Ciri Lengkap Kedaulatan Rakyat di Indonesia, Apa Saja?

505

 

Kedaulatan rakyat di Indonesia menjadi salah satu kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan di negara, daerah, dan bagian terkecil. Tentunya sebuah kedaulatan memiliki sifat-sifat tertentu tergantung yang dianut oleh setiap negara.

Dalam menganut kedaulatan negara, tentunya ada sebuah batasan yang harus dihormati wilayah asing. Dengan kata lain, suatu kedaulatan tidak pernah berlaku mutlak di setiap negara, sebab memiliki berbagai batasan tertentu.

Melihat dari kedaulatan rakyat  di terapkan dengan arti sederhana seluruhnya harus bergantung terhadap penduduk. Sebab kedaulatan berasal dari rakyat, oleh rakyat, dan juga untuk rakyat di negara Indonesia.

Agar Anda ingin mengerti penjelasan tentang kedaulatan secara lengkap, saatnya ikuti pembahasan ini. Berikut ciri-ciri lengkap dari kedaulatan yang dianut oleh Indonesia wajib diketahui setiap masyarakat tanpa terkecuali.

Ciri-Ciri Kedaulatan Rakyat 

Kekuasaan tertinggi dan sah tergantung dari hukum yang berlaku, ini disebut sebagai kedaulatan rakyat. Tentunya masyarakat akan bergabung secara langsung dalam perkembangan pemerintahan di negara yang menganut kedaulatan rakyat.

Baca juga: Inilah Fungsi Kontrol Sosial Bagi Masyarakat dan Jenisnya

Adapun ciri-ciri yang harus diketahui dari kedaulatan rakyat, supaya wawasan Anda bertambah dan tidak menyalahi hukum berlaku di Indonesia. Ciri pertama dari kedaulatan, yaitu terdapat jaminan hak warga negara.

Kedaulatan rakyat memiliki ciri lain berupa partisipasi masyarakat yang ikut terjun ke dalam pemerintahan. Selain itu, ada pemilu luberjurdil yang dijalankan dalam periode 5 tahun sekali.

Kedaulatan mempunyai ciri-ciri selanjutnya yaitu ada lembaga perwakilan dari legislasi tertentu atau rakyat. Ciri lain yaitu terdapat prosedur tanggungjawab lengkap dari pihak pemerintah kepada setiap masyarakat.

Selanjutnya, kedaulatan rakyat Indonesia sudah menerapkan demokrasi yang berguna dalam menyelenggarakan setiap agenda pemerintahan. Pengawasan jalannya pemerintahan langsung dari rakyat menjadi ciri terakhir dari kedaulatan yang dianut oleh Indonesia.

Dengan menganut kedaulatan, sifatnya permanen, asli, bulat, serta tidak terbatas. Hukum yang ada di kedaulatan akan diatur secara lebih mudah dan lancar sehingga mampu menjalankan aktivitas kehidupan bermasyarakat.

Melihat kedaulatan memiliki banyak keuntungan bagi negara, sekarang Indonesia sudah menganutnya. Kedaulatan rakyat dapat memberikan sebuah manfaat dalam aturan hukum dan pemerintahan serta kehidupan bermasyarakat dalam jangka lama.

 

Terimakasih
Author: A. Iwan Dahlani

Comments are closed.