Berikut Cara Lapor Penipuan Belanja Online dengan Benar

212

Informasi mengenai cara lapor penipuan belanja online menjadi salah satu pengetahuan yang wajib Anda ketahui saat ini. Mengapa? Hal ini dikarenakan belanja online merupakan salah satu aktivitas wajib yang dilakukan oleh kebanyakan masyarakat.

Namun sering ditemui bahwa dengan keteledoran mereka membuatnya mengalami penipuan. Tentunya hal ini akan menjadi suatu efek yang merugikan karena bisa mendatangkan kerugian kepada mereka.

Lalu bagaimana apabila Anda ternyata menjadi korban dari penipuan tersebut? Tidak perlu khawatir karena saat ini Anda dapat melaporkan insiden tersebut. Sehingga dengan begitu Anda bisa mendapatkan apa yang sudah hilang ataupun setidaknya dapat memberikan hukuman kepada tersangka.

Cara Lapor Penipuan Belanja Online dengan Benar

Kami memiliki informasi mengenai bagaimana urutan cara lapor penipuan belanja situs online. Namun Anda harus memastikan apabila sebelum melakukan hal ini tentunya wajib memiliki bukti yang kuat. Tapi sudah memastikannya maka dapat langsung mengikuti informasi berikut.

1. Melaporkan ke Polisi

Salah satu opsi yang bisa Anda gunakan apabila ingin melakukan lapor penipuan online ialah dengan melaporkannya ke polisi. Sebab harus diketahui apabila tindakan seperti ini sudah termasuk ke dalam salah satu tindak kejahatan cyber.

Sebelum melakukan hal ini maka pastikan Anda sudah mendapatkan bukti yang kuat untuk melaporkan kejadian tersebut. Beberapa contoh bukti di antaranya ialah screecshot chat, sms, rekaman suara, bukti transaksi, dan lain-lain.

2. Lapor ke Kominfo

Anda juga bisa lapor penipuan belanja secara online ke Kominfo. Perlu diketahui bahwa Kominfo juga memberikan layanan pengaduan secara online sehingga Anda bisa melaporkan kejadian penipuan tersebut.

Caranya cukup mudah yaitu Anda hanya perlu membuka halaman layanan kominfo, lalu klik ADUAN BRTI. Sebelumnya pastikan sudah mengantongi mengenai beberapa bukti.

Ketika membuka halaman tersebut maka Anda harus mengisi formulir yang berisikan identitas pelapor seperti nama, alamat email, dan nomor telepon. Pilihlah menu pengaduan lalu bisa mengisi aduan lapor penipuan belanja.

Baca juga: Bahaya Joki Pinjol, Berikut Tips Menghindarinya

Selanjutnya Anda akan dibantu oleh petugas Help Desk untuk bisa melakukan verifikasi dan analisis percakapan pesan. Baiklah nantinya petugas akan membuat tingkat laporan lalu mengirim pesan notifikasi ke penyelenggara jasa telekomunikasi agar nomor telepon pemanggil diblokir.

Dengan mengikuti cara tersebut maka setidaknya Anda bisa menghentikan penyebaran penipuan tersebut. Karena itulah jangan ragu untuk lapor penipuan belanja online dengan menerapkan cara diatas.

 

Terimakasih
Dirasa ini bermanfaat silahkan bagikan.
Author : A. Iwan Dahlani

Comments are closed.