Hukum Dasar Izin Pasar Tradisional Bagi Tiap Pengelola

382

 

Memahami seluruh proses kepengurusan izin pasar tradisional pasti sangat penting untuk mengelola segala operasional. Hal ini harus dipikirkan secara teliti oleh setiap pengelola pasar setiap kali ingin mulai beroperasi.

Patut dipahami bahwa aspek tersebut wajib dipenuhi sebab dapat berpengaruh terhadap kelancaran saat operasional. Pusat perdagangan memang harus dipikirkan apa saja persyaratannya agar tidak mengalami kendala untuk mengelola kegiatan.

Maka dari itu, sudah semestinya bagi Anda yang ingin mengelola pasarnya harus paham terhadap hukum. Segala peraturan tentang izin pasar pasti sudah tersedia dari kebijakan yang dibuat pemerintah.

Supaya mempermudah mengurus perizinan tersebut, berarti kini saatnya Anda mempelajari prosedur untuk memperoleh legalitas operasional. Apabila masih belum mengetahui alurnya, kami telah menyajikan pembahasan secara rinci seputar seluruh informasinya.

Melalui pembahasan yang kami sampaikan, harusnya Anda tidak perlu lagi kesulitan menempuh prosedur untuk perizinan. Jadi, segala urusan pasti berhasil diselesaikan sesuai keputusan hukum yang akan menjamin operasional pasar.

Prosedur Lengkap dalam Membuat Izin Pasar Tradisional

Mengetahui segala informasi penting untuk mengurus izin dalam pasar tradisional tentu harus diketahui semua syarat lengkapnya. Syarat seperti formulir bermaterai, scan KTP, scan NPWP, akta perusahaan, dan sertifikat tanah wajib dilengkapi.

Baca juga: Sedikit Membuka Hati Kita, Cerita Belanja Di Pasar Tradisional

Setelah mempunyai semua syaratnya, Anda dapat memilih pengajuan perizinan melalui prosedur offline atau online. Berikut ini adalah alur lengkap untuk ditempuh melalui pengajuan izin sesuai ketentuan pemerintah nasional Indonesia.

1. Para pemohon harus mengirim dokumen yang menjadi persyaratan izin pasar tradisional menuju kantor BPPT.

2. Setelah kelengkapan data sudah disetujui, bakal dilakukan peninjauan di lapangan untuk penetapan terhadap retribusi.

3. Apabila sudah selesai peninjauan, maka Anda membayar retribusi di bank daerah untuk penerbitan izin pasar tradisional.

4. Sedangkan pada proses online, ternyata hanya perlu upload berkas melalui website resmi dari BPPT.

5. Anda hanya perlu menunggu proses verifikasi dan validasi untuk peninjauan di lokasi pasar tradisional.

6. Pada saat semua prosedur yang ditentukan telah selesai, harusnya perizinan sudah pasti segera diterbitkan.

Mengetahui semua prosedur yang ditentukan oleh kantor pemerintah, maka sudah cukup jelas untuk diselesaikan alurnya. Dengan begitu, Anda bisa memulai operasional karena izin pasar tradisional telah dimiliki sesuai peraturan resmi.

Terimakasih
Semoga bermanfaat
Author: A. Iwan Dahlani

Comments are closed.