Festival Seni Budaya, Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) Reka Fashion Show 2022

76

Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN)

Cilegon Banten – Jurnallbhlpkpkn.com – Dalam rangka melestarikan seni budaya, Paguron Jalak Banten Nusantara (PJBN) menggelar Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 yang di ikuti oleh sekitar 160 peserta se-provinsi banten dan Provinsi lainnya , Pendaftaran GRATIS Hadiah Jutaan Rupiah Untuk Beberapa Kategori yang diselenggarakan di Ramayana Cilegon. Minggu, (25/12/2022).

Dalam acara tersebut dihadiri oleh, Pendiri PJBN Nusantara Abah KH TB Sangadiah MA. PJ Gubernur, Al Muktabar PJ Gubernur Banten, Wakil Walikota Cilegon, ,Sanuji Pentamarta, Ketua Harian PJBN, Hj. Ratu Ageng Rekawati, Panglima Komando, Raden Arya Banda Yuda, Dewan Pengawas DPP PJBN Ratu Anita Tristiawati Panglima DPP PJBN , Dewan Pembina Ir.H. Taruna Aji , Baong, Farel Austinbler bergelar Siluck Langit Pembina PJBN Kalimantan, Ketua – DPD PJBN serta segenap Padepokan keluarga besar PJBN Nusantara dan tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan ini, Ketua Pengurus Harian DPP PJBN, Hj Ratu Ageng Rekawati KD. SE., ME menyampaikan bahwa kegiatan acara ini merupakan salah satu ikhtiarnya dalam menjaga dan melestarikan seni budaya. Melihat Konsel Acara Saya Apresiasi Juga Buat Team Panitia Acara Dan Official Pjbn Yang Sudah Melaksanakan Ivent Ini Cuku baik Dan apik.

Pada kesempatan ini, Ketua Pengurus Harian DPP PJBN, Hj Ratu Ageng Rekawati KD. SE., ME menyampaikan bahwa kegiatan acara ini merupakan salah satu ikhtiarnya dalam menjaga dan melestarikan seni budaya.

“Diselenggarakannya acara ini bertujuan untuk memperkenalkan anak – anak kepada budaya, pakaian adat dan kesenian daerah, karena Indonesia akan ragam budaya dan banyak sekali kebudayaan – Kebudayaan yang hampir punah. jadi, gimana caranya kita menjaga eksistensi budaya agar tidak hilang dan tetap ada. dan anak – anak penerus generasi bangsa tidak teracuni dengan budaya – budaya asing,” kata Hj. Ratu Ageng Rekawati

Lanjut, Hj Ratu Ageng Rekawati berharap, generasi muda lebih mencintai budaya dan menjaga budayanya.

“Karena bangsa yang besar bangsa yang menjaga budayanya. budaya itu sebagai ikon bangsa, kalau budayanya hilang, hilanglah identitasnya,” ujarnya.

Baca juga: Pj Gubernur Al Muktabar: Inflasi Provinsi Banten Cukup Terkendali, Stok Pangan Tersedia

Dalam Rangkaian Acara Sambutannya PJ Gubernur Banten Nampak Menikmati Rangkaian Acara Demi Acara , Serta Memberikan Sambutan Budaya Yang begitu Semangat , Bisa terlihat Almuktabar Mengutarakan Dalam Sambutannya Bahwa ia kagum atas kegiatann Ini, Saya Melihat Antusias Masyarakat Masih Besar Tuk melihat Dan Mengedukasi agar Tidak di lupakan,

Kehadiran Saya Langsung Di sambut Oleh Atraksi seni debus Banten yang begitu memukau , ini lah jati diri Banten yang sebenarnya dan saya banyak diskusi dengan ketua harian DPP PJBN Prihal masukan masukannya terhadap banyak hal, Saya Sebagai PJ Gubernur harus Lebih Di Perhatikan Juga Pengiat Budaya yang menjadi Identitas Banten, Dan Saya Mengapresiasi Penghargaan Setinggi Tingginya Siapa Saja Yang Melestarikan Budaya Dan Pengembangannya Dan Menjaga Adat Tradisi Yang Ada Di Banten, Ujarnya

Di Tempat Yang Sama Wakil Walikota Cilegon Sanuji Pentamarta Juga Banyak Memuji Juga Mengapresiasi Apa Yang Di Adakan PJBN,

Lanjut, Sanuji Pentamarta berharap, PJBN bisa terus mengawal kebudayaan dan keragaman nusantara dari seninya, olahraga dan beladiri serta menyatukan berbagai suku. adanya festival tampilan berbagai pakaian suku adat nusantara di kota Cilegon itu bagus,” ungkapnya.

