Tips Memperbaiki Layar Hp Android Yang Bergerak Sendiri

88

Tips Memperbaiki Layar Hp Android Yang Bergerak Sendiri – Masalah layar sentuh berjalan sendiri merupakan masalah yang sering terjadi pada ponsel layar sentuh berbasis android. Selain membuatnya sulit untuk digunakan.

Masalah layar sentuh seperti ini juga harus segera diperiksa, karena kita tidak tahu faktor apa yang menyebabkan masalah seperti ini terjadi, apakah karena faktor internal atau faktor eksternal.

Untuk mengatasi layar sentuh sendiri bisa kita lakukan dengan beberapa cara, sesuai dengan penyebab masalahnya? Apakah masalah tersebut terjadi karena pengaruh eksternal seperti kotor, atau internal seperti suhu perangkat di dalam ponsel mengalami panas. Untuk Memperbaiki Layar Hp Android yang bergerak sendiri bisa menggunakan beberapa cara.

Tips Memperbaiki Layar Hp Android Yang Bergerak Sendiri

Restart HP

Proses troubleshooting pertama pada layar sentuh yang berjalan sendiri adalah dengan me-restart ponsel Anda. Dengan begitu, semua aplikasi akan di-restart, dan RAM akan di-refresh kembali.

Metode pertama dilakukan untuk masalah yang terkait dengan aplikasi seperti sumber daya sistem penuh, atau penggunaan memori yang berat, yang mengakibatkan layanan terkait tampilan bermasalah.

Mendinginkan HP Yang Terlalu Panas

Masalah kedua yang hampir pasti mungkin terjadi adalah karena perangkat LCD atau layar sentuh terlalu panas, serta perangkat chip HP. Suhu panas yang terdapat pada perangkat handphone mengakibatkan kinerja yang tidak stabil dan juga konduksi panas dapat menyebabkan masalah pada LCD atau spektrum layar sentuh, sehingga masalah yang umum terjadi adalah layar bergerak sendiri.

Bersihkan Layar Android Kotor Dan Berair

Troubleshooting selanjutnya adalah masalah pada permukaan layar itu sendiri, bisa dicek di layar yang ada, biasanya karena kotor atau berair. Kotoran dan terutama bintik-bintik air dapat menyebabkan layar bergerak sendiri, hal ini karena pengaruh listrik statis membuat layar merespon dengan menggerakkan layar sendiri.

Kalibrasi Smartphone

Kalibrasi disini berarti melakukan proses balancing pada koordinat layar sentuh. Untuk kasus tertentu, kondisi layar bisa saja mengalami ketidak seimbangan, dan untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan cara kalibrasi layar. Dengan begitu, layar akan menjadi lebih responsif, dan gejala gerakan layar sentuh itu sendiri akan teratasi.

Matikan Fitur Rendering GPU

Rendering adalah fungsi inti dari layar dan pencitraan digital. Dalam kasus layar sentuh, rendering berarti proses rendering gambar digital ke rendering. Pada ponsel layar sentuh terbaru, terdapat fitur bernama GPU rendering yang berfungsi untuk meningkatkan proses citra digital.

Namun hal ini dapat berdampak pada ketidakstabilan sistem ponsel Android itu sendiri, yang tentunya secara tidak langsung akan menimbulkan masalah pada perangkat LCD atau layar sentuh. Untuk mengatasinya dapat dilakukan dengan mematikan fitur rendering GPU.

Baca juga: Cara Membersihkan Kaca yang Kotor dari Noda Membandel

Mengganti Glass Touch Screen

Pelindung Layar Sentuh (Glass Protector) dapat rusak atau kotor, dan dapat menimbulkan masalah seperti layar sentuh bergerak sendiri. Untuk itu, jika masalah layar sentuh terjadi, Anda bisa mencoba mengganti pelindung kacanya. Jika memang kacanya bermasalah, maka masalah layar bergerak sendiri tidak akan terjadi lagi.

Ganti Baterai

Faktor kelistrikan pada HP biasanya menjadi sebuah penyebab utama masalah ini. Salah satu komponen yang mungkin memicunya adalah baterai. Jika baterai HP Android sudah aus atau rusak, maka dampaknya dapat menyebabkan HP touchscreen mengalami error.

Hal ini disebabkan oleh tegangan baterai yang tidak stabil, dan diperparah dengan kapasitas baterai yang tidak normal. Selain dapat menyebabkan layar hp bergerak sendiri, masalah baterai ini juga dapat menimbulkan sebuah masalah lain lho. Misal HP suka restart sendiri, sampai HP mati total.

Demikian ulasan tentang Tips Memperbaiki Layar Hp Android Yang Bergerak Sendiri, jika dirasa bermanfaat silahkan bagikan dan dapatkan update artikel berita pilihan setiap hari dari Jurnallbhlpkpkn.com. (Aa)

Comments are closed.