Kaki Bengkak Saat Hamil, Begini Cara Mengatasinya…

299

Kaki bengkak saat hamil memang tidak aneh kedengarannya. Seiring dengan bagian tubuh lainnya, hamil dapat berdampak salah satunya pada bagian kaki.

Lebih dari separuh ibu-ibu hamil mengalami beberapa bentuk masalah pembengkakan pada kaki selama kehamilan.

Kehamilan adalah sebuah tantangan karena ada si kecil yang tumbuh di dalam diri Bunda, menyebabkan jutaan perubahan fisik dan emosional. Tubuh berubah dalam banyak hal yang tidak pernah Bunda alami sebelumnya mungkin. Salah satu pengalaman tersebut adalah kaki bengkak saat hamil.

Namun Bunda tidak perlu gugup dan stres tentang bengkak pada saat kehamilan, karena sangat umum dan dapat dikelola dengan tindakan pencegahan dan pengobatan rumah sederhana untuk kaki bengkak.

Selama kehamilan, tubuh Bunda memproduksi sekitar 50 persen lebih banyak darah dan cairan untuk memenuhi kebutuhan pada si bayi, seringkali menyebabkan pembengkakan pada kaki, pergelangan kaki bengkak saat hamil pada bagian kaki Bunda.

Karena berat bayi di dalam rahim yang sedang tumbuh juga memberi tekanan pada pembuluh darah yang melewati panggul yang membawa darah kembali ke jantung, menghambat sirkulasi dan berkontribusi pada pembengkakan.

Pembengkakan juga bisa menyebabkan kaki Bunda terasa berat dan pegal. Dikombinasikan dengan ligamen yang longgar di sendi pinggul, panggul dan kaki selama kehamilan, nyeri kaki juga merupakan keluhan umum terkait kehamilan.

Pergelangan kaki yang bengkak itu adalah hal yang normal, jangan dibuat frustrasi, banyak wanita hamil. Selama kehamilan, cairan ekstra dalam tubuh dan tekanan dari rahim yang tumbuh dapat menyebabkan pembengkakan (atau “edema”) di pergelangan kaki sampai lutut kaki.

Pergelangan kaki, lutut kaki, dan jari-jari kaki bengkak saat hamil Adalah normal banyak yang mengalami pembengkakan selama kehamilan bunda.

Pembengkakan yang terjadi secara bertahap biasanya tidak berbahaya bagi bunda atua si bayi, tetapi memang bisa membuat Bunda tidak nyaman tentunya.

Peningkatan pembengkakan kaki bengkak saat hamil yang tiba-tiba bisa menjadi tanda pre-eklampsia, suatu kondisi yang perlu diperhatikan sesegera mungkin.

Pembengkakan cenderung menjadi kurang baik saat tanggal jatuh tempo seorang wanita semakin dekat untuk melahirkan.

Untuk membantu mengurangi dan atau mencegah pergelangan kaki bengkak yang mengganggu, cobalah langkah-langkah sederhana ini yang bunda patut untuk dicoba.

Inilah 8 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil Yang Bunda Wajib Coba

1. Kurangi asupan natrium

Salah satu cara guna untuk mengurangi pembengkakan kaki saat hamil adalah dengan membatasi asupan natrium (garam). Garam membuat tubuh Bunda menahan air ekstra.

Cobalah untuk menghindari makanan makanan olahan, karena makanan ini sangat tinggi sodium. Juga, cobalah untuk tidak menambahkan garam meja ekstra pada makanan Bunda.

2. Tingkatkan asupan kalium

Tidak mendapatkan cukup potasium juga dapat memperburuk pembengkakan kaki karena potasium membantu tubuh Bunda bisa untuk menyeimbangkan jumlah cairan yang dipegangnya.

Vitamin, Bunda harus memiliki beberapa asupan potasium ekstra, tetapi penting juga untuk mengonsumsi sumber potasium makanan yang lebih baik.

