Pelabuhan Ratu Sukabumi, Menarik Minat Wisatawan

106

 

Pantai pelabuhan Ratu Sukabumi, memiliki pesona yang dapat menarik minat wisatawan. Bagi Anda yang ingin liburan bersama keluarga tercinta ataupun dengan orang terdekat. Anda dapat mengunjungi pantai ini. Anda tentunya akan menikmati keindahan panorama, hamparan laut biru, pasir putih, dan angin yang sepoi-sepoi yang tentunya membuat liburan Anda sangat berkesan.

Pelabuhan Ratu itu nama kecamatan di kabupaten Sukabumi yang terletak pada wilayah provinsi Jawa Barat. Nah, nama tersebut juga dijadikan nama salah satu pantai yang terdapat di area tersebut.
Sukabumi merupakan wilayah yang terkenal memiliki bentang pantai yang sangat indah.

Pantai ini atau yang lebih familiar disebut Pantai Pelabuhan Ratu, merupakan kawasan wisata yang terletak sekitar 60 kilometer dari selatan Kota Sukabumi, Jawa Barat. Pantai ini berbatasan langsung dengan pesisir Samudera Hindia di selatan Jawa Barat. Sehingga bisa ditebak seindah apa pemandangan yang akan didapat wisatawan saat berkunjung ke pantai yang satu ini.

Keindahan inilah yang menarik banyak pengunjung dari kota besar untuk menikmati dan menghabiskan waktu untuk berliburan. Oleh karena itu, tak heran pantai di Sukabumi menjadi pilihan favorit bagi banyak orang.

Pelabuhan Ratu Tersohor Mempesona

Pantai Pelabuhan Ratu merupakan satu yang paling tersohor ke mana-mana. Ada perpaduan antara pantai yang landai dan tebing yang terjal. Udaranya tentu masih tergolong sejuk meski matahari terik. Sekitarnya masih penuh pepohonan hijau, dan air lautnya agak dingin. Karena sudah cukup dikenal wisatawan.

Selain itu, Pantai Pelabuhan Ratu juga telah dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap seperti tempat makan, dan area parkir yang luas. Anda juga dapat menaiki kuda saat menyusuri bibir pantai, yang tentunya akan menjadikan liburan Anda sangat berkesan. Keindahan pantai saat matahari terbenam juga sangatlah menakjubkan.

Selain mempesona, pantai ini pun sudah terkenal hingga mancanegara. Keindahan hamparan pasir semakin cantik dengan tebing karang yang ada beberapa bagian pantai.

Banyak aktivitas yang dapat Anda lakukan di Wisata Pantai Putih ini. Salah satu aktivitas paling seru dan menantang yaitu surfing atau berselancar. Spot selancar di pantai ini memiliki ombak yang cukup menantang hingga mencapai 4 meter. Tidak heran jika wisata ini sering digunakan untuk kompetisi surfing.

Keindahannya Tersimpan Kisah Mistis

Namun di balik keindahannya, tersimpan kisah mistis yang bikin merinding. Beberapa di antaranya sering dikaitkan dengan sosok Nyi Roro Kidul. Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa pantai yang dikenal angker di Pulau Jawa.

Kisah ini sudah dari dulu secara turun-temurun, hingga akhirnya menjadi sebuah mitos yang berkembang pada masyarakat luas.

Banyak masyarakat menghubungkan Laut Selatan Pulau Jawa dengan kisah mistis nan menyeramkan.

Menggunakan Pakaian Hijau

Pantangan Menggunakan Pakaian Hijau
Mitos misteri Pelabuhan Ratu yang satu ini tidak hanya terkenal di pantai-pantai selatan Pulau Jawa saja. Pantai Pelabuhan Ratu juga memiliki mitos serupa. Jika ingin terhindar dari musibah, pengunjung pantai harus mematuhi peraturan ini untuk tidak menggunakan pakaian hijau.

Konon, hijau adalah warna favorit bagi Nyi Roro Kidul sehingga sebagai “tamu” kita harus menghormatinya dengan tidak menggunakan pakaian dengan warna kesukaannya.

Terlepas dari benar atau tidaknya mitos mengenai pantangan memakai baju berwarna hijau, warna hijau memang tampak serupa dengan birunya air laut. Larangan untuk memakai pakaian hijau ini untuk berjaga-jaga jika ada yang tenggelam.

Larangan Pakaian Warna Hijau

Larangan berenang menggunakan pakaian berwarna hijau.Mitos ini yang umum diketahui banyak orang. Ada larangan saat berada di kawasan Pantai Selatan, yakni larangan mengenakan pakaian warna hijau.

Banyak wisatawan atau masyarkat setempat meyakini bila melanggar larangan memakai pakaian berwarna hijau, pasti akan terseret ombak pantai.

Oleh karenanya, warna hijau diyakini sebagai warna busana kebesaran Ratu Pantai Selatan, sehingga dia saja yang berhak memakainya di tempat itu.

Legenda Mitos Pintu Goib

Jika Anda mendengar nama Pelabuhan Ratu pasti akan langsung terbesit nama Ratu Nyai Roro Kidul yang dianggap sebagai penguasa gaib laut pantai selatan. Pelabuhan Ratu sejatinya adalah pantai yang cukup indah,dan ramai. Banyak wisatawan yang datang setiap hari, terutama pada saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Menurut legenda dan kepercayaan, Pantai Pelabuhan Ratu adalah salah satu gerbang gaib untuk menuju ke dimensi lain Nyai Roro Kidul, ratu penguasa pantai selatan. Nah, ada beberapa lokasi misteri yang layak Anda gali dan cari tahu pada saat Anda berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu Sukabumi.

Pintu Gaib di Tengah Laut

Selama ini Pantai Parangtritis dan Parangkusumo digadang-gadang sebagai pintu gaib untuk masuk ke kerajaan tak kasat mata milik Nyai Roro Kidul. Akan tetapi, misteri Pelabuhan Ratu ini membuka tabir baru bahwa konon di tengah-tengah laut.

Pantai Pelabuhan Ratu ini terdapat sebuah pintu gaib menuju kerajaan ratu pantai selatan.Konon, pintu gaib tersebut menghubungkan dunia manusia dengan dimensi lain di alam sosok Nyai Roro Kidul. Mengingat letak pintu tersebut berada di dekat Pantai Pelabuhan Ratu. Maka pengelola Hotel membuatkan kamar khusus sebagai persinggahan sang ratu.

Karena alasan tersebut, orang-orang ramai mengunjungi Pelabuhan Ratu, karena keindahannya, dan cerita mitos sosok Nyi Roro Kidul yang melegenda sampai sekarang.

Baca juga: Cerita Misteri Gunung Salak Bogor, Bikin Bulu Kuduk Merinding

Banyak orang penasaran hanya untuk mencari tentang kebenaran mitos pesugihan Nyai Roro Kidul. Bahkan tak jarang, para pemburu pesugihan Nyai Roro Kidul kerap melakukan ritual-ritual aneh di Pelabuhan Ratu.

Terimakasih
Silahkan share artikel ini jika dirasa berguna ya!
Auhtor : A. Iwan Dahalani

Comments are closed.