Mengenal Jenis Pencucian Uang yang Masuk ke UU Tindak Pidana

504

 

Apa saja sebenarnya jenis pencucian uang dan apakah Anda pernah melakukan satu di antara jenis yang ada ini? Pertanyaan ini sangat layak ditanyakan karena tidak semua orang tahu apa saja jenis dari kasus pencucian uang. Jadi, akan kami bahas ini secara lengkap.

Saat ini, banyak sekali upaya yang bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang. Aset dan modal kini sifatnya sudah tidak sepenuhnya bisa dipercayakan.

Dan ini membawa Anda ke pembahasan soal jenis pencucian uang atau disebut juga dengan sebutan money laundering. Money laundering adalah sebuah aktivitas dalam bisnis maupun kepentingan pemegang kekuasaan.

Ini jelas adalah sebuah tindak pidana karena dalam aktivitas mendapatkan uang tersebut adalah hasil kejahatan dan melanggar peraturan dan ketertiban umum.

Baca juga: Bahaya Joki Pinjol, Berikut Tips Menghindarinya

Jenis Pencucian Uang yang Jangan Sempat Anda Lakukan

Untuk mengetahui lebih banyak soal tersebut ini, Anda sebaiknya tahu dulu apa saja pasal yang menjadi penegakan hukumnya. Semua aktivitas pencucian uang masuk ke dalam ranah UU No. 8 tahun 2010 tentang tindak pidana pencucian uang yang jenisnya seperti:

1. Penggunaan Aset Tidak Bernama

Jenis pencucian tersebut yang pertama adalah penggunaan aset yang tidak bernama. Ini bisa juga diartikan sebagai penggunaan aset umum yang tidak jelas kepemilikannya. Contohnya adalah seperti penggunaan mobil tanpa keterangan surat milik.

2. Penggunaan Identitas Palsu untuk Aset Lain

Jika Anda menggunakan identitas palsu untuk aset lain juga ini termasuk ke dalam jenis pencucian tersebut. Sering kali orang memalsukan identitas untuk mendapatkan aset tertentu karena menghindari pemeriksaan. Jadi, harus selalu waspadai hal ini.

3. Penggunaan Staf atau Kerabat untuk Transaksi

Jika Anda sering diminta untuk menjadi kuasa transaksi maka perlu berhati-hati jika tidak ingin menjadi saksi dalam kasus pencucian uang. Untuk menghindari pajak dan pemeriksaan, sering orang menggunakan nama orang lain untuk transaksi.

Maka dari itu, kini sudah saatnya Anda untuk terus antisipasi adanya tindak korupsi di sekitar. Jangan melakukannya dan jangan juga Anda membantu orang lain. Kini jenis pencucian uang sudah diatur dalam undang-undang dan yang terkait bisa terkena hukumannya juga.

 

Dirasa berguna, Silahkan bagikan
Author: A Iwan Dahlani

Comments are closed.