Kekerasan Seksual, Contoh Pelanggaran Asusila Harus Dicegah

153

Kekerasan seksual menjadi salah satu contoh pelanggaran asusila yang harus segera ditangani. Sebab tindak kriminal yang sebagian besar di alami oleh perempuan ini telah menjadi momok mengerikan. Kekerasan Seksual, Contoh Pelanggaran Asusila Harus Dicegah

Apalagi, tidak jarang perempuan yang menjadi korban justru yang disalahkan. Pakaian dikatakan sebagai pemicu, padahal hal tersebut salah besar. Perempuan yang menggunakan pakaian tertutup juga masih seringkali sasaran.

Karena hal tersebut, kekerasan sosial kini gencar untuk diberantas. Pelaku harus segera ditindak dan korban harus ditangani dengan benar. Apalagi dampak dari kejahatan ini akan terus membekas dan menjadi trauma seumur hidup.

Mengetahui Cara Mencegah Contoh Pelanggaran Asusila

Pelanggaran asusila bukan hanya harus segera ditangani ketika sudah terjadi, namun juga perlu pencegahan. Korban yang sebagian besar perempuan sudah harus membentengi diri dengan beberapa hal berikut.

     1.   Konfrontasi Pelaku

Jangan hanya diam saja ketika ada seseorang atau sekelompok orang yang membuat Anda tidak nyaman, misalnya saja adalah catcalling. Meskipun hanya bercanda, namun jika membuat ketidaknyamanan sama halnya dengan contoh pelanggaran asusila.

Meski demikian, perlu juga untuk memahami situasi ketika akan mengkonfrontasi pelaku agar mudah mendapat bantuan jika terjadi sesuatu. Perlu ketegasan jika perbuatan tersebut tidak membuat Anda nyaman. Jangan ladeni jika mereka meledek atau berkata kasar.

         2. Teriak dan Lari

Terkadang ada situasi di mana Anda tidak dapat melakukan konfrontasi pada pelaku. Cara untuk mengatasi hal ini adalah dengan berteriak agar terdengar orang lain dan segera lari. Jangan memancing kemarahan pelaku sebab bisa justru membahayakan diri.

3. Membawa Persenjataan

Membawa persenjataan ketika akan pergi, apalagi jika seorang diri dan di malam hari akan sangat membantu dalam mencegah adanya contoh pelanggaran asusila. Tidak selalu harus menggunakan senjata tajam, bisa juga dengan membawa semprotan lada.

Ketika seseorang mencoba mendekat dan melakukan hal-hal tidak diinginkan, maka dapat langsung menyemprot lada tersebut tepat di mata dan pergi menjauh. Cara ini sangat efektif membuat pelaku kekerasan seksual tidak berkutik. Kekerasan Seksual, Contoh Pelanggaran Asusila Harus Dicegah

4. Bela Diri

Bela diri memang lebih banyak dilakukan oleh laki-laki, padahal perempuan juga memerlukan pengetahuan bela diri untuk melindungi diri. Kemampuan dasar saja sudah bisa untuk pencegahan kekerasan seksual.

Bukan hanya bisa mencegah contoh pelanggaran asusila saja, berbagai tindak kejahatan lainnya seperti perampokan hingga penculikan bisa dicegah. Dapat dikatakan bahwa bela diri menjadi pertahanan diri yang perlu untuk dimiliki.

5. Laporkan

Banyak korban contoh pelanggaran asusila termasuk kekerasan sosial hanya diam saja karena malu dan takut, padahal hal ini justru akan membuat pelaku merasa tenang. Bahkan tidak menutup kemungkinan pelaku kembali melakukan hal yang sama.

Jangan ragu untuk segera melaporkan pelanggaran asusila tersebut pada pihak kepolisian agar segera diatasi. Dengan cara ini, Anda juga akan mendapatkan penanganan khusus sehingga tidak meninggalkan trauma mendalam di kemudian hari.

Kekerasan seksual bisa terjadi pada siapa saja, namun sebagian besar yang menjadi korban adalah perempuan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pencegahan agar contoh pelanggaran asusila sebagai proteksi diri.

Terimakasih
Semoga bermanfaat
Author : A Iwan Dahlani

Comments are closed.