Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

94

Usaha sampingan ibu rumah tangga bisa menJjadi peluang bisnis bagi Anda. Pasalnya terdapat berbagai macam bisnis yang bisa ibu rumah tangga jalankan dengan modal kecil. Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Adanya perkembangan zaman besar kemungkinan sebagai ibu rumah tangga Anda bisa melanjutkan mimpi. Terlebih jika Anda mempunyai jiwa entrepreneur, bisa Anda kembangkan melalui membangun bisnis. Nah untuk itu, berikut ini beberapa ide usaha yang bisa Anda rintis dengan modal kecil.

Jenis Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga

Menjadi ibu rumah tangga bukan berarti tidak bisa mengumpulkan pundi-pundi cuan sendiri. Ada beberapa usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh Anda yang nyambi mengurus anak dan pekerjaan rumah lainnya.

Membuat Kerajinan Tangan

Bagi Anda yang mempunyai tangan kreatif atau kemampuan dalam mengolah barang-barang bekas. Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis, dengan mengolah barang-barang menjadi sebuah kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Biasanya kerajinan tangan yang banyak diminati di pasaran berupa penghantar seserahan pernikahan, souvenir bisa untuk wisuda atau pernikahan, bahkan sampai pembuatan hampers.

Modal utama dalam peluang bisnis ini yaitu kreativitas dan juga kemampuan yang Anda miliki. Hal tersebut bisa terus berkembang seiring dengan meningkatnya permintaan dari klien.

Jasa Catering

Peluang usaha sampingan ibu rumah tangga yang satu ini cocok untuk Anda yang mempunyai hobi masak. Apabila Anda mempunyai keinginan berbisnis dalam bidang kuliner. Bisa Anda mulai dengan membuka jasa katering.

Misalnya saja makanan berat untuk prasmanan, kue kering atau basah untuk arisan, paket nasi boks, atau Anda bisa membuka jasa katering makanan khas dari suatu daerah.

Dalam hal ini Anda tidak memerlukan biaya tambahan untuk menye tempat. Sebab Anda bisa menggunakan dapur kesayangan terlebih dulu. Untuk target pasarannya bisa memanfaatkan teman arisan atau grup ibu-ibu komplek.

Terlebih zaman sekarang sudah modern, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan jasa katering ini.

Baca Juga:Gadis Cantik Baduy Kanekes, Calon Pengantin Ideal Menunggumu Di Sana

Menjadi Penulis Lepas

Usaha sampingan ibu rumah tangga selanjutnya menjadi penulis lepas. Pada zaman digital seperti sekarang ini, peran seorang penulis sangat begitu penting. Tidak perlu kaget ataupun heran, sebab setiap media sosial yang Anda buka pastinya membutuhkan konten tulisan. Rekomendasi Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Modal Kecil

Sama halnya dengan berbicara, menulis bukan kemampuan yang belum tentu setiap orang miliki. Maa jika Anda mempunyai kemampuan tersebut, pastikan Anda memanfaatkan dengan maksimal.

Apalagi jika Anda mempunyai kemampuan dalam menulis sebuah konten iklan. Bukan hanya sekedar memberikan sebuah penjelasan yang komprehensif di dalam tulisan tersebut. Melainkan juga adanya kemampuan memperkenalkan produk, serta mengajak orang untuk membeli produk yang Anda sedang tawarkan.

Apabila kemampuan seperti ini Anda miliki, Anda bisa menawarkan jasa kepada situs-situs freelance bahkan Anda bisa menulis dari rumah.

Sebagai Dropshipper

Adanya e-commerce pastinya memudahkan siapa saja untuk memulai bisnis dari rumah, khususnya ibu rumah tangga. Usaha sampingan yang satu ini hanya dengan berbekal ponsel saja.

Untuk caranya pun sederhana, Anda dapat melihat sebuah tren barang apa saja yang sedang hits. Kemudian Anda bisa menawarkan kepada orang-orang sekitar Anda.

Dalam hal ini Anda tidak perlu merasa khawatir, sebab seorang dropshipper akan mengambil barang dalam jumlah yang banyak. Sehingga harga lebih murah, maka Anda tidak perlu kebingungan dalam mengambil margin harga, supaya tetap sesuai dengan pelanggan.

Bisa juga Anda memanfaatkan media sosial atau toko online yang berada di e-commerce untuk memasarkan barang-barang tersebut. Bukan hanya mudah, melainkan memungkinkan Anda dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.

Bisnis Tanaman

Selanjutnya usaha sampingan ibu rumah tangga yakni berbisnis tanaman. Sejak satu tahun belakangan ini, gaya hidup yang minimalis menjadi perbincangan di berbagai forum dan juga media sosial.

Adapun elemen yang begitu penting sering disebut dalam perbincangan forum yakni keberadaan sebuah tanaman dalam rumah. Hal tersebut bisa membuat rumah tambak lebih segar serta nyaman untuk ditinggali.

Sejak saat itu juga, mulai banyak bermunculan offline maupun online store yang menjual tanaman hias. Dimulai dari tanaman klasik, misalnya saja seperti lidah buaya sampai dengan monstera yang lagi hits untuk saat ini.

Apabila merawatnya secara telaten, bukan hanya pesanan tanaman secara eceran saja. Melainkan juga bisa mendapatkan tawaran yang besar, seperti untuk kebutuhan dekorasi sebuah restoran atau penginapan.

Nah, itu tadi beberapa ide usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa Anda praktekkan dari sekarang.

Terimakasih
Jika dirasa bermanfaat
Silahkan bagikan
Author : A Iwan Dahlani

Comments are closed.