarang Diketahui – Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori , bakteri yang hidup di perut Anda dan dapat menyebabkan sakit maag dan kanker perut.

Sebuah penelitian pada manusia menunjukkan bahwa 30 gram minyak zaitun extra virgin, diminum setiap hari, dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10-40% orang hanya dalam waktu dua minggu.

Banyak Sekali Manfaatnya, Berikut 9 Manfaat Minyak Zaitun Bagi Kesehatan

1. Manfaat Untuk Jantung

Dalam darah kita diperlukan untuk jantung yang sehat dan dengan minyak zaitun, ini memungkinkan untuk menjaga pembuluh darah tetap elastis dan lentur untuk aliran darah yang baik.

Penyakit jantung adalah penyebab kematian paling umum di dunia. Studi observasional yang dilakukan beberapa dekade lalu menunjukkan bahwa penyakit jantung lebih jarang terjadi di negara-negara Mediterania. Hal ini menyebabkan penelitian ekstensif tentang diet Mediterania, yang kini telah terbukti Manfaat Minyak Zaitun Bagi kesehatan secara signifikan mengurangi risiko penyakit jantung.

Minyak zaitun extra virgin adalah salah satu bahan utama dalam diet ini, melindungi terhadap penyakit jantung dalam beberapa cara.

Ini menurunkan peradangan, melindungi kolesterol LDL “jahat” dari oksidasi, memperbaiki lapisan pembuluh darah Anda dan dapat membantu mencegah pembekuan darah yang berlebihan.

Menariknya, itu juga telah terbukti menurunkan tekanan darah, yang merupakan salah satu faktor risiko terkuat untuk penyakit jantung dan kematian dini. Dalam sebuah penelitian, minyak zaitun mengurangi kebutuhan akan obat tekanan darah hingga 48%.

Jika Anda memiliki penyakit jantung, riwayat keluarga penyakit jantung atau faktor risiko utama lainnya, Anda mungkin ingin memasukkan banyak minyak zaitun extra virgin ke dalam makanan Anda.

Orang dengan penyakit jantung lanjut yang mengonsumsi minyak zaitun mengurangi risiko kematian hingga hampir setengahnya. Ini karena minyak zaitun extra virgin (EVOO) tinggi antioksidan (Polifenol) dan membantu dinding arteri kita menyingkirkan penumpukan penyumbatan.

2. Membantu Pencernaan

Konsumsi minyak zaitun bermanfaat mengubah bakteri usus kita meningkatkan strain yang meningkatkan kesehatan usus dan otak dan meningkatkan kekebalan. Hal ini memungkinkan kita untuk mencerna dan menyerap nutrisi lebih baik serta menyembuhkan sindrom “usus bocor”. Minyak zaitun mendukung pembentukan peptida yang membantu pencernaan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa ia bahkan dapat membalikkan perlemakan hati dan sangat bermanfaat untuk memperbaiki fungsi hati. EVOO mengoreksi produksi asam lambung, menghilangkan keasaman dan menenangkan usus dan karena kita cenderung makan perlahan jika ada minyak zaitun, membutuhkan sedikit usaha dari pankreas. Ini juga membantu mengatur rasa ‘kenyang’ kita, yang berarti kita merasa kenyang lebih cepat setelah makan.

3. Pembalikan Penyakit Kronis

Minyak zaitun adalah salah satu dari banyak makanan fungsional yang mampu mengaktifkan dan juga menonaktifkan ekspresi gen. Jika Anda merokok, minum alkohol, makan makanan olahan yang mengandung bahan kimia antara lain, Anda mendorong ekspresi gen yang mengkode penyakit, yaitu, AKTIF.

Minyak zaitun mematikan banyak dari gen ini sehingga dengan mengkonsumsi, Anda dapat membantu memprogram tubuh Anda untuk tetap dalam keadaan sehat.

