Cara Mengatasi Error P10 Pada Printer Canon Pixma MP287

624

 

Kab.Tangerang, Jurnallbhlpkpkn.com -Printer Canon Pikma MP287 menjadi pilihan pertama saat memilih printer dengan kemampuan All In One yaitu print Scan Copy.Fitur Print yang sudah tidak diragukan lagi, dipadukan dengan kemampuan copy black dan color serta scan maksimal A4.
(Rabu 29/12 2021).

Printer Canon Pikma MP287 Error P10,
saat disambungkan/dicolokan dengan perangkat listrik tersambung pada komputer, namun pada saat printer dinyalakan diam saja,dan jelas terlihat P10, cartidge tidak bergerak kekanan ataupun kekiri.

Biasanya kalau printer canon error P10 itu banyak penyebabnya, diantaranya seperti lembab akibat air, jarang di pake,Karena kerusakan ini banyak sekali, kadang kalau sudah terkena power supply nya biasanya motherboard juga kena, dan dinamo, dampaknya bahkan sampai ke head printernya

Menurut hemat saya langkah pertama yang harus dilakukan direset terlebih dahulu.

Dengan langkah sebagai berikut :
Langkah Pertama :

1. Tekan tombol Stop/Reset
2. Tekan tombol power
3. Tekan secara bersamaan
4. Lepas tombol Stop/Reset
5. Tombol power jangan dilepas
6. Tekan stop/reset sebanyak 6 x, ke 6 ditahan,dan lalu lepas tombol reset dulu kemudian tombol power dilepas.

Bilamana langkah pertama belum berhasil,:

Maka lakukan dengan cara yang ke 2 (dua) :

Buka Printernya dan lihat Catridge apa bersih apa kotor, jika kotor bersihkan dengan tisu kering, dan lihat apakah ada yang nyangkut apa tidak, setelah catridge sudah dibersihkan dan tidak ada yang nyangkut, coba hidupkan kembali, apakah masih error P10, dan jika masih belum berhasil juga.

Maka lakukan langkah ke 3 (tiga): Dengan cara bongkar, Pelan- pelan bukanya.Jangan lupa siapkan alat alatnya : Seperti, obeng min, obeng plus, tempat baut, lap alus untuk membersihkan dari tinta, dan tissue kering untuk membersihkan catrigde, jangan lupa di sediakan.

Ke 1 (satu), buka baut yang ada di belakang, dan lalu buka pelan-pelan.

Ke 2 (dua), buka samping kanan, dan.lalu lihat mainboard seperti gambar dibawah ini.

Baca juga: Daihatsu Rocky Mobil Impian dengan Desain Stylish dan Fitur Terkini

 

Biasanya error P10 pada printer canon pikma MP287 dikarenakan ada salah satu komponen mainboard yang rusak. Cek Jalur antara Fuse (F) sampai Ke (IC), cek R301 dan R302 sampai ke IC cari bagian yang putus.

Biasanya yang rusak adalah Resistornya coba resistornya di cek R301 (R752) dan R302 pada bagian mainboard yang di kasih slotip hitam, bila terputus atau terbakar maka harus diganti resistornya.

O ya jangan asal ingin mengganti komponen yang disebutkan, tolong usahakan komponen nya harus sama ya,karena jika beda ukurannya kemungkinan akan gagal atau salah pasang / tidak cocok komponennya.
dan menimbulkan dampak lain seperti kode error lain seperti P22 / P20 / P06 / E05 / P07 / P00.

Ketika selesai pasang kembali turup,jangan lupa bautnya,dan jangan sampai sala pemasang kabel.

Mainboard harganya kisaran 250 ribu kurang lebih,dan agak sulit juga mencari barangnya.kalau masih bisa diservice mainboardnya kenapa tidak.

“Perna saya alami hal seprti ini,”
kerusakan yang paling sering terjadi pada mainboard dan lumayan rumit untuk memperbaikinya.

Printer Canon MP287 error P10 juga bisa terjadi karena adaptor printer sudah lemah, coba Ganti Power Supply Printer yang lain, bisa menggunakan power supply pada printer yang normal, cara ini berguna untuk untuk memastikan kerusakannya.

silakan mencoba ya, semoga beruntung. kalau ragu untuk bongkar sendiri atau kesulitan untuk memperbaikinya, “saran,”Percayakan pada ahlinya,bagi para teknisi jangan kawatir Mainboard yang rusak tersebut, masih bisa diperbaiki.

sekedar saran,: jika teman- teman ingin printer tetap awet, maka sebaiknya merawat dengan baik, salah satu tips nya adalah setelah selesai melakukan printing matikan dan cabut kabel colokan harus listrik.

Terimakasih
Semoga Bermanfaat.

Comments are closed.