Hak Menghadapi Penegak Hukum yang Wajib Diketahui

404

 

Hak menghadapi penegak hukum merupakan salah satu informasi yang wajib diketahui oleh masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan kita tahu apabila di negara hukum ini tentu semuanya akan berkaitan dengan hukum.

Ada banyak kejadian yang membuat banyak orang harus mengetahui mengenai apa saja hak yang dimiliki saat bertemu aparat. Salah satunya ialah ketika terjadinya suatu penangkapan. Sebab harus diketahui apabila suatu penangkapan itu ternyata harus dilakukan sesuai dengan prosedur.

Jika tidak melakukannya sesuai dengan prosedur tentunya akan berakibat fatal di mana bisa merugikan korban penangkapan. Sehingga Anda bisa mengetahui mengenai hak tersebut dengan membaca informasi berikut.

Berikut Hak Menghadapi Penegak Hukum Saat Penangkapan

Salah satu tindakan yang sering alami oleh beberapa orang dan tidak dinginkan adalah suatu proses penangkapan. Hal ini biasa terjadi entah itu memang terdapat bukti di dalamnya atau masih dalam dugaan.

Penangkapan merupakan suatu tindakan pengekangan dari kebebasan seseorang yang diduga melakukan tindak pidana. Hal ini dilakukan sebagai bentuk dari kepentingan pemeriksaan, entah tahap penyidikan, penuntutan, atau pemeriksaan di persidangan tentu tetap memperhatikan hak menghadapi penegak hukum yang Anda miliki.

Sebenarnya sebelum melakukan proses penangkapan ini maka harus ada suatu bukti permulaan yang cukup. Apalagi Anda memiliki hak untuk menghadapinya tentang penegak hukum sehingga memiliki pembelaan diri.

Salah satu hak menghadapi penegakan hukum ialah berhak untuk meminta petugas agar menunjukkan surat tugas atau surat penangkapan mereka. Sehingga jika tidak dapat menunjukkan dokumen tersebut maka seseorang dapat menolak penangkapan tersebut.

Hak selanjutnya yang bisa dimiliki oleh seseorang yaitu memperoleh bantuan hukum secara cuma-cuma. Namun harus diketahui apabila hal ini dapat diperoleh apabila pihak yang diancam pidana tersebut lebih dari lima tahun dan tergolong sebagai orang tidak mampu.

Hak menghadapi penegak hukum selanjutnya ialah tersangka berhak agar tidak memberikan keterangan di mana dapat memberatkan dirinya. Sebagai contohnya ialah tidak menjawab ataupun menolak pertanyaan yang diberikan.

Baca juga: Kenali Batas Umur Anak di Penjara Berdasarkan Hukum

Kira-kira seperti itulah mengenai beberapa hak yang dapat dimiliki oleh seseorang ketika mereka berhadapan dengan aparat penegak hukum. Dengan memahami hal ini maka Anda tidak hanya harus pasrah ketika harus berhadapan dengan mereka.

Dengan adanya hak menghadapi penegak hukum, maka setidaknya Anda memiliki pembelaan diri.

Terimakasih.

Dirasa bermanfaat silahkan bagikan

Author: A Iwan Dahlani

Comments are closed.