Beberapa Daftar Tiket Candi Borobudur, Prambanan, Dan Juga Ratu Boko

245

 

Beberapa Daftar Tiket Candi Borobudur, Prambanan, Dan Juga Ratu Boko – Jika dibandingkan dengan Jawa Barat dan Jawa Timur, Jawa Tengah memiliki luas wilayah terkecil, yaitu 32.548 km2. Meski begitu, provinsi yang terkenal dengan budaya sopan santun ini memiliki destinasi wisata yang kaya, terutama wisata sejarah. Tidak hanya Candi Borobudur, Jawa Tengah juga memiliki beberapa candi lainnya yang sangat istimewa dimata masyarakat.

Bagi Anda yang menyukai sejarah dan budaya Indonesia, ada baiknya Anda mengunjungi peninggalan sejarah seperti candi di jawa tengah ini. Kira-kira candi mana saja yang memiliki pesona keindahan yang sangat istimewa.

Nah, berikut ini kita akan membahas Daftar Tiket terbaru dari Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko.

Daftar Tiket Terbaru Candi Borobudur

Nama candi Borobudur mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, salah satu candi yang sudah diakui dunia dan dinobatkan sebagai warisan dunia.

Candi Borobudur merupakan warisan budaya dunia sekaligus tempat wisata yang banyak diburu oleh wisatawan dan wisatawan mancanegara. Wisata Borobudur telah menarik perhatian banyak wisatawan, karena tempat ini sangat menarik dan sangat indah.

Candi Borobudur memiliki bangunan yang unik yaitu blok vulkanik yang tersusun rapi membentuk 504 arca dan 72 stupa serta memiliki satu stupa induk yang sangat besar di puncaknya. Balok-balok yang disusun sama sekali tidak mengandung perekat atau semen, hal inilah yang membuat candi borobudur sangat menarik.

Keindahan candi Borobudur dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya dihiasi dengan 1.460 panel relief dan memiliki panjang 2 meter per panel. Setiap relief memiliki makna tersendiri yang sangat dalam jika dipelajari. Selain itu, ada juga prasasti yang terkubur di bagian bawah candi. Relief-relief yang lebih rendah mengandung makna yang dalam yang menceritakan tentang manusia tingkat terendah.

Tidak dapat dipungkiri bahwa candi Borobudur merupakan mahakarya terbesar sepanjang sejarah umat manusia. Bola vulkanik memiliki susunan yang tiada tara, selain itu pahatan reliefnya memiliki nilai seni yang sangat tinggi.

Membuktikan bahwa candi borobudur merupakan kemajuan yang sangat pesat pada manusia purba dalam bidang arsitektur, sastra dan teknologi.

Di candi Borobudur terdapat dua museum yang berisi informasi tentang sejarah yang menceritakan tentang perdagangan Asia-Afrika di masa lalu serta informasi tentang pembangunan candi Borobudur di masa lalu.

Selain bangunan candi, pemandangan di sekitarnya pun tak kalah menarik. Selain menikmati kemegahan candi, di kompleks Taman Wisata Candi Borobudur juga banyak hal menarik yang bisa dicoba.

Kini wisatawan dapat mengunjungi Museum Karmawibangga dan Museum Kapal Samudraraksa secara gratis. Wisatawan juga bisa menaiki wahana gajah, kereta kelinci, atau sepeda tandem untuk mengelilingi kompleks Borobudur. Tahukah kamu kalau candi ini juga menjadi tempat para maniak fotografi berburu sunrise?

Jika Anda penggemar fotografi, inilah yang harus Anda coba, mengabadikan momen matahari terbit atau terbenam di atas pura. Karena momen sunrise dan sunset berada di luar jam buka Candi Borobudur, maka Anda harus membeli tiket khusus di Hotel Manohara yang terletak di kompleks yang sama dengan candi.

Tiket Perorangan

Berikut adalah daftar harga untuk tiket masuk candi Borobudur yang berlaku untuk wisatawan domestik:

TWC (Taman Wisata Candi) Borobudur: diatas 10 tahun Rp. 40.000. Sedangkan untuk usia 3-10 tahun Rp 20.000
Paket TWC Borobudur, Pawon, dan Mendut: usia di atas 10 tahun Rp 60.000. Sedangkan untuk usia anak Rp 30.000.

Tiket Grup

Sudah termasuk asuransi Rp 50.000
Paket TWC (Taman Wisata Candi)
Borobudur sekitar Rp. 20.000
Paket TWC Candi Borobudur dan
Mendut Rp. 30.000

Daftar Tiket Terbaru Candi Prambanan

Tahukah Anda bahwa candi Prambanan ini merupakan candi Hindu dan bisa dikatakan candi terindah di dunia, candi ini juga dijadikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO yang terkenal dengan keindahan arsitekturnya.

Candi ini juga dikenal dengan nama Candi Rara Jonggrang dengan ketinggian mencapai 47 meter dengan bentuk yang ramping menjulang ke atas.

Selain itu, terdapat sebanyak 4 candi Kelir yang terletak di belakang pintu masuk atau berada di tengah atau bagian inti dari kompleks candi Prambanan. Dan juga terdapat 4 canti patok dan juga terdapat 224 candi perwara yang tersusun rapi dalam empat kelompok atau bagian.

Di candi Prambanan ini nantinya anda juga akan menemukan dan bisa melihat ada relief pohon kalpataru, relief ini bisa anda temukan dan lihat pada gambar singa atau lebih tepatnya diapit singa.

Para ahli juga mengatakan bahwa relief ini menggambarkan kerukunan dan kearifan masyarakat setempat dalam menjaga lingkungan sekitar saat itu.

Untuk bisa menikmati keindahan dan kemegahan candi Prambanan ini, anda tidak perlu khawatir, karena tiket masuk yang bisa anda bayar nantinya sangat murah dan juga terjangkau.

Disini Anda harus membayar tiket masuk sekitar Rp. 15.000 per orang, agar bisa menikmati keindahan candi. Namun, Anda akan dikenakan biaya tambahan jika membawa kamera untuk berfoto.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata yang satu ini pada pagi hari, karena tempat wisata yang satu ini buka dari pukul 08:00 WIB hingga sore hari.

Namun tak ada salahnya jika Anda bisa datang pada pukul 16:00 WIB agar tidak melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan sunset dan juga memesan hotel murah di Jogja dekat Prambanan.

Baca juga artikel terkait:

Pesona 3 Candi Terkenal Di Jawa Tengah, Suguhkan Keindahan Alam Dan Sejarah

Daftar Tiket Terbaru Candi Ratu Boko

Meski kini hanya tinggal reruntuhan candi, kompleks Ratu Boko menjadi tempat yang fotogenik. Hampir semua titik di setiap sudut bagus untuk ditangkap dengan lensa.

Masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Istana Ratu Boko menjadi tempat favorit untuk spot foto. Baik untuk pemotretan model, foto prewedding, atau sekedar foto koleksi pribadi.

Jika berkunjung saat senja, jangan lupa untuk berfoto siluet di bawah gerbang. Meski spot ini menjadi tempat favorit sejuta orang, hasil fotonya tidak akan mengecewakan. Bagi Anda yang menyukai sejarah dan situs sejarah, tempat yang satu ini wajib masuk dalam daftar wisata Anda.

Dari keraton yang konon digunakan sebagai tempat peribadatan ini, Anda bisa belajar banyak hal seperti bagaimana perkembangan Hindu-Budha di Jawa dan juga keraton yang memiliki dua campuran dua agama tersebut.

Tentu ini menjadi daya tarik tersendiri. Dari sekian banyak objek wisata yang ada di situs ini, ada satu hal yang membuat siapa saja rela menunggu.

Apa itu ? Pemandangan matahari terbenam begitu indah dan indah dan tidak ada tempat lain yang bisa menawarkan pemandangan yang begitu indah. Jika ingin melihat sunset terbaik di Jogja, datanglah ke Candi Ratu Boko.

Banyak orang bilang salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunset Jogja adalah dari gerbang Istana Ratu Boko. Silahkan buktikan sendiri karena mimin sendiri juga kagum dengan pemandangan sunset jika dilihat dari sini sungguh mempesona.

Melihat sunset dari Candi Ratu Boko memberikan sensasi yang berbeda dengan melihat sunset dari laut atau pegunungan. Di sini, sesama traveller bisa menikmati sambil duduk-duduk di tengah hamparan rumput hijau atau dari bawah gerbang. Warna jingga matahari tepat berada di tengah-tengah gapura situs.

Dipadukan dengan warna langit yang menggemaskan. Perlahan matahari mulai menghilang ke cakrawala. Langit senja berubah warna hingga akhirnya menjadi gelap. Pemandangan indah yang hanya berlangsung beberapa menit. Oleh karena itu, persiapkan gadget dan kamera Anda untuk mengabadikan momen indah ini.

Kompleks Istana Ratu Boko terletak di kawasan perbukitan Boko, di sisi jalan raya Prambanan – Piyungan. Jika dari arah kota Jogja ambil jalur menuju Solo sampai tiba di lampu merah pertigaan pasar Prambanan. Belok kanan dan berjalan sekitar 3 KM dari sana, akan ada tanda yang mengarahkan Anda untuk sampai ke sana.

Wisata ini beroperasi setiap hari mulai pukul 06.00 – 17.00 WIB. Untuk tiket masuk Candi Ratu Boko cukup ramah kantong, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 untuk usia diatas 6 tahun, Rp. 10.000 untuk mereka yang berusia di bawah 6 tahun dan Rp. 30.000 untuk turis asing. Selain itu, ada juga tiket yang bisa dibeli di Candi Prambanan dengan harga 30-40 ribu.

Jika Anda menggunakan pass ini, akan ada shuttle bus yang akan membawa Anda ke Candi Ratu Boko. Namun, perlu diketahui bahwa fasilitas ini hanya tersedia hingga pukul 4 sore. Setelah itu Anda bisa menggunakan ojek.

Dapatkan artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com/. Dan jika dirasa ulasan artikel tentang Beberapa Daftar Tiket Candi Borobudur, Prambanan, Dan Juga Ratu Boko ini bermanfaat silahkan bagikan. Termksih.

Comments are closed.