Diabetes dan bahkan kanker, dalam hubungannya dengan perubahan pola makan dan gaya hidup positif lainnya, dapat dibalik.

Dapat mencegah degenerasi makula terkait usia, penyebab kebutaan. Manfaat Minyak Zaitun Bagi kesehatan menurunkan peradangan kronis dalam tubuh melalui antioksidannya.

4. Mengurangi nyeri Saat Haid

Manfaat Minyak Zaitun Bagi kesehatan untuk wanita yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur telah melaporkan pengurangan intensitas kram menstruasi. Faktanya, ini dapat membantu hampir semua jenis rasa sakit termasuk radang sendi. oleocanthal adalah senyawa yang hanya ditemukan dalam minyak zaitun extra virgin (EVOO) paling murni yang berkontribusi pada manfaat ini.

5. Pencegahan dan pembalikan kondisi neurologis dan depresi

Konsumsi minyak zaitun secara teratur telah dikaitkan dengan risiko lebih rendah terkena penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan Parkinson karena umumnya menurunkan peradangan dan khususnya meningkatkan integritas sinaptik neuron dan jalurnya. Konsumsi secara teratur juga meningkatkan memori.

Baca juga: Manfaat Minyak Zaitun untuk Menjaga Kesehatan

6. Dapat Membantu Mencegah Stroke

Stroke disebabkan oleh gangguan aliran darah ke otak Anda, baik karena bekuan darah atau pendarahan.

Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua, tepat di belakang penyakit jantung.

Hubungan antara minyak zaitun dan risiko stroke telah dipelajari secara ekstensif.

Sebuah tinjauan besar penelitian pada 841.000 orang menemukan bahwa
manfaat minyak zaitun bagi kesehatan
adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

7. Dapat Mengurangi Risiko Diabetes Tipe 2

Minyak zaitun tampaknya sangat protektif terhadap diabetes tipe 2. Beberapa penelitian telah mengaitkan minyak zaitun dengan efek menguntungkan pada gula darah dan sensitivitas insulin.

Sebuah uji klinis acak pada 418 orang sehat baru-baru ini mengkonfirmasi efek perlindungan dari minyak zaitun.

Dalam studi ini, diet Mediterania yang kaya minyak zaitun mengurangi risiko diabetes tipe 2 lebih dari 40%.

8. Memiliki Sifat Anti-Peradangan Yang Kuat

Peradangan kronis dianggap sebagai pemicu utama penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, radang sendi, dan bahkan obesitas.

Minyak zaitun extra-virgin dapat mengurangi peradangan yang mungkin menjadi salah satu alasan utama manfaat kesehatannya.

Efek anti-inflamasi utama dimediasi oleh antioksidan. Kunci di antara mereka adalah oleocanthal, yang telah terbukti bekerja mirip dengan ibuprofen, obat anti-inflamasi. Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan

Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun extra virgin memiliki efek yang sama dengan 10% dosis ibuprofen dewasa.

Penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat, asam lemak utama dalam minyak zaitun, dapat mengurangi tingkat penanda inflamasi penting seperti protein.

Satu studi juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang mendorong peradangan.

9. Penggunaan untuk massage oil atau pijat urut

Minyak zaitun dapat digunakan pada tangan, rambut, dan sebagai bahan untuk massage oil atau pijat urut.

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan
pijatkan pada seluruh tubuh dapat menghilangkan rasa letih atau lelah, sakit atau pegal-pegal pada otot-otot tubuh Anda atau pada anak Anda.

Nilai minyak zaitun dalam pijat tinggi. Terutama pijat untuk menghilangkan rasa sakit. Minyak zaitun dicampur dengan garam adalah obat lama untuk nyeri sendi dan meningkatkan penampilan muda kulit.

Demikian ulasan tentang 9 manfaat minyak zaitun bagi kesehatan yang jarang diketahui, jika dirasa ini bermanfaat silahkan bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com

Comments are closed.