Beberapa sumber makanan yang secara alami tinggi kalium seperti, Kentang, ubi jalar, pisang,bayam dan
kacang polong

3. Tinggikan kaki Bunda dan istirahat

Meskipun Bunda memiliki sejuta hal yang ingin Bunda selesaikan sebelum si cabang bayi lahir kedunia, cobalah duduk dan angkat kaki jika memungkinkan.

Sementara duduk sepanjang waktu tidak baik untuk sirkulasi, berdiri sepanjang waktu juga keras pada tubuh hamil Bunda yang indah.

4. Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman

Mengenakan pakaian ketat, terutama di sekitar pergelangan tangan, pinggang, dan pergelangan kaki, dapat memperburuk pembengkakan. Pada dasarnya, itu membuat darah tidak bersirkulasi semudah mungkin.

Cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar dan nyaman dipakai atau setidaknya hindari karet gelang yang ketat. Gaun maxi bersalin di musim panas dan kardigan atau sweter yang mengalir dengan jogger di musim dingin bisa lucu dan nyaman.

5. Jalan kaki

Bahwa berjalan kaki 5 atau 10 menit beberapa kali sehari dapat membantu meningkatkan sirkulasi Bunda, yang membantu mengurangi pembengkakan.

Ini juga bisa menjadi istirahat yang baik di hari Bunda, dan ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan latihan yang aman untuk kehamilan.

6. Dapatkan pijatan

Pasangan Bunda mungkin mencari cara untuk terlibat selama proses kehamilan, dan ini adalah kesempatan yang sempurna.

Pijat membantu mengedarkan cairan yang cenderung menumpuk di kaki yang pada gilirannya akan mengurangi kaki bengkak saat hamil.

Ambil air hangat masukan kebotol tempelkan pada telapak kaki Bunda, dan biarkan pasangan Bunda memijat kaki dan kaki Bunda dengan lembut. Menambahkan beberapa minyak agar pijatan dapat membuat ini lebih santai.

Dan jika Bunda sedang menjalani kehamilan sendirian atau pasangan Bunda bukan tipe orang yang sensitif, banyak studio pijat menawarkan pijat khusus orang hamil. Ini tidak hanya dapat membantu pembengkakan, tetapi juga bagus untuk membantu meringankan beberapa stres yang dapat menyertai kehamilan.

7. Tidur miring ke kiri

Tidur miring ke kiri bila memungkinkan dapat meningkatkan aliran darah, yang mengurangi pembengkakan kaki.

Jika Bunda belum melakukannya, cobalah tidur miring ( sebaiknya kiri Bunda ) ini membantu menjaga ginjal Bunda tetap bersenandung, yang memungkinkan dapat meningkatkan aliran darah, membantu menghilangkan limbah dan mengurangi pembengkakan.

Perut Bunda bukan satu-satunya yang membengkak akhir-akhir ini. Selama kehamilan, Bunda mungkin mengalami pembengkakan ringan di seluruh tubuh Bunda – terutama, berkat hukum gravitasi, di kaki, pergelangan kaki dan jari-jari Bunda.

8. Senam Kaki

Bunda bisa melakukan senam kaki sambil duduk atau berdiri, meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kaki bengkak saat hamil Bunda dan mencegah kram pada otot betis.

Tekuk dan regangkan kaki Bunda ke atas dan ke bawah 30 kali, putar setiap kaki dalam lingkaran 6 kali satu arah dan 6 kali ke arah lain.

Kaki bengkak saat hamil ini, kemudian Bunda duduk dengan kaki ditinggikan sebentar terutama di penghujung hari – dapat membantu mengalirkan cairan yang terkumpul di kaki Bunda sepanjang hari.

Dan lakukan secara rutin untuk selalu di cek kehamilan Bunda pada Dokter kandungan atau Bidan

Silahkan Bunda baca juga: Kumpulan Nama Anak Bayi Perempuan Modern Islami Beserta Artinya

Kumpulan Nama Anak Bayi Lelaki Modern dan Islami Beserta Maknanya

Jika dirasa ini bermanfaat silahkan Bunda bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com/.

Author: A.Iwan Dahlani

Comments are closed.