Pesona Air Terjun Curug Putri Di Gunung Pulosari Pandeglang Banten

193

Pandeglang, Provinsi Banten. Memang menyimpan banyak keindahan alam yang sangat luar biasa. Ada beragam pilihan objek wisata provinsi Banten, mulai dari wisata budaya, wisata pantai, ataupun wisata pegunungan yang siap memanjakan mata para wisatawan. Untuk kali ini kita akan membahas tentang salah satu destinasi wisata yang akan sangat memanjakan mata wisatawan yaitu Pesona Air Terjun Curug Putri Di Gunung Pulosari Pandeglang Banten

Pesona air terjun curug putri merupakan panorama alam yang indah, tempat wisata yang penuh dengan keunikan dan keindahan yang luar biasa menjadi bidikan bagi para wisatawan untuk berkunjung ke pandeglang Banten. Pemandangan yang diberikan sangat menakjubkan sehingga parawisata termanjakan oleh panorama tersebut.

Sebelum dijadikan tempat wisata, dahulu Curug Putri dipercaya sebagai tempat yang sakral. Namun setelah ditemukan oleh orang Perhutani, Curug Putri disulap menjadi tempat yang indah dan dijadikan lokasi wisata baru pesona air terjun curug putri.

Curug Putri Mirip Little Grand Canyon

Curug Putri ini kerap disebut sebagai Little Grand Canyon karena terdapat tebing-tebing yang mirip seperti Grand Canyon. Suasana di sekitar curug pun terbilang masih asri, di mana terdapat keindahan alam dan satwa-satwa liar yang lalu-lalang di sekitar air terjun.

Curug Putri adalah spot yang paling banyak didatangi wisatawan di Gunung Pulosari. Dengan ketinggian air hanya beberapa puluh meter, pesona air terjun curug putri ini cukup aman untuk bermain air. Aliran sungai dari air terjun tersebut juga cukup indah dan sejuk untuk membasahi tubuh.

Bagi wisatawan tak cuma menikmati kesegarannya pesona air terjun curug putri, akan tetapi juga Anda bisa berburu foto instagram, Selfi,vidio. Tak cuma tebing indah, air yang berwarna hijau juga menambah kesan cantik dari Curug Putri.

Lokasi Air Terjun

Untuk bisa sampai ke Pesona Air Terjun Curug Putri Di Gunung Pulosari Pandeglang Banten tentu Anda harus menyusuri sungai yang diapit tebing batu menggunakan ban atau berenang. Namun Anda jangan kuatir karena saat berwisata di sana, Anda akan dipandu oleh petugas. Untuk dapat menyusuri tebing-tebing sambil memegang tali tambang untuk menuju lokasi pesona air terjun curug putri.

Pemandu yang akan mengantar Anda menyusuri sungai mulai dari 5 sampai 7 meter. Di bagian sungai pertama dan 10 hingga 15 meter di bagian sungai kedua. Kondisi sungai di dekat air terjun akan terasa lebih dingin karena tebing batu yang semakin menyempit.

Tebing setinggi lima hingga tujuh meter ini memiliki eksotisme yang sayang jika tidak diabadikan. Lekukan tebing yang menyempit serta gradasi warna sungai yang jernih menjadi keunikan tersendiri dari obyek wisata Padeglang Banten. Jadi, jangan lupa untuk membawa kamera beserta topi bak kamera yang anti air ketika mengunjungi pesona air terjun curug putri.

Bermain air menjadi pilihan saat Anda sampai ke Curug Putri, karena air Curug Putri segar dan sangat dingin. Menikmati pantulan air di batu-batu saja sudah membuat tubuh Anda menggigil. Mengagumi “kecantikan” pesona air terjun curug putri tiada habisnya. Batu-batu yang banyak terdapat di aliran curug menambah keindahan pesona air terjun curug putri.

