Limbah Beracun B3 Cukup Berbahaya untuk Lingkungan

99

Muncul-munculnya pabrik-pabrik di Indonesia tentu memberikan dampak cukup besar bagi lingkungan, sehingga tidak jarang menimbulan limbah beracun B3. Penting bagi masyarakat untuk menangani masalah limbah. Limbah Beracun B3 Cukup Berbahaya untuk Lingkungan

Kerusakan lingkungan salah satunya berhubungan dengan limbah itu, tentu banya hal perlu diketahui terkait hal ini. Selain dapat mencemari lingkungan, ternyata kesehatan manusia itu sendiri dapat terancam ke depannya.

Sebagai masyarakat, kita hanya bisa mengurangi dampak-dampak tersebut dengan baik salah satunya adalah mencari informasi mengenai cara mengatasinya. Sudah pasti pembangunan pabrik juga sangat diperlukan oleh sebuah negara.

Bagi para pekerja di dalam pabrik tertentu, tidak mungkin menghilangkan pekerjaannya, melainkan hanya dapat berusaha mengurangi resiko dari limbah beracun B3. Jadi, harus mengetahuii kandungan seperti apa saja yang terdapat di dalamnya.

Pengertian terkait Bahaya Limbah Beracun B3

Sebelum memahami tentang bahaya limbah beracun B3, alangkan baiknya bagi pembaca untuk memahami terlebih tentang pengertiannya. Terkait pengertian tentang limbah tersebut yaitu sebagai berikut.

Kata dari B3 tersebut disimbolkan sebagai bahan beracun dan berbahaya. Maka dari itu, pengertian b3 tersebut bisa diarutika sebagai pembayangan yang memiliki memiliki sifat zat beracun. Sehingga dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya.Limbah Beracun B3 Cukup Berbahaya untuk Lingkungan

Kerusakan dari limbah beracun B3 ini lebih tepat dapat mengancam keberlangsung hidup manusia dan organisme lainnya. Dalam pembuatan usaha tertentu sebaiknya memperhatikan semua itu kalau ingin terhindar dari masalah.

Peran manusia di sini sangat besar, khususnya para pengguna barang-barang yang menghasilkan pencemaran tersebut. Misalnya tidak membuat sampah di sembarang tempat atau menggunakan kembali bekas barang-barangnya itu.

Mau bagaimanapun, keberadaan pembuangan tersebut tidak semata-mata menyalahkan tempat produksi, melainkan orang-orang yang menggunakannya. Dengan begitu, sudah menjadi tanggung jawan bersama ketika menggunakan barang tersebut

Ketahui Sifat-sifat Limbah Beracun B3

Limbah beracun tersebut juga memiliki sifat-sifat yang sudah diklarifikasi. Meskipun jenisnya sama namun terdapat sifat-sifat tertentu, sehingga Anda perlu mengetahuinya secara rinci agar penangannya bisa tepat sasaran.

1. Mudah Meledak

Salah satu sifat bahan beracun B3 adalah mudah meledak, biasanya pada setiap produknya dicantumkan pada bagian belakang. Misalnya seperti produk pengharum ruangan, semprotan serangga, parfum, dan lain sebagainya.

2. Pengoksidasi

Berikutnya adalah pencemaran melalui pengokdasian yaitu bisa melepaskan panas, sehingga dapat menimbulkan apabila apabila bergabung dengan bahan lainnya. Hal tersebut dapat menimbulkan kebakaran besar apabila tidak dipisahkan.

Lebih berbahayanya lagi apabila pembuangan sampah tersebut di hutan atau lingkungan jarang manusia, pasti penyebarannya tidak disadari sama sekali. pencemaran tersebut biasanya disebabkan oleh kaporit.

3. Mudah Menyala

Limbah B3 sendiri memiliki sifat mudah menyala, sehingga dapat menyalakan api melalui kontak udara, nyala api, air, dan bahan-bahan lainnya. Contoh dari barang tersebut seperti pelarut toluena, pelarut aseton, pelarut benzena, dan lain-lain.

4. Beracun

Bahan B3 juga memiliki sifat beracun bagi lingkungan sekitar, sehingga bahaya untuk manusia, hewan dan organisme lainnya. Bahkan hasil racun tersebut dapat menimbulkan rasa sakit dan lebih parahnya lagi mengalami kematian.

Racun tersebut dapat terjadi melalui kontak udara, kulit, maupun mulut. Barang-barang tersebut dapat identifikasi yaitu limbah pertanian, seperti pestisida. Jadi, pembuangannya harus diperhatikan sejak awal oleh Anda.

5. Berbahaya

Tingkat berbahayanya B3 tersebut dapat disebabkan oleh benda-benda padat, cair, dan gas, sehingga bisa menimbulkan masalah kesehatan. Tidak hanya manusia mendapatkan dampaknya, melainkan hewan juga bisa terkena dampaknya.

Sebenarnya masih banyak barang-barang lain yang dapat menyebabkan pencemaran terhadap ekosistem bumi. Produk-produk yang menghasilkan limbah beracun B3 memang kerap digunakan oleh manusia di dunia pada sekarang ini.

Author : A Iwan Dahlani

Comments are closed.