Keberatan Surat Dakwaan? Ini Teknik Membuat Secara Benar

473

 

Jika Anda merasa keberatan surat dakwaan, tidak perlu khawatir karena sekarang bisa dibuat dengan mudah. Surat dalam dakwaan memiliki isi rumusan tindak pidana yang diberikan kepada seorang terdakwa.

Setiap penyelesaian kasus di jalur hukum akan berlandaskan terhadap surat dalam dakwaan yang diciptakan oleh penggugat. Tujuan pemberlakuan surat itu sendiri untuk dasar bagi penuntut supaya mampu memberikan tuntutan.

Keberatan dalam surat dakwaan dapat diselesaikan dengan mengajukan melalui tips secara benar. Sedangkan fungsi surat dakwa bagi terdakwa bisa membela diri sehingga hakim dapat menentukan putusan sesuai aturan yang berlaku.

Demi menyelesaikan suatu masalah pada jalur hukum, surat tersebut selalu dilontarkan dari penggugat ke pihak tergugat. Inilah cara membuat keberatan terhadap surat itu sendiri dengan mudah dan tepat.

Baca juga: Hak Menghadapi Penegak hukum yang Wajib dik Ketahui

Teknik Membuat Keberatan Surat Dakwaan

Jika keberatan terhadap surat tersbut, Anda bisa melakukan sebuah pembelaan dengan mengikuti tips berikut ini. Di antaranya pertama adalah menggunakan kata-kata yang sopan, sederhana, dan mudah dimengerti oleh pihak hakim.

Tujuan membuat ini adalah untuk dihormati pihak penggugat maupun hakim, sehingga tidak menimbulkan konflik tertentu. Penggunaan kalimat harus tepat, agar terhindar dari berbagai kesalahan disaat proses hukum berlangsung.

Teknik pembuatan keberatan surat itu selanjutnya adalah dengan melontarkan kritik-kritik yang bisa memberikan koreksi. Ini berguna bagi setiap kasus sehingga tidak akan membuat proses hukum berkendala sama sekali.

Selanjutnya, teknik membuat surat dakwaan bisa mempelajari setiap putusan-putusan pengadilan. Tentunya Anda dapat mempelajari seluruh putusan yang diberikan oleh hakim untuk memberikan pembalaan terhadap diri sendiri.

Baca juga: Cara Melaporkan Penyerobotan Tanah Lewat Hukum Acara Perdata

Putusan-putusan yang dipelajari secara benar bisa memutus keberatan tanpa kesulitan. Sehingga Anda tidak akan menjalani kasus lebih parah ketika sedang mendapatkan surat dari pihak penggugat.

Terakhir teknik pembuatan keberatan terhadap surat dakwaan adalah melihat alasan hakim mengapa menganulirnya. Anda dapat melihat dari kejadian fakta yang pernah dialami di kasus sebelumnya untuk diatasi secara lancar.

Perlu disadari bahwa mulai sekarang ada banyak cara untuk membuat surat keberatan terhadap dakwaan dari penggugat. Gunakan seluruh teknik ampuh di atas supaya pembuatan surat dakwaan secara benar.

Jika dirasa ada hal kurang baik kami Mohon maaf…

Terimakasih

Author: A Iwan Dahlani

Comments are closed.