Senin, April 22, 2024
BerandaDaerahBuka Literasi Digital Tular Nalar untuk Lansia dan Remaja, Ketua KT Banten...

Buka Literasi Digital Tular Nalar untuk Lansia dan Remaja, Ketua KT Banten Andika Hazrumy: Banyak Hoax Bermunculan Jelang Pemilu

 

Serang – Jurnalbhlpkpkn.com – Karang Taruna atau KT Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Provinsi Banten menggelar kegiatan literasi digital bagi para lansia atau lanjut usia dan remaja dengan menggandeng lembaga edukasi dan literasi digital Tular Nalar.

Acara yang dihadiri ratusan lansia perempuan dan remaja di Kecamatan Tirtayasa itu dibuka langsung oleh Ketua KT Provinsi Banten Andika Hazrumy di Gedung PGRI Kecamatan Tirtayasa, Kabupaten Serang, Sabtu 4 Maret 2023.

Dalam sambutannya Andika yang adalah mantan Wakil Gubernur Banten itu mengaku mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Ini kegiatan yang penting untuk memberikan pemahaman dalam menyaring dan menyebar informasi di era digital seperti sekarang,” kata Andika.

Diungkapkan Andika, berita bohong atau hoax yang membanjiri dunia digital kita hari ini melalui keberadaan internet dan gawai yang bisa diakses semua golongan masyarakat menyebabkan disinformasi yang signifikan terhadap semua sector kehidupan.

Disinformasi seperti itu sangat penting, kata Andika, untuk dicegah, terlebih menjelang tahun politik yaitu pesta demokrasi pemilu.

Menurutnya pesta demokrasi yang seyogyanya mendatangkan kebaikan dan kebermanfaatan masyarakat tak terhindar dari hoax dan akibatnya berupa disiformasi tadi pada saat sekarang ini.

“Tidak semua kita bijak dalam berpolitik. Kadang-kadang dengan tidak mempedulikan kalau itu menimbulkan konflik di masyarakat,” katanya.

Diakui Andika, isu-isu negative di tahun politik menjelang pemilu banyak bermunculan. Hal itu menurutnya perlu disaring oleh masyarakat yang menerimanya sebelum akhirnya informasi tersebut disebarkan.

“Di kegiatan ini hal seperti itu diberikan edukasinya terutama kepada generasi yang lebih tua yang bisa jadi generasi yang dianggap gagap beradaptasi dengan era digital ini, dan tentunya kepada generasi remaja sebagai pelaku utama di era digital ini,” katanya.

Sementara itu Koordinator Tular Nalar Kabupaten Serang Nia Kania mengatakan konteks kegiatan pelatihan penggunaan teknologi digital dalam aktivitas keseharian masyarakat saat ini telah menjadikan masyarakat sebagai bagian dari warga digital.

Baca juga: Dibagikan Wagub Andika, THR dari Zakat ASN Total Rp2,4 M untuk 2.400 Pegawai Tak Tetap

“Apa itu warga digital? Yaitu, kita semua yang memanfaatkan teknologi informasi dan komputer dalam beraktivitas. Nah, meskipun aktivitas dunia digital ini bersifat virtual, bukan berarti kita ini bebas tanpa aturan,” kata Nia.

Dikatakan Nia, masyarakat tetap perlu untuk memperhatikan aturan dan etika yang berlaku dalam beraktivitas di dunia virtual. Aktivitas di dunia virtual diatur oleh UU ITE atau Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informatika secara umum.

Kata Nia, sebagai warga digital masyarakat Indonesia dan dunia tidak hanya sekedar tahu soal teknologi digital dan internet tetapi juga tanggap untuk merespons dan menjawab persoalan yang muncul berkaitan teknologi informasi dan komputer.

“Lebih jauh lagi, kita menjadi tangguh berhadapan dengan beragam problematika dari penggunaan teknologi informatika dan komputer dalam aktivitas keseharian kita,” katanya.(Iwan)

RELATED ARTICLES

Most Popular

Recent Comments