Prinsip Dalam Hidup yang Perlu Kita Ingat Didalam Kehidupan

187

 

Prinsip dalam hidup sungguh banyak hal yang terjadi dalam kehidupan,seperti  peristiwa yang besar ataupun peristiwa yang kecil semuanya memberikan pengalaman kepada diri Anda untuk belajar dan terus belajar dengan peristiwa yang pernah dialami.

Akan tetapi kebanyakan orang hanya memperhatikan hal-hal yang besar saja, namun hal-hal yang kecil padahal terkadang hal-hal yang kecil justru mempunyai pengaruh yang  sangat besar terhadap hidup kita.

Ketahuilah ada beberapa hal yang harus Anda ingat prinsip dalam hidup, kehidupan yang pertama adalah untuk menjadi diri sendiri Anda terlahir untuk menjadi unik dalam kehidupan ini, semua orang berbeda-beda dengan bakat dan kemampuan ciri khas masing-masing termasuk diri Anda.

Anda punya kepercayaan tersendiri, punya prinsip dalam hidup Anda dan punya hobi kemampuan dan segala hal yang berkontribusi terhadap dibagian tersebut Anda itu, semua yang membentuk diri Anda sebagai diri yang keratif. Namun itu jika kita meninggalkan hal-hal itu adalah salah salah satu cara untuk menjadi lebih baik lagi.

Makna Tentang Bagian Dari Prinsip Dalam Hidup

  1. Bagaimana Anda bisa berdamai dengan karakteristik yang Anda punya, jadilah diri sendiri yang akan menjadi orang yang sukses dan bahagia.
  2. Ketika apa yang bisa berikan untuk orang lain kadang orang tidak yakin dengan kemampuan dirinya mempercayai bahwa dirinya tidak berguna dan tidak bisa memberikan apa-apa untuk orang lain, padahal semua orang tentu punya kelebihan masing-masing. Silahkan dengan percaya diri dan lakukan hal-hal yang kecil untuk orang lain, mungkin Anda bisa bertanya apa si kelebihan yang dimiliki, dimata teman dekat Anda dan cobalah untuk memberikan kontribusi kepada orang lain sekecil apapun itu pasti akan sangat berarti.
  3. Prinsip dalam hidup bahwa layak dan pantas mendapat sesuatu, mungkin sebagai manusia memang tidaklah semua sempurna, karena ada beberapa hal yang memang mungkin tidak terjangkau oleh kemampuan, juga tidak mampu mewujudkan semua impian dan keinginan perlu sadari memang kita sebagai manusia adalah serba terbatas akan tetapi bukan berarti kita tidak pantas untuk mendapatkan sesuatu.

Kalau memang punya kemampuan, maka Anda layak dan pantas untuk mendapatkan sesuatu, dan jika punya prestasi kerja untuk layak untuk mendapatkan penghargaan dan jenjang karir yang lebih baik, mungkin juga layak mendapatkan kedamaian dan juga mendapat kebahagiaan.

Anda juga layak untuk mempertahankan standar kualitas hidup sesuai dengan kemampuan dan pastikan Anda tidak dibodohi oleh orang lain untuk mendapatkan sesuatu yang kurang dari yang memang pantas Anda dapatkan.

  1. Kesempurnaan itu tidak mungkin bisa tercapai enggak ada orang yang sempurna yang semua punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing menghabiskan waktu untuk berusaha mencari citra yang sempurna adalah hal yang sia-sia, jadilah orang yang apa adanya terima kekurangan diri sendiri dan optimalkan kelebihan yang Anda punya.
  2. Lakukan untuk berbicara dari hati kehati, karena setiap orang punya hati yang selalu membisikkan sesuatu yang baik, berperilakulah dengan hati bertanya dari hati menjawab dari hati berbicara dari hati dan lain sebagainya, hati kita akan senantiasa membisikkan kebaikan dan ikutilah kata hati.

Berpikiran terbuka kadang  merasa mudah marah dengan orang yang berbeda dengan Anda, terkadang merasa hidup monoton dan begitu-begitu saja, jika merasakan yang seperti itu mungkin karena Anda berpikiran kurang terbuka dengan hal sefele yang berbeda atau dengan hal-hal yang baru.

  1. Saat menjadi mudah marah karena Anda mungkin kurang terbuka dengan hal-hal yang berbeda perspektif yang berbeda atau ide dan pikiran yang berbeda, jika mau belajar perspektif yang berbeda, Anda akan punya banyak pertimbangan dan juga akan dapat memaklumi setiap perbedaan disekitar.

Dengan hati terbuka atau mungkin hidup terasa monoton karena eksklusif atau selalu tertutup, Na jika mau membuka diri dengan hal yang baru maka semuanya akan berubah. Prinsip dalam hidup Anda akan bisa belajar banyak hal baru pengalaman baru keseruan baru yang bisa memberi warna dalam kehidupan akan menjadi berbeda dan tidak monoton lagi.

  1. Hal wajar ketika melakukan kesalahan satu kali lagi karena tak ada manusia yang sempurna didunia, namun karena itu wajar  diri sendiri melakukan sebuah kesalahan didalam diri dan Anda pernah gagal.

Pernah melakukan kesalahan prinsip dalam hidup ketika Anda sudah mempunyai kesadaran itu, maka akan senantiasa memaklumi kesalahan orang lain dan tidak mudah menjatuhkan orang lain dengan alasan kesalahan yang dilakukan secara tidak sengaja yang terpenting dibalik kesalahan itu adalah kita terus mengambil hikmah dan pelajaran, dengan begitu akan selalu menjadi lebih bijaksana menyikapi diri sendiri dan juga orang lain.