Sementara, Siluck Langit selaku pembina PJBN Kalimantan dan juga pelestari budaya di Kalimantan mengatakan, Dirinya melihat antusias para peserta sangat luar biasa mengikuti Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 tersebut.

“Antusias peserta luar biasa ada sekitar seratus peserta lebih yang ikut. kalau dilihat dari potensi di kota cilegon ini cukup bagus ya kalau saya lihat para peserta mereka berani datang jauh-jauh ke cilegon. berarti otomatiskan mereka mempunyai semangat dan antusias dengan Festival Seni Budaya Nusantara Reka Fashion Show 2022 yang di selenggarakan oleh PJBN,” ungkapnya.

“Kalau bicara PJBN disana (Kalimantan) kita sangat mendukung, karena di manapun kita berada apapun mereka apabila berkaitan dengan budaya itu kita sangat mendukung, karena PJBN ini salah satu lembaga bergerak dibidang budaya terus mengajak dari semua kalangan. itu yang membuat saya antusias untuk mendukung terus PJBN,” pungkasnya

Raden Arya : Kaget Melihat Antusias Peserta Festival Seni Budaya Reka Fashion Show 2022 Saat di mintai Keterangan Oleh Media ,

Panglima Komando, Raden Arya Banda Yudha tidak menyangka antusias peserta begitu banyak mengikuti acara Festival Seni Budaya Reka Fashion Show 2022. Yang di adakan di Mall Ramayana Cilegon. Minggu (25/12/2022).

” Saya tidak menyangka akan begini acara hari ini, yang mendaftar sama saya saja lebih dari 50 orang, jumlah Peserta 150 beragam Usia ini membuktikan bahwa minat peserta banyak sekali di Kota Cilegon ini.” Kata Pangko Arya saat di wawancara Media .

Menurut Pangko, ini akan menjadi wadah untuk mengembangkan bakat- bakat para peserta yang dari pagi hingga petang masih bersemangat. Terlihat Dari Costumnya begitu Mewah Mewah Elegan Dan Khas Nusantara Sangatlah Beragam ,

“Sekarang itu konsep kalau lihat hari ini, kita memang ferformnya budaya karena ini saya rasa cocok untuk di Cilegon dan juga untuk mengangkat nama PJBN DPD Cilegon juga, Bila Perlu di Kota Kota Lain ” ucapnya.

“Alhamdulillah, apresiasi pemerintah tadi juga bagus,sebenarnya harus sering diadakan karena tidak melanggar norma-norma juga karena di Cilegon ini saya lihat antusias para seniman dan sanggar – sanggar itu sangat luar biasa,

Terlihat Ada anak Dalam Suku Baduy Yaitu Saidan ( Jindan ) Membuka Stand Yang Di sediakan Penyelengara Membawa Semua Kerajinan Tangan , Accecoris , Serta Banyak Lagi Yang Di Pamerkan Di acara Tsb Banyak Pengunjung Yang Membelinya, Jindan Juga Menjadi Peserta Reka Fashion Show Untuk Menunjukan Bahwa Anak Dalam Suku Baduy Bisa, Berkembang dan Bersilaturahmi Untuk Mengenalkan Produknya .’ imbuhnya.

Sementara, Samsudin Yusuf yang akrab di panggil Abel, Ketua DPD PJBN kota Cilegon, mengatakan Sebagai tuan rumah kegiatan Festival Seni Budaya nusantara dirinya sangat mengapresiasi.

“Semoga kedepannya kegiatan-kegiatan seperti ini terus kita lakukan di manapun berada, terus kita kembangkan lagi seni budaya seperti pada hari ini.”

“Kami dari DPD Cilegon sangat mengapresiasi kekompakan PJBN untuk mengadakan acara festival Budaya Nusantara Reka fashion show 2002 di PJBN.

Saya akan mensinergikan antara PJBN dan Pemkot Cilegon, saling berkaitan selalu bersinergi. tapi dari bapak wakil walikota tadi juga sudah hadir, Beliau juga mengapresiasi semoga kedepannya kita bisa saling menjalin silaturahmi yang baik bersinergi untuk sama-sama mengangkat dan kearifan lokal serta mengangkat seni budaya khususnya yang ada di Banten,” pangkasnya.

(Maswi/Neng/Red)

Comments are closed.