Bentuk Ancaman Non Militer yang Harus Diwaspadai

81

Selain militer, bentuk ancaman non militer juga perlu diwaspadai meskipun tidak menggunakan persenjataan. Hal ini karena kedaulatan Negara Indonesia bisa terancam jika tidak menindak tegas hal tersebut.

Ada berbagai bidang yang dapat terancam hal ini, mulai dari politik hingga sosial budaya. Salah satu penyebabnya adalah globalisasi yang memiliki dampak negatif terhadap kehidupan bangsa dan negara.

Oleh karena itu, perlu adanya kesadaran untuk bela negara berlandaskan rasa cinta kepada tanah air. Selain itu, juga memiliki keyakinan bahwa Pancasila merupakan ideologi yang harus dijunjung tinggi.

Bentuk Ancaman Non Militer di Indonesia

Seperti telah dijelaskan, ancaman non militer bisa terdapat pada berbagai bidang. Bukan hanya di Indonesia saja, namun juga berbagai negara di dunia akibat dampak buruk globalisasi. Berikut adalah penjabaran dari berbagai bidang tersebut.

1. Bidang Politik

Pada bidang politik, ancaman tidak hanya terdapat di dalam negeri saja, namun juga dari luar negeri. Hal ini tentu saja perlu diwaspadai oleh seluruh masyarakat agar tidak membahayakan kesatuan NKRI.

Bentuk ancaman non militer yang berasal dari luar negeri biasanya berbentuk tekanan politik yang dilakukan kepada Indonesia. Beberapa contoh di antaranya seperti provokasi, intimidasi, maupun blokade politik.

Sementara itu, sumber dalam negeri seringkali menggunakan kekuatan maupun massa untuk menumbangkan pemerintahan yang sedang berkuasa. Selain itu, bentuk lainnya adalah seperti adanya KKN.

Seperti telah diketahui bersama, bahwa korupsi menjadi permasalahan yang masih belum bisa diatasi secara maksimal di Indonesia. Padahal tindak kejahatan tersebut sudah selayaknya mendapatkan hukuman terberat bagi pelakunya.

Sayangnya, meskipun tindakan ini bisa membahayakan negara, hukum yang diperlakukan masih tumpul. Belum adanya efek jera membuat masih banyaknya koruptor yang berseliweran sebagai bentuk ancaman non militer.

2. Bidang Ekonomi

Ekonomi juga menjadi salah satu bidang yang rawan akan terpengaruh dampak negatif dari globalisasi. Jika sudah terjadi, maka akan terjadi pengaburan batas negara, sedangkan ekonomi nasional dan juga internasional justru semakin erat.

Dengan begitu, berbagai produk luar bisa dengan mudah masuk dan membanjiri pasar domestik. Akibat bentuk ancaman non militer ini, produk dalam negeri menjadi tersaingi dan bahkan mati. Perekonomian yang ada di dalam negeri bisa menjadi tidak stabil.

Bukan hanya itu, penguasaan pihak asing terhadap pasar di Indonesia juga berakibat banyaknya pengangguran, terjadi kesenjangan sosial, juga subsidi berkurang. Dampak ini bisa membuat rakyat menderita.

3. Bidang Sosial Budaya

Terakhir adalah bentuk ancaman pada bidang sosial dan budaya di dalam negeri umumnya karena adanya berbagai isu seperti kemiskinan atau kebodohan. Sementara itu di luar negeri berupa dampak globalisasi.

Berbagai sikap negatif akhirnya secara tidak sadar dilakukan masyarakat akibat efek buruk ini. Misalnya saja perilaku konsumtif, keinginan untuk berfoya-foya, rasa individual yang tinggi serta masih banyak lainnya.

Ada berbagai bentuk ancaman baik militer maupun non militer yang perlu diwaspadai dalam menjaga NKRI. ancaman non militer yang berasal dari berbagai bidang sendiri tidak menggunakan senjata namun dapat membuat negara tidak stabil.

Terimakasih
Semoga bermanfaat
Author : A Iwan Dahlani

Comments are closed.