Selalu berpikiran positif prinsip dalam hidup, karena setiap kejadian yang baik maupun yang buruk pasti memiliki segi sisi positif dan negatifnya, sebagai contohnya ada seorang yang kehilangan dompet, namun sorangtersebut yang berpikiran negatif akan marah dan mengeluarkan sumpah serapah kekecewaan yang hanya akan sia-sia dan tidak sedikitpun bisa membantu mengembalikan dompet yang hilang itu.

Berbeda dengan orang yang berpikiran positif dia akan selalu belajar menjadi lebih bijaksana tentunya mengambil pelajaran dari kehilangan itu, dia akan belajar bagaimana cara menyimpan sesuatu yang aman misalkan uang atau dompet dengan lebih baik lagi, jadi setiap kejadian pasti ada sisi yang positif yang bisa diambil, namun tergantung diri Anda mau memilih yang negatif ataupun memilih yang positif.

Baca  juga: Perjuangan  Seorang Ayah Mencari Nafkah Demi Keluarga

Semua hal yang tidak disukai akan tetap ada tentunya, Hidup memang tidak pernah ideal disekitar itu, pastinya akan ada banyak sekali yang tidak sesuai dengan prinsip dalam hidup atau nilai-nilai yang dipegang atau bahkan ada disekitaran yang mungkin sengaja ingin menjatuhkan Anda, bisa saja kelompok tertentu atau lain sebagainya, akan tetapi sadarilah bagian dari  itulah hidup.

Apakah mungkin akan berperang melawan mereka, namun itu sama sekali tidak akan membuat mereka pergi dan kapok,  karena mereka akan selalu ada sepanjang waktu akan selalu ada orang yang suka dengan diri  Anda, akan selalu ada orang-orang yang berbeda dengan diri Anda.

Mungkin saja ada orang tertentu  yang ingin menjatuhkan diri Anda, Karenanya itu anggap saja mereka sebagai alat media untuk latihan agar diri Anda lebih kuat, lebih bersabar dan lebih bijaksana atas semua itu.

Menciptakan prinsip dalam hidup realitas pikiran yang ada adalah kekuatan yang luar biasa realitas Anda hari ini mungkin sebuah dari pikiran dimasa lalu sebagai  tingkat harga diri, sehngga untik kepercayaan diri ataupun keyakinan dan moral, bahkan ketakutan itu adalah buah dari pemikiran Anda yang berpikiran besar optimis dan positif akan lebih berpeluang menjadi orang yang besar dan berkualitas dari pada orang yang berpikiran kecil sempit dan pesimis latihlah untuk berpikiran positif dan lihatlah apa yang terjadi dalam hidup untuk masa depan.

Akan terkadang Anda perlu melepaskan hal buruk, namun  jika terikat pada orang atau  benda kesayangan. Ide tertentu ataupun tempat tertentu tetapi ketika tiba saatnya untuk melepaskan mereka itu, pastinya sering mengalami kesulitan untuk melakukannya.

Anda mungkin jadi sedih ada sesuatu yang tidak enak dalam diri sendiri. Untuk itu penting prinsip dalam hidup untuk Anda ketahui kapan harus melepaskan semua yang tidak baik itu, dan juga perlu tahu bahwa melepaskan sesuatu itu memang perlu, ya memang mungkin juga agak sulit, tetapi nanti lama-lama juga akan terbiasa pada waktunya.

Mungkin Anda akan menyesali hal-hal yang tidak diri lakukan, saat ini dan mungkin sering mendengar orang-orang tua menyesal karena mereka tidak melakukan sesuatu ketika usia mereka masih muda. Namun karena itu selagi muda jangan jadi kaum rebahan atau pemalas, segera lakukan banyak yang bermanfaat dan kurangi menunda pekerjaan yang tidak terlalu penting.

Sebuah harapan tentu akan selalu ada dan mungkin Anda akan gagal berkali-kali, Anda kalah berkali-kali tetapi jangan sampai Anda kehilangan harapan untuk bangkit lagi dan terus mencoba hal baru, karena gagal kalah adalah sesuatu yang biasa di dalam hidup.

Jangan terlalu memaksakan, misalkan Anda ingin dicinta seseorang, karena cinta bukan untuk paksaan. Namun cinta itu adalah dicinta secara murni yang tidak bisa mengundang dicinta dengan cara paksaan, datangkan rasa cinta dengan cinta tidak bisa memaksa orang lain untuk mencintai Anda, lakukan saja apa yang kita harapkan tetapi Anda bisa mengdatangkan cinta mereka dengan cara diri sendiri mencintai mereka terlebih dahulu.

Perhatikan lingkungan yang sangat berpengaruh untuk Anda, karena memang sudah dewasa dan  yakin Anda adalah orang yang mampu memilih hal yang baik dan buruk, Anda memang bukan anak kecil lagi tetapi disadari atau tidak seberapapun kuat mempertahankan prinsip dan nilai-nilai yang dianut tetap saja lingkungan prinsip dalam hidup akan sedikit demi sedikit membentuk diri Anda dilingkungan tersebut. Selanjutnya…

Jalankan hidup yang lebih bermanfaat dan silahkan bagikan artikel ini dirasa berguna, karena berbagi itu bagian dari sedekah.

Author: A.Iwan Dahlani

Comments are closed.