Inilah Fungsi Kontrol Sosial Bagi Masyarakat dan Jenisnya

127

Kontrol sosial bagi masyarakat berguna sebagai bagian dari pencegahan atas suatu hal yang kemungkinan bisa menyimpang dari norma-norma berlaku. Inilah Fungsi Kontrol Sosial Bagi Masyarakat dan Jenisnya  Agar kehidupan sosial di masyarakat tetap berjalan secara harmonis, selaras, aman serta nyaman bagi semua pihak.

Sejatinya pengawasan ini memang lebih di titik beratkan pada masyarakat luas guna menjalani kehidupan sehari-harinya. Hal ini sejalan dengan banyaknya penemuan berbagai masalah yang disebabkan oleh banyak faktor, baik dalam ruang lingkup internal maupun secara eksternal.

Upaya kontrol sosial bagi masyarakat, selain dari masyarakatnya sendiri juga melibatkan berbagai pihak. Seperti halnya melibatkan dari aparat pemerintah, lembaga tertentu, bahkan keluarga sebagai unit paling kecil dalam menjalani kegiatan kegiatan tersebut.

Upaya pengawasan ini dapat berhasil apabila semua pihak memiliki sinergi untuk bekerja sama. Karena satu dengan lainnya memiliki peran sama besarnya dalam menjaga keharmonisan di masyarakat dari berbagai tindak penyimpangan yang bisa terjadi kapan saja. Inilah Fungsi Kontrol Sosial Bagi Masyarakat dan Jenisnya.

Baca juga: Inilah 5 Bentuk Malpraktek Administrasi

Fungsi Kontrol Sosial Bagi Masyarakat

Kontrol sosial bagi masyarakat memiliki banyak kegunaan serta begitu diperlukan. Sebab masyarakat senantiasa bergerak dinamis seiring dengan perkembangan zaman, pengetahuan juga teknologi. Di bawah ini uraian singkat mengenai fungsi penting pengawasan sosial.

1. Upaya Pencegahan Terhadap Pelanggaran Norma

Kontrol sosial bagi masyarakat memiliki fungsi dalam mencegah pelanggaran atas norma yang berlaku. Misalnya pelanggaran akan norma hukum, sebab melakukan tindakan merugikan secara fisik dan materi. Dalam hal ini aparat yang berwenang dapat menindaknya secara tegas.

2. Menjaga Ketertiban dan Keamanan

Ketertiban dan keamanan merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Keadaan tersebut dapat tercapai saat semua yang ada didalamnya patuh menjalankan aturan, norma, serta saling menghargai kebiasaan atau adat istiadat antar individu maupun kelompok.

3. Menjaga Kepatuhan Terhadap Norma

Fungsi lainnya mengenai kontrol sosial bagi masyarakat ialah berperan dalam menjaga agar mereka tetap patuh pada norma yang berlaku. Karena pada dasarnya norma memiliki peran dalam mengatur tingkah laku masyarakat dalam kehidupan sosialnya.

4. Upaya Dalam Menjaga Ketertiban Hukum

Pengawasan sosial berguna serta berperan dalam menciptakan ketertiban dan keadilan pada sistem hukum bagi semua kalangan. Upaya ini dilakukan oleh semua pihak tanpa terkecuali, terutama oleh aparat kepolisian dengan tugas mengayomi serta melindungi semua warga.

Inilah Jenis-Jenis Kontrol Sosial yang Perlu Diketahui

kontrol sosial bagi masyarakat mempunyai beragam jenis disesuaikan dengan kondisi yang tengah dihadapi. Begitu juga dengan jenisnya juga berbeda satu sama lainnya berikut dengan fungsi yang mendasarinya. Berikut ini adalah jenis-jenis dari pengawasan sosial:

1. Pengawasan Bersifat Preventif
Dikatakan bersifat preventif karena dalam melakukannya dengan mengutamakan tindakan pencegahan sebagai bahan antisipasi. Jenis preventif tersebut bisa dilakukan oleh pemerintah maupun lembaga sosial melalui kegiatan penyuluhan, campaign, diskusi bersama dan lainnya.

2. Pengawasan Bersifat Kuratif
Merupakan jenis pengawasan ketika telah terjadi suatu tindakan yang melanggar norma atau aturan berlaku. Baik secara agama, adat atau penyimpangan dari segi aturan hukum. Pengawasan dilakukan oleh pihak kepolisian serta lembaga terkait.

3. Pengawasan Bersifat Represif
Hampir sama dengan jenis kuratif, jenis represif juga diperuntukkan agar tindakan penyimpangan dapat dihentikan. Jenis represif ini dapat diterapkan di berbagai lini sosial serta dapat dijalankan oleh lembaga yang berkepentingan serta pihak kepolisian.

Dengan begitu banyaknya kegiatan dari masyarakat, tidak menutup kemungkinan ada saja perbuatan yang menimbulkan masalah dengan potensi melanggar norma. Oleh sebab itu kontrol sosial bagi masyarakat berperan untuk mencegah hal tersebut terjadi.

Author : A Iwan Dahlani

Comments are closed.