Modus Penyelewengan Dana BOS dan Cara Melaporkan

97

Penyelewengan dana BOS rawan sekali terjadi dengan berbagai modus. Bukan hanya itu, banyak juga terjadi korupsi yang dilakukan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Padahal hal tersebut telah merugikan banyak pihak. Modus Penyelewengan Dana BOS dan Cara Melaporkan

Bantuan operasional sekolah sendiri seharusnya digunakan untuk memberikan gaji terhadap guru. Selain itu, juga untuk melengkapi sarana maupun prasarana di sekolah agar siswa lebih nyaman dalam melakukan kegiatan belajar mengajar.

Sayangnya, ada banyak sekali modus dilakukan oknum tertentu menggunakan bantuan tersebut untuk keperluan pribadi. Oleh karena itulah, hal ini harus segera dilaporkan agar dapat segera ditindak oleh pihak berwajib.

Mengetahui Modus Penyelewengan Dana Bos

Ada cukup banyak modus ditemukan oleh oknum dalam penyelewengan atas dana BOS. Kemendikbud bahkan telah menemukan sebanyak 12 modus yang terungkap selama proses penyaluran.

Modus-modus tersebut misalnya adalah pengelola dana yang meminta setoran dana kepada kepala sekola dengan alasan mempercepat pencairan bantuan. Pencegahan dalam hal ini dilakukan dengan langsung menyalurkannya melalui rekening sekolah. Modus Penyelewengan Dana BOS dan Cara Melaporkan

Modus selanjutnya yang ditemukan adalah dalih uang administrasi atau berbentuk barang maupun jasa. Komite sekolah juga seringkali tidak diikutsertakan sehingga penyelewengan dana BOS menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Bantuan yang hanya dikelola oleh kepala sekolah dan bendahara juga biasanya tidak terdapat transparansi. Hampir setiap sekolah tidak memasang pengumuman berkenaan informasi penggunaan dana BOS.

Seringkali juga penyaluran tidak sesuai dengan petunjuk teknis sehingga tidak dapat dirasakan secara maksimal oleh guru maupun murid. Bahkan tidak jarang uang masuk dalam rekening dan digunakan untuk keperluan pribadi.

Selain itu, masih ada banyak lagi modus lain yang ditemukan sehingga pengawasan terhadap bantuan ini harus dilakukan baik dinas dan semua sekolah. Dengan demikian, oknum yang melakukannya bisa mendapatkan jerat hukum.

Cara Melaporkan Penyelewengan Dana BOS

Siapa saja yang mengetahui adanya penyelewengan atas dana BOS sudah seharusnya tidak tinggal diam saja karena akan memberikan kerugian terhadap berbagai pihak, baik guru maupun murid. Ada beberapa cara untuk melaporkan tindakan tersebut seperti berikut.

1. Melalui Wartawan

Wartawan menjadi tempat yang efektif dalam melaporkan penyelewengan dana BOS sebab akan cepat tersebar di seluruh masyarakat. Dengan demikian, pihak kepolisian juga akan lebih mudah dalam menindaklanjutinya.

2.  Lapor Kepolisian

Jika telah menyebarkannya melalui wartawan, maka dapat segera melaporkannya kepada kepolisian. Jika Anda memang telah memiliki bukti kuat bahwa ada oknum yang melakukan tindak penyelewengan, bisa langsung diseret ke ranah hukum.

3.  Lapor pada KPK

Penyelewengan dana BOS sudah termasuk dalam korupsi, sehingga Anda juga dapat melaporkannya kepada KPK. Ini merupakan cara yang lebih efektif sebab bisa langsung segera diproses dan dijerat pasal mengenai hal tersebut.

4.  Lapor pada Kemendikbud

Terakhir adalah dengan melaporkan oknum pada Kemendikbud yang nantinya akan langsung turun tangan setelah mendapatkan laporan. Tindakan yang semestinya akan segera dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap pelaku.

Bantuan operasional sekolah yang disalurkan dengan baik bisa membantu proses belajar mengajar. Oleh karena itu, penyelewengan dana BOS harus segera dilaporkan dan ditindak tegas agar tidak merugikan banyak pihak.

Terimakasih
Semoga bermanfaat
Author : A Iwan Dahlani

Comments are closed.