Makam Keramat Guru AL-HIKMAH Cisoka yang Menjadi Tujuan Peziarah Ikhwan Dan Akhwat AL-HIKMAH

299

Makam Keramat Guru AL-HIKMAH Cisoka K.H.Iskandar HMS dikenal merupakan salah seorang tokoh penyebar agama Islam di Tanah Jawa khususnya di Tangerang, Provinsi Banten.

Ia berasal dari Solear Cisoka Tangerang yang juga merupakan seorang tokoh pembawa Ilmu AL-HIKMAH setelah Almarhum K.H Syaki Abdul Syukur pertama kali. Dimana AL-Hikmah tersebut kemudian menyatu dengan kehidupan dikalangan para ikhwan atau akhwat dan para pembina Al-Hikmah diberbagi wilayah.

Makam keramat guru AL-HIKMAH Cisoka yang berlokasi di Kampung Pasanggrahan Rt.001/001 Desa Solear, Kec, Cisoka, Kabupaten Tangerang. Makam Keramat Abah K.H. Iskandar HMS Bin H. Ismail ini ternyata banyak dikunjungi para peziarah dari berbagai wilayah.

Cerita tentang tokoh AL-HIKMAH ini begitu santer dari mulut ke mulut, menurut perkawilan cabang Gintung, Desa Kosambi, Kecamatan Sukadiri Tangerang, Abah K.H.Iskandar HMS sosok orang yang karismatik, unik dan selalu mengajarkan tata cara ibadah yang baik, praktek-praktek tentang AL-Hikmah dan memberikan motivasi – motivasi tentang kehidupan.

Mungkin bagi warga masih terasa asing jika mendengar Makam Keramat Abah K.H. Iskandar HMS atau lebih dikenal dengan sebutan Mama Haji Iskandar Cisoka.

Banyak peziarah sengaja datang jauh -jauh ke Makan Keramat Guru AL-HIKMAH Cisoka yakni K.H. Iskandar HMS Bin H.Ismail. Bahkan, setiap hari ada puluhan, ratusan bahkan sebelum pandemi, peziarah datang ke makam keramat ini dari Jawa, Sumatera, bali, bahkan dari mancanegara.

“Tujuannya macam-macam. Mulai sekedar hanya ziarah, ingat orangtua atau Guru dan silaturrahim kepada penerusnya yakni H.Aa.

Sosok H. Aa ini yang masih mudah dan sangat tampan banyak orang yang terpincut, namun tak kalah menarik dari H.Aa dengan berbagai keunikannya di berbagai bidang, salah satunya yang santer atau tersohor yakni ilmu AL-HIKMAH.

Tapi ada juga yang minta belajar atau di isih ilmu Al-Hikmah oleh H. Aa dan minta di doakan berkah seperti dilimpahkan rezeki, kesehatan, hingga minta agar ilmu ini bermanfaat.

Al-Hikmah Cabang Gintung “Mengatakan banyaknya para tamu dan para peziarah yang berdatangan pada wakru ba’da magrib hingga menjelang subuh.

Adapun pandangan para peziarah terhadap karomah makam keramat guru AL-HIKMAH Abah K.H. Iskandar HMS bin H. Ismail yaitu pelaksanaan ziarah tersebut akan memberikan peringatan kepada orang yang masih hidup, bahwa kehidupan kelak akan mengalami kematian, yang pada dasarnya manusia yang hidup di muka bumi ini pasti akan mengalami proses alam kematian.

Fatwa Almarhum Abah K.H.Iskandar ketika kesulitan Ingat Guru, Ingat Guru, Ingat Guru pastinya berkunjung ziarah ke makam keramat guru AL-HIKMAH Cisoka.

Baca juga artikel terkait:

Mengenal Apa Itu AL-HIKMAH, Berikut Lengkapnya…

Sumber: Cabang Gintung.
Author: A.Iwan Dahlani Pembina AL-HIKMAH Cabang Gintung, Kosambi, Sukadiri, Tangerang.

Comments are closed.