Melepas Penat Agar Anda Lebih Rileks

Bagi anda yang sedang menghadapi banyak masalah, curug yang satu inilah mungkin cocok bagi anda untuk melepas penat agar anda lebih rileks. Udara yang segar ditambah dengan panorama alam yang juga akan menambah pikiran Anda lebih luas dan sehat.

Pancuran pesona air terjun curug putri yang berasal dari mata air murni gunung pulosari membuat air disini sangat jernih dan dapat diminum oleh wisatawan. Sehingga bagi Anda yang ingin merasakan nikmatnya rasa dari air curug putri ini maka datang ke curug yag satu ini. Air di curug putri ini, konon dipercaya dapat membuat wajah awet muda.

Pemandangan pesona air terjun curug putri masih sangat asri. Terlihat dikanan kiri air terjun masih banyak tumbuhan – tumbuhan hijau yang menambah keindahan dari curug yang satu ini. lokasi curug putri sendiri berada tepat di jalur pendakian gunung pulosari, jadi bagi kamu yang ingin mendaki tinggal mendaki saja melalui jalur yang sudah ada. Biasanya pesona air terjun curug putri di gunung pulosari pandeglang Banten menjadi tempat beristirahat para pendaki setelah turun atau sedang naik, untuk kamu yang akan mendaki ke puncak gunung pulosari harus mampir pesona air terjun curug putri, karena pemandangan yang disuguhkan akan menjadi pengalaman yang tidak bisa dilupakan oleh Anda.

Letak Curug Putri

Curug putri tahura berada di desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Banten.
Letak pesona air terjun curug putri di lereng gunung pulosari, sebuah gunung yang memiliki ketinggian lebih dari 1.300 Mdpl. Lokasi tersebut terletak 22 km dari pusat kota Pandeglang.

Dengan waktu perjalanan yang hanya 40 menit dari pusat kota Pandeglang. Wisatawan dapat menggunakan motor atau mobil untuk menuju ke lereng gunung pulosari dan harus dilanjutkan dengan berjalan kaki.

Untuk menuju pesona air terjun curug Putri Tahura Carita, Anda bisa menggunakan mobil atau sepeda motor melalui jalur Cilegon-Anyer yang bisa ditempuh sekitar 3 jam dari Serang. Atau bisa juga memilih jalur Padeglang-Carita yang bisa ditempuh sekitar 4 jam dari Serang.

Pengendara yang menggunakan mobil hanya bisa masuk sampai batas tracking. Sedangkan pengunjung yang menggunakan bus hanya bisa sampai di gerbang Tahura. Jika menggukan motor, Anda bisa memulai tracking sekitar 5 km.

Jalur perjalanan tracking pertama menuju Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten bisa dilalui selama 40 menit melewati jalur pendakian yang terjal hingga sampai di Curug Gendang.

Kemudian dilanjutkan melewati jalur landai selama 10 menit hingga sampai di pos guide. Selanjutnya, Anda harus melalui medan air sedalam dua meter menggunakan pelampung selama lima menit bersama dengan pemandu sampai tiba di lokasi pesona air terjun curug putri.

Untuk bisa masuk kawasan Curug Putri Tahura Carita Pandeglang Banten, tidak dikenai biaya tiket masuk alias gratis. Hanya saja, Anda harus membayar parkir dan biaya jasa pemandu ketika menyusuri sungai menuju pesona air terjun curug putri.

Wisata ini sudah ada fasilitas yang menunjang bagi wisatawan pesona air terjun curug putri, dan juga terbilang lengkap. Di sana terdapat kamar mandi, warung makan, tempat outbond hingga camping.

Penasaran dengan pesona air terjun curug putri ini? Na dari Jakarta Anda bisa munggunakan mobil jarak tempu kurang lebih selama 4-5 jam. Sementara dari Serang, jarak tempuh ke Desa Cilentung dengan motor bisa menghabiskan sekira 1,5 jam perjalanan.

Comments are closed.