Inilah 3 Proyek Pemerintah yang Mangkrak dan Penyebabnya

273

Proyek pemerintah yang mangkrak dalam hampir setiap tahunnya selalu saja ada. Inilah 3 Proyek Pemerintah yang Mangkrak dan Penyebabnya. Pembangunan memang tidak bisa secara sembarang dilakukan, sebab terdapat banyak prosedur harus dipatuhi guna menjaga kelancaran selama proses pembangunan berjalan.

Sering kali memang mangkraknya suatu pembangunan dikarenakan berbagai faktor, baik faktor internal maupun eksternal. Faktor internal mungkin timbul dari institusi sebagai penanggung jawab atau kondisi ketidaksinkronan dengan pihak pemerintah dan lainnya.

Sedangkan faktor eksternal, kemungkinan bisa saja timbul karena adanya kendala di lapangan saat proyek tersebut tengah di bangun. Memang alangkah baiknya untuk melakukan riset secara mendalam terkait dengan lokasi, pekerja, institusi, budget, dan lainnya.

Riset tersebut sebagai langkah awal sebelum menjalankan suatu  pembangunan, selain dari sisi prosedurnya. Sehingga apabila terdapat proyek pemerintah yang mangkrak dapat segera di atasi agar pembangunan dapat selesai serta tidak terlalu lama terbengkalai. Inilah 3 Proyek Pemerintah yang Mangkrak dan Penyebabnya

Berbagai Penyebab Proyek Mangkrak

Selain dari faktor internal dan eksternal seperti dalam ulasan singkat sebelumnya, terdapat penyebab serta alasan rill mengapa realisasi rencana tersebut terhenti dan tidak dilanjutkan. Berikut ini adalah ulasan secara lebih detail mengenai berbagai penyebabnya:

1. Adanya ketidakstabilan Harga Bahan Baku
Ketidakstabilan harga barang sebagai penyebab umum proyek pemerintah yang mangkrak. Harga bahan baku naik saat anggaran dari pemerintah terbatas. Akibatnya efisiensi dilakukan terhadap bahan baku sehingga hal itu berdampak pada hasil kualitas bangunan.

2. Adanya Keterbatasan Dari Segi Anggaran
Adanya keterbatasan anggaran sehingga tidak sepenuhnya menutupi sampai pembangunan tersebut rampung. Bisa disebabkan karena hal-hal di luar dugaan seperti perubahan harga, terkena dampak bencana alam atau penambahan pegawai dari perkiraan sebelumnya.

3. Minimnya Feasibility Study
Adanya studi kelayakan berguna dalam meminimalkan terjadinya proyek pemerintah yang mangkrak. Riset sangat penting dalam hal ini serta tidak terburu-buru dalam merealisasikannya. Studi kelayakan terdiri dari Amdal, keuangan, aspek hukum dan lainnya.

4. Manajemen yang Kurang Handal Dalam Menangani Tender
Dalam beberapa proses realisasi, pemerintah mengadakan tender bagi perusahaan swasta guna membantu pelaksanaan pembangunan. Sebaiknya manajemen memilih pihak yang handal secara komersil sehingga akan mampu memahami serta menangani tender tersebut.

5. Terkendala Oleh Analisis Amdal
Terdapat beberapa aspek di dalam muatan dokumen Amdal harus terpenuhi salah satunya izin lokasi. Untuk proyek yang hendak dibangun didekat lingkungan tempat tinggal masyarakat sering kali mendapat kendala terkait dengan izin lokasi serta pembebasan lahan.

Daftar Proyek Pemerintah yang Mangkrak

Pembangunan senantiasa dilakukan secara berkala dalam setiap tahunnya. Akan tetapi dengan banyaknya kendala menyebabkan pembangunan menjadi terbengkalai hingga tidak dilanjutkan. Ulasan di bawa ini merupakan beberapa proyek pemerintah yang mangkrak:

1. Proyek Jalan Tol
Faktor akibat terhentinya pembangunan jalan tol kemungkinan disebabkan oleh berbagai faktor. Kendala tersebut di antaranya belum adanya kesepahaman antara warga pemilik lahan dengan pemerintah juga minimnya keterlibatan dari pihak swasta.

2. Pembangunan Bandar Udara
Salah satu contoh dalam kasus ini adalah pembangunan bandar udara di daerah Jawa Barat hingga sempat terhenti karena keterbatasan dari segi dana. Rupanya dana yang digulirkan dari APBD daerah setempat tidak bisa menutup biaya keluar hingga pembangunan tersebut selesai.

3. Proyek Jalur Kereta Cepat
Merupakan proyek komersil mengingat bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat akan transportasi. Namun di beberapa tempat, pelaksanaannya sempat terhenti sebab adanya perubahan jalur dari perencanaan sebelumnya sehingga dapat menjadi kendala tersendiri.

Sebelum perencanaan direalisasikan, banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan dari berbagai aspek. Hal tersebut dilakukan salah satunya agar lingkungan tetap terjaga, pembangunan selesai tepat waktu sehingga tidak ada lagi proyek pemerintah yang mangkrak.

Comments